Penggemar drama Korea pasti hafal nama Gong Yoo, sang Goblin tampan yang sempat berlakon sebagai seorang ayah yang melindungi putrinya di film ‘Train to Busan’.

Ternyata, dalam perjalanannya, ia tidak begitu saja mendapat peran utama lho. Bagaimana kisahnya? Simak dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Gong Yoo, Si Ddokkaebi Ahjussi Rasa Oppa

Nama Gong Yoo sebenarnya merupakan nama panggung dari Gong Ji-Chul, pria tampan yang lahir di Busan, 10 Juli 1979 silam. Artis Korea ini semakin terkenal setelah berhasil bermain dalam drama Korea “Goblin” dan “Train to Busan”.

Pesonanya dalam dua film ini memang tidak perlu diragukan lagi. Ditambah lagi, perannya dalam dua film tersebut juga berhasil ia mainkan dengan memukau.

Perannya dalam ‘Train to Busan’ bahkan berhasil menuai banyak pujian. Bukan hanya dari Korea saja, tapi juga dari dunia.

Intip Yuk Perjalanan Karier Gong Yoo, sang Ahjussi Rasa Oppa 02

[Baca Juga: Daftar 10 Artis Kpop Terkaya Tahun 2018, Ada Idolamu?]

 

Hal ini terlihat dari bagaimana respon publik terhadap film tersebut. Tak lama setelah ‘Train to Busan’ tayang di bioskop, film ini berhasil masuk ke box office Korea Selatan dan dunia.

Beberapa kali memainkan peran dengan image yang misterius, prestasi aktor ini di dunia seni peran sebenarnya tidak didapatkan dengan mudah.

Ada banyak hal yang perlu ia lewati sebelum sampai ke titik dimana ia berada saat ini. Nah, kali ini Finansialku ingin mengajak kamu untuk melihat perjalanan karier seorang Gong Yoo yang menginspirasi ini.

 

Memulai Karir Sebagai VJ dan Kameo

Jika kamu berpikir bahwa karier Gong Yoo dimulai sebagai aktor, sayangnya hal tersebut tidaklah benar. Ia memulai kariernya di dunia hiburan justru sebagai VJ atau Video Jockey pada tahun 2000.

Debutnya di dunia seni peran justru datang setahun setelah itu, yaitu melalui film ‘School 4’ di tahun 2001. Pada saat itu, peran yang ia dapatkan adalah peran minor atau sebagai kameo.

Dalam film tersebut, ia menjadi salah satu murid sekolah yang pandai memainkan piano.

Jika kamu ingin melihat sosok Gong Yoo yang masih sangat polos, tidak ada salahnya juga untuk melihat ulang drama ‘School 4’.

Di sana, kamu bisa menemukan sosok Gong Yoo yang mengenakan seragam abu-abu.

Meski hanya sebagai kameo dalam 48 episode ‘School 4’, Gong Yoo tetap menunjukkan profesionalitas kerjanya. Ia berhasil membuktikan potensi dan kemampuannya dalam berakting.

Intip Yuk Perjalanan Karier Gong Yoo, sang Ahjussi Rasa Oppa 03

[Baca Juga: Kisah Sukses Lee Min Ho dan Suka Dukanya Hingga Jadi Aktor Terkenal]

 

Oh, ya sebelumnya, apa kamu tahu bahwa kata ‘Gong Yoo’ dalam Bahasa Korea sebenarnya memiliki arti ‘berbagi’?

Kalau kamu bisa membaca tulisan hangeul atau alfabet Korea, mungkin kamu akan menemukannya dalam aplikasi berbahasa Korea untuk membagikan kontennya.

Seperti dalam artikel ini, kamu juga bisa berbagi lho! Kamu bisa bagikan artikel ini pada teman-temanmu, atau kamu juga bisa berbagi ilmu mengenai kesuksesan melalui artikel-artikel Finansialku yang lainnya.

Nah, karena itu, Finansialku pun ingin berbagi ilmu mengenai keuangan, nih.

Karena pada dasarnya semua orang membutuhkan perencanaan keuangan yang baik untuk menunjang masa depan mereka, salah satunya adalah merencanakan biaya untuk datang ke fan meeting aktor Korea kesayanganmu seperti Gong Yoo atau bahkan konser idola K-pop kamu.

Kamu bisa download e-book gratis tentang Perencanaan Keuangan untuk usiamu di bawah ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Kalau kamu ingin mempraktikkan ilmunya langsung, kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku yang memiliki beragam fitur yang menunjang kamu buat mewujudkan impian kamu ketemu sama Oppa lho.

Lagi-lagi kamu bisa download aplikasinya gratis di Google Play Store dan coba free trial akun PREMIUMnya selama sebulan penuh.

Wih.. mantap gak tuh? Yes.. bisa ketemu Oppa nih!

 

Mendapat Peran Utama di Drama Twenty Years

Setelah bermain di drama ‘School 4’, ia sempat bermain di 2 film lainnya dan masih mendapatkan peran minor. Yaitu pada drama ‘Whenever the Heart Beats’ dan ‘Hard Love’.

Barulah pada tahun 2003, Gong Yoo mendapatkan posisi sebagai pemeran utama untuk pertama kalinya, yaitu pada drama ‘Twenty Years’, yang pada drama tersebut, ia berperan sebagai Seo Joon.

Intip Yuk Perjalanan Karier Gong Yoo, sang Ahjussi Rasa Oppa 04

[Baca Juga: Hidup Butuh Perjuangan! Inilah Lika-Liku Perjalanan Karier BTS Hingga Populer]

 

Sayangnya, peran dalam debut pertamanya sebagai tokoh utama di sebuah drama tidak berlangsung lancar.

Ia sempat mendapatkan beberapa respon yang kurang baik dan drama yang ia perankan pun mendapat rating yang buruk. Namun, hal tersebut tidak membuatnya patah semangat.

Setelah bermain dalam drama ‘Twenty Years’, Gong Yoo juga sempat bermain dalam beberapa drama lainnya.

Di antaranya adalah ‘Screen’ (2013), ‘My Room, Your Room’ (2003), dan ‘Biscuit Teacher and Star Candy’ (2005).

Dalam drama ‘Biscuit Teacher and Star Candy’, Gong Yoo beradu peran dengan Gong Hyo Jin. Drama ini juga membawa namanya menjadi semakin dikenal dalam dunia seni peran dan drama Korea.

 

Debut di Layar Lebar

Di tahun yang sama ia bermain dalam drama ‘Twenty Years’, Gong Yoo juga mendapat tawaran untuk bermain di layar lebar, yaitu dalam drama ‘My Tutor Friend’ (2003).

Dalam drama layar lebar tersebut, Gong Yoo berperan sebagai Jong Soo. Seorang anak berandalan yang senang berantem.

Meskipun tidak mendapatkan peran utama, perannya dalam film ini cukup menghibur.

Apalagi, Gong Yoo yang saat itu sudah cukup berusia masih terlihat cocok dengan seragam SMA.

Setelah bermain dalam ‘My Tutor Friend’, Gong Yoo sempat mendapat beberapa tawaran lainnya untuk bermain film layar lebar pada tahun berikutnya.

Di antaranya adalah ‘Spy Girl’ (2004), ‘Superstar Mr. Gam’ (2004), ‘S Diary’ (2004), dan ‘She’s on Duty’ (2005).

 

Kembali Mendapatkan Rating Rendah

Perjalanan karier Gong Yoo tidak selalu terlihat mudah. Di tahun 2006, ia kembali bermain dalam drama berjudul ‘One Fine Day’. Tapi sayangnya, drama yang ia mainkan tersebut kembali mendapatkan rating rendah.

Namun, di tahun berikutnya, ia kembali mendapat pujian dan sorotan atas perannya sebagai second lead pada drama ‘Coffee Prince’ (2006).

Dalam drama tersebut, ia berperan sebagai Choi Han Gyul, seorang barista.

Lewat perannya ini, skill akting Gong Yoo berhasil mendapat pengakuan dari banyak aktor dan aktris senior. Selain itu, ia juga berhasil memunculkan pesonanya dan membuat kagum banyak orang.

 

Popularitasnya Semakin Meluas

Sejak perannya dalam ‘Coffee Prince’, popularitas Gong Yoo semakin meluas. Bukan hanya di Korea, tapi juga di negara Asia lainnya. Seperti Jepang, Tiongkok, dan bahkan Indonesia.

Ia pun mendapatkan banyak tawaran drama dan film. Beberapa film layar lebar yang ia mainkan sejak saat itu adalah ‘Like a Dragon’ (2007), ‘Finding Mr. Destiny’ (2010), ‘Silenced’ (2011), ‘The Suspect’ (2013), ‘A Man and A Woman’ (2016), ‘Train to Busan’ (2016), dan ‘The Age of Shadows’ (2016).

Intip Yuk Perjalanan Karier Gong Yoo, sang Ahjussi Rasa Oppa 05

[Baca Juga: Kisah Sukses Blackpink, Girlband Korea Selatan yang Mendunia]

 

Sejak bermain di ‘Coffee Prince’ (2006), Gong Yoo memang cukup jarang muncul di drama serial. Ia baru kembali memainkan drama serial pada tahun 2012 dalam drama ‘Big’ (2012).

Kemudian dilanjutkan dengan ‘Dating Agency: Cyrano’ (2013), dan ‘Goblin’ (2016).

 

Semakin Mencuat Lewat Train to Busan dan Goblin

Nama Gong Yoo semakin mencuat lewat perannya di drama fenomenal ‘Train to Busan’ dan ‘Goblin’ di tahun 2016.

Dalam film layar lebar ‘Train to Busan’, aktor ini mendapatkan peran sebagai ayah. Peran tersebut terhitung sebagai peran yang krusial dan dominan. Karena itu, film ini juga berhasil membuat Gong Yoo menjadi pusat perhatian.

Apalagi, film ‘Train to Busan’ juga berhasil meraih penghargaan di Blue Dragon Award 2016 dan Baeksang Art Award 2017.

Pada tahun yang sama, ia juga bermain dalam drama serial ‘Goblin’, ia berperan sebagai tokoh utama yaitu ‘Goblin’ yang mencari cinta sejati. Pesonanya dalam coat hitam dan rambut belah tengah berhasil merebut hati banyak fans.

 

Comeback di Tahun 2019

Setelah menutup 2016 dengan Goblin, Gong Yoo sempat sulit dilihat dalam berbagai drama serial dan layar lebar. Baru di tahun 2019, ia comeback dalam film layar lebar berjudul ‘Kim Ji-Young: Born 1982’.

Dalam film ini, Gong Yoo beradu peran dengan Jung Yoo Mi sebagai lead female character. Sebelumnya, ia dan Jung Yoo Mi juga pernah berakting bersama dalam ‘Silenced’ (2011) dan ‘Train to Busan’ (2016).

Selain itu, di tahun 2019 ini, Gong Yoo juga dikabarkan akan bermain dalam film berjudul Seo Bok.

Penasaran dengan akting Gong Yoo dalam film terbarunya? Mari kita tunggu kejutan apa yang akan Gong Yoo bawa dalam film dan drama terbaru yang ia mainkan.

 

Nah, itu dia perjalanan karier yang gak selalu mulus dari seorang Gong Yoo dalam menjadi aktor kawakan Korea Selatan. Apa artikel ini menginspirasi kamu?

Yuk, kita sama sama menginspirasi orang lain dengan membagikan artikel ini lewat sosial mediamu!

 

Sumber Referensi:

  • Fuska. 1 Oktober 2019. Siap Comeback, 11 Perjalanan Karier Gong Yoo Jadi Aktor Top Korea. Idntimes.com – http://bit.ly/357HNqe
  • Disfira Ika. 1 Oktober 2019. Katalog Judul Film dan Acara TV Gong Yoo, Aktor Korea yang Dikenal Suami-able. Keepo.me – http://bit.ly/2pmUpKO
  • Wikipedia. Gong Yoo. Id.wikipedia.com – http://bit.ly/2rTfXQf
  • Hestianingsih – wolipop. 11 Juli 2019. 8 Fakta Menarik Gong Yoo yang Seperti Tak Menua di Ultah Ke-40. Wolipop.detik.com – http://bit.ly/33X6VQa

 

Sumber Gambar:

  • Actor 01 – http://bit.ly/2KxPfDk
  • Actor 02 – http://bit.ly/2CT7v5E
  • Actor 03 – http://bit.ly/2ql7Qvn
  • Actor 04 – http://bit.ly/341YaEQ
  • Actor 05 – http://bit.ly/2rThUMz