GoPay dan OVO saat ini sedang dual, saling merebut hati masyarakat Indonesia. Dari kedua platform ini manakah pilihan kamu?

Sebelum kamu menentukan pilihan, yuk simak fakta dari keduanya dalam artikel berikut ini. Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

GoPay dan OVO

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu saja tidak asing lagi dengan kedua nama besar ini. GoPay dan OVO, terlebih lagi buat generasi muda.

Keduanya adalah aplikasi keuangan berupa dompet digital yang sama-sama bisa digunakan untuk menyimpan uang maupun melakukan pembayaran.

Saat ini, sudah banyak tempat perbelanjaan yang memungkinkan pembayaran melalui GoPay maupun OVO, termasuk tempat makan dan tempat nonton film seperti bioskop.

Mulai Maret, OVO Berlakukan Tarif Isi Ulang - Finansialku

[Baca Juga: OVO dan Dana Bakal Merger, GoPay Siap-siap Tersaingi]

 

Salah satu hal yang membuat ini menjadi mungkin tentu karena cara praktis yang ditawarkan oleh kedua aplikasi tersebut.

Namun jika hanya itu saja, maka tidak ada bedanya dengan pembayaran yang menggunakan kartu debit bukan?

 

Perbedaan GoPay dan OVO dengan Kartu Debit

Seperti yang dilansir dari tirto.id, salah seorang cook helper dari stand makanan ringan pernah mengakui bahwa sekitar 88% pelanggan-nya melakukan pembayaran dengan menggunakan GoPay.

Di samping itu, OVO sendiri mengakui bahwa terjadi kenaikan yang sangat signifikan terhadap jumlah pengguna maupun jumlah transaksi yang dilakukan.

“Lalu apa sebenarnya yang membuat kedua platform ini menarik dan berbeda dengan kartu debit?”

Ternyata yang menjadi perbedaan dua platform ini dengan kartu debit adalah, promo yang ditawarkan oleh kedua platform ini!

Di mana pada kartu debit tawaran ini tidak akan kita temukan.

Pada banyak tempat, terdapat tawaran untuk cashback sebesar 20% yang akan diterima jika melakukan pembayaran dengan GoPay.

Cashback sebesar 10% jika menggunakan OVO. Belum lagi jika terdapat tawaran cashback yang lebih tinggi lagi.

Selain itu, GoPay merupakan sebuah aplikasi yang menjadi bagian dari aplikasi GoJek.

GoPay Error! Ini 3 Alasan Harus Tetap Sedia Cash di Era Cashless 02

[Baca Juga: Jangan Bingung! Ini Cara Mendaftar GoPay PayLater]

 

Semua layanan yang ada di GoJek dapat dibayar dengan menggunakan GoPay, tentu dengan banyak tawaran dan promo yang menarik pula.

Di sampingnya, meskipun OVO adalah sebuah aplikasi dompet digital yang berdiri sendiri, mereka juga membangun hubungan kerjasama dengan Grab.

Sehingga pembayaran dalam Grab bisa dilakukan dengan OVO. Dan sama seperti saingan-nya, OVO juga cukup rajin memberikan penawaran yang menarik.

Nah hal-hal seperti inilah yang akhirnya membuat OVO dan GoPay mendapat perhatian dari masyarakat.

Dan itu pula yang membuat duel di antara keduanya di Indonesia kian memanas.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Duel GoPay vs OVO

Meskipun bergerak di bidang yang sama, dalam berbagai hal tentu ada perbedaan antara GoPay maupun Ovo. Berikut ini beberapa hal perbedaan mengenai keduanya.

 

#1 GoPay

Sejak masa awal keberadaannya, GoPay telah bertumbuh dengan begitu pesat, dan angka transaksi ini pun sangatlah tinggi.

Seperti misalnya di tahun 2018, angka transaksi yang dicapai oleh GoPay mencapai 9 miliar dolar Amerika Serikat.

Ini dihasilkan berkat kerjasama yang dibangun oleh GoPay dengan ratusan merchant, jutaan agen dan penyedia jasa, serta dengan begitu banyak pengemudi.

Hal ini membuat GoPay mampu mencatatkan namanya pada bagian teratas daftar pembayaran mobile ter-populer, khususnya di Indonesia.

Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh GoPay.

Mulai dari pembayaran untuk seluruh layanan aplikasi GoJek, membayar tagihan listrik, BPJS Kesehatan, PDAM, pulsa, multifinance, bayar belanja di toko online, hingga pembelian game voucher yang banyak digunakan oleh kaum muda, dan pembayaran yang lainnya.

GoPay juga memberikan kemudahan kepada pengguna dalam melakukan top-up saldo.

Yaitu dengan menggunakan layanan mobile banking, Alfamart dan Pegadaian, ATM di berbagai Bank, SMS Banking, hingga melalui driver GoJek.

Dengan begitu kamu tidak akan susah untuk menemukan tempat top-up saldo.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

#2 OVO

Tidak hanya GoPay saja, OVO juga telah mendapat pencapaian yang sangat luar biasa, di mana mereka mengakui bahwa jumlah pengguna telah bertambah hingga ratusan persen.

Mereka pun telah memiliki ratusan ribu mitra yang tersebar di seluruh Indonesia, belum lagi jumlah pengemudi Grab yang sebagian besar menggunakan layanan-nya.

Selain itu, OVO juga termasuk bagian dari konglomerat ternama Lippo Group yang memiliki jaringan bisnis yang sangat luas.

Sehingga OVO turut memiliki keunggulan dalam hal persaingan, sebab di antara karyawan Lippo Group yang begitu banyak pun, OVO sudah digunakan.

 

Perbedaan Pada Fitur

OVO pun tidak mau kalah dari rival-nya, ia menyediakan pembayaran untuk semua layanan dalam aplikasi Grab, untuk pembelian pulsa dan paket data, pembayaran pasca bayar, asuransi dan BPJS Kesehatan, biaya berlangganan TV kabel, HOOQ hingga pembayaran untuk iuran lingkungan.

Saldo-nya pun dapat kamu peroleh dengan melakukan top-up melalui berbagai ATM, Mobile Banking, Internet Banking, Kartu Debit, serta supermarket yang telah membangun kerjasama dengan OVO seperti Hypermart dan Alfamart.


 

Mana Pilihan Kamu?

Kedua aplikasi ini sama-sama menawarkan banyak keuntungan, termasuk untuk pemberian diskon yang begitu banyak, sehingga banyak yang menggunakannya.

Duel keduanya tentu dirasakan oleh masyarakat sebagai penikmat dari fungsi dua platform tersebut.

Untuk lebih mengenal salah satu dari platform ini, Finansialku kasih video mengenai Founder-nya. Yaitu Nadiem Makarim.

Kamu bisa belajar banyak loh dari sosok yang satu ini pendiri GoJek sekaligus GoPay ini. Silakan di tonton ya video-nya.

 

 

Lalu bagaimana dengan kamu? Menurut kamu mana yang terbaik di antara keduanya? Kamu bisa menuliskannya di kolom komentar ya.

Bagikan juga artikel ini, agar semakin banyak yang mengenal keuntungan yang bisa diperoleh dari penggunaan GoPay dan OVO.

 

Sumber Referensi:

  • Kyla Damasha. 20 Desember 2019. Perbandingan Gopay dan OVO yang PERLU Diketahui. Siapakah yang Terbaik?. Cekaja.com – https://bit.ly/2P7uNej
  • Dea Chadiza Syafina. 20 Juni 2019. GoPay vs OVO: Mana yang Kini Berhasil Merebut Hati Pengguna?. Tirto.id – https://bit.ly/2X9oOKm