Gojek perkenalkan aplikasi Selly dan situs majubersamagojek.com untuk dorong UMKM di tengah pandemi.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Fitur Aplikasi Selly Buatan Gojek

Gojek kembali menunjukkan komitmennya untuk membantu mengakselerasi pertumbuhan UMKM yang terdampak pandemi dengan meluncurkan situs melajubersamagojek.com dan mengenalkan aplikasi Selly.

Dua solusi tersebut diyakini tidak hanya mampu membantu UMKM bertahan di saat pandemi tapi terus memajukan bisnisnya.

Situs web www.melajubersamagojek.com dapat diakses oleh seluruh pelaku UMKM Nusantara, yang berskala mikro hingga besar.

Pada situs itu dijelaskan jika Selly merupakan aplikasi keyboard dan dashboard terlengkap yang dapat menjadi andalan para mitra UMKM untuk melayani pelanggan dan mengelola bisnisnya secara online dan modern.

Grab dan Gojek Berlomba Kuasai Asia Tenggara 01 Finansialku

[Baca Juga: Kabar Baik! Pemerintah Akan Beri Bantuan Modal Kerja Untuk UMKM]

 

Solusi keyboard Selly terdiri dari fitur Autotext untuk membuat template seusai kebutuhan. Ada beragam fitur yang tersedia di situ di antaranya;

  • Fitur untuk mengecek ongkos kirim secara real time dari berbagai ekspedisi
  • Fitur pengiriman invoice untuk membuat tagihan secara otomatis dengan berbagai pilihan format order
  • Dan fitur pengingat pelanggan

 

Sementara itu, solusi dashboard Selly dilengkapi dengan fitur statistik toko yang membantu pengelolaan toko dan pelaporan penjualan dalam satu klik.

Selain itu juga ada fitur asisten penjualan yang membantu mengecek data pelanggan, multi admin, pencetak label pengiriman, pengingat harian hingga pemesanan logistik yang sangat praktis dan mudah.

Sebagai informasi, dukungan ke UMKM merupakan komitmen jangka panjang Gojek. Gojek telah membantu jutaan mitra usaha yang mana 95% merupakan UMKM.

Kontribusi yang diberikan oleh Gojek ialah untuk mengembangkan usaha UMKM secara daring melalui berbagai layanan dengan menghubungkan mereka kepada lebih dari 170 juta pengguna aplikasi Gojek.

Selain itu, ada juga aplikasi GoBiz untuk manajemen usaha pelaku UMKM (pesan-antar, pengaturan promosi, pembayaran) dan Moka, aplikasi kasir online dan alat pembayaran nontunai, layanan GoSend & GoBox, layanan GoPay, serta aplikasi GoFood dan GoShop.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo mengatakan saat ini adalah masa-masa sulit bagi jutaan UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia.

Sejak awal berdiri, mendorong pertumbuhan UMKM adalah DNA Gojek, dan di periode penuh tantangan ini pihaknya terus berupaya mengembangkan solusi yang lengkap, inklusif, dan mudah diterapkan yang membantu UMKM mempertahankan bisnis sekaligus mengembangkan skala usahanya

“Lewat inisiatif inklusif dari hulu ke hilir pada #MelajuBersamaGojek, harapannya kami bisa mempercepat transformasi UMKM dari bisnis tradisional menjadi usaha digital sehingga UMKM dapat terus berkontribusi positif untuk ekonomi Indonesia,” ujarnya mengutip dari Detikcom, Kamis (13/08).

 

Respon Pelaku UMKM

Malik, pengusaha UMKM asal Cirebon, mengaku tertarik menggunakan aplikasi Selly karena berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Mengutip dari Kontan, Malik yang menjual produk fesyen Batik itu sebelum pernah menggunakan aplikasi Moka.

Malik mengakui saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi UMKM seperti dirinya untuk berkecimpung di dunia bisnis online.

Apalagi di tengah situasi pandemi seperti saat ini di mana pameran atau bazaar sudah tidak bisa dilakukan lagi, maka berjualan online menjadi satu-satunya pilihan.

“Tapi tidak semua UMKM seperti saya ini paham, step by step berbisnis online itu seperti apa. Dengan adanya website ini, saya jadi tahu dan seperti apa tahapannya untuk memulai bisnis online. Saya berharap, UMKM yang sudah terjun di online, bisnisnya dapat berkembang. Tidak hanya produknya dapat dikenal tapi juga dapat memutar roda perekonomian juga,” ungkapnya.

Gojek Kenalkan Aplikasi Selly, Asisten yang Bantu Pengusaha Mikro 02

[Baca Juga: Pebisnis UMKM, Cara Sederhana Membuat Bisnis “Naik Kelas”]

 

Sementara itu, Lona Ikawati, pengusaha UMKM yang menjual produk masker di Instagram mengaku sangat terbantu dengan aplikasi Selly. Lona sendiri sudah menggunakan aplikasi Selly sekitar 2 tahun lebih.

“Dulu semua catatan penjualan dari customer, dari autotext, cek ongkos kirim, dilakukan secara manual. Sejak pakai Selly yang cakupannya ongkos kirim, cek label pengiriman, kita juga bisa lacak pengiriman kita sampai mana,” ungkapnya.

“Saya merasa brand saya lebih maju karena semua tidak dilakukan secara tradisional, atau pencatatan manual lagi. Alhamdulillah [bisnis saya] bertahan sampai sekarang,” terangnya.

Riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menemukan 94% dari UMKM yang beralih go digital dan bergabung ke dalam ekosistem Gojek di tengah pandemi adalah usaha mikro dan hampir setengahnya (43%) adalah pengusaha pemula.

“Sangatlah penting bagi UMKM konvensional untuk bertransformasi menjadi usaha digital agar mereka bisa beradaptasi sesuai perubahan perilaku konsumen yang kini lebih banyak menggunakan platform digital untuk memenuhi segala kebutuhan,” terangnya mengutip Detikcom.

 

Bagaimana menurutmu Sobat Finansialku mengenai kontribusi Gojek membantu UMKM tersebut? Kamu bisa berbagi pandangan lewat kolom komentar di bawah ini

Oh iya, sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Andy Dwijayanto. 13 Agustus 2020. Gojek Rilis Aplikasi Selly, Asisten Untuk Membantu Usaha Mikro. Kontan.co.id – https://bit.ly/3iz3g23
  • Iwan Supriyanta. 13 Agustus 2020. Gojek Kenalkan Aplikasi Selly, Asisten Handal untuk Usaha Mikro. Suara.com – https://bit.ly/3fUDmnH
  • Admin. 12 Agutus 2020. Gojek Kenalkan Aplikasi Selly, Asisten Anyar untuk Pengusaha Mikro. Tribunnews.com – https://bit.ly/3h4oxQE
  • Nurcholis Maarif. 11 Agustus 2020. Aplikasi Selly Gojek Jadi Asisten Andal UMKM Busana Muslim Ini. Inet.detik.com – https://bit.ly/2DNju91

 

Sumber Gambar:

  • Selly 01 – https://bit.ly/2E3krtq
  • Selly 02 – https://bit.ly/2PNsGwr