Gerhana bulan 2020 pertama, “Full Wolf Moon” akan terjadi Sabtu dini hari (11/01/2020). Fenomena ini berpotensi memengaruhi pasang air laut.

Gerhana bulan ini dapat dilihat di seluruh dunia dan berpotensi memengaruhi pasang air laut. Simak berita selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Gerhana Bulan Lintasi Indonesia Hingga Amerika

Dikutip dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana bulan Penumbra akan terjadi pada hari Sabtu dini hari (11/01/2020). Gerhana bulan ini akan menjadi gerhana bulan pertama di bulan 2020.

Sebagai informasi, menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), akan terjadi 13 gerhana di sepanjang 2020-2100.

Dalam rentang waktu tersebut, gerhana paling banyak terjadi pada tahun 2020, yakni empat kali gerhana bulan dan dua kali gerhana matahari di seluruh dunia.

Dari empat gerhana bulan yang akan terjadi di 2020, tiga diantaranya dapat diamati dari Indonesia. Gerhana 11 Januari 2020 ini adalah salah satunya.

 

Apa itu Gerhana Bulan Penumbra?

Menurut BMKG, gerhana bulan adalah peristiwa ketika terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semua cahaya matahari sampai ke bulan.

Sedangkan gerhana bulan Penumbra adalah peristiwa ketika bulan masuk ke bayang-bayang Penumbra bumi. Kondisi ini akan membuat bulan masih dapat terlihat tetapi cahayanya redup.

Siap Siap! Gerhana Bulan 2020 “Full Wolf Moon” di 11 Januari 02

[Baca Juga: Metode Hisab dan Rukyat dalam Menentukan Awal Bulan Ramadan]

 

Suku asli Amerika menyebut fenomena ini sebagai Full Wolf Moon atau bulan serigala penuh karena biasanya pada saat gerhana bulan Penumbra ini terjadi, sekelompok serigala akan melolong.

Dikutip dari Forbes, gerhana bulan ini berbeda dengan gerhana bulan total yang biasa disebut “Blood Moon” karena bulan memasuki bayangan pusat bumi yang merupakan umbranya.

Gerhana bulan Penumbra hanya terjadi jika bulan melayang ke bayangan luar bumi.

Seluruh proses gerhana bulan Penumbra ini dapat dilihat di Asia, Eropa, Australia Barat, Samudera Hindia, dan sebagian besar Afrika Bagian Timur.

Di Indonesia sendiri, gerhana bulan Penumbra ini diperkirakan akan muncul pada 00.05 WIB hingga 04.14 WIB di seluruh Indonesia terkecuali Papua.

Sayangnya gerhana bulan Penumbra tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Melainkan harus menggunakan alat bantu seperti detektor atau kamera yang dibantu lensa tele.

 

Masyarakat Diimbau Berhati-hati

Gerhana bulan Penumbra ini bukan berarti akan terjadi tanpa efek apa apa. Beberapa risiko mungkin saja terjadi akibat gerhana bulan langka ini.

Pakar fengshui Ferry Wong mengimbau masyarakat agar waspada kemungkinan bencana seperti longsor, hujan, dan cuaca dingin.

BMKG juga mengeluarkan imbauan yang sama. BMKG mengatakan pasang naik maksimum di daerah pesisir Jakarta Utara berpotensi terjadi pada 9 sampai 12 Januari 2020.

Air pasang maksimum diramalkan akan terjadi pukul 10.00 WIB pada 10 Januari dan pukul 11.00 WIB pada 11 Januari 2020.

Air pasang ini kemungkinan akan mengakibatkan banjir rob dan akan memperparah banjir di Jakarta.

Selain Jakarta, BMKG juga memberikan peringatan dini kepada beberapa wilayah lain yang berisiko tinggi terjadi banjir rob diantaranya Surabaya, Sidoarjo, dan Pasuruan.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai berita ini? Anda bisa ungkapkan dalam kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan informasi bermanfaat ini pada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sorta Tobing. 10 Januari 2020. 11 Januari 2020, Gerhana Bulan Penumbra Akan Muncul di Indonesia. Katadata.co.id – http://bit.ly/2NdaBqI
  • Prisca Triferna Violleta. 09 Januari 2020. 11 Januari 2020, gerhana bulan Penumbra akan lintasi Indonesia. Antaranews.com – http://bit.ly/2Fyrqbu
  • Jihan Fairuzzia. 09 Januari 2020. Gerhana Bulan Penumbra Lintasi Indonesia hingga Amerika 11 Januari. Liputan6.com – http://bit.ly/2FBl8YQ
  • Liberty Jemadu. 10 Januari 2020. 6 Gerhana Terjadi di 2020, Berikut Daftarnya. Suara.com – http://bit.ly/308Eeis
  • Admin. 10 Januari 2020. Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari 2020, Ini Penjelasan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Jogja.tribunnews.com – http://bit.ly/2uvAGe5

 

Sumber Gambar:

  • Gerhana Bulan 2020 01 – http://bit.ly/2FDkmKA
  • Gerhana Bulan 2020 02 – http://bit.ly/37SEmoE