Sebenarnya harga Bitcoin itu dipengaruhi oleh apa ya? Jika Anda perhatikan fluktuasi atau naik turunnya harga Bitcoin cukup ekstrem.

Yuk kita cari tahu apa yang melatarbelakangi harga Bitcoin?

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Luno-Cryptocurrency-Wallet-Logo

 

Naik Turunnya Harga Bitcoin

Jika Anda saat ini sedang mengamati harga Bitcoin, maka Anda akan terkesima dengan naik turunnya harga Bitcoin (fluktuasi) yang cepat. Bahkan Anda mungkin juga bertanya-tanya, apakah perusahaan-perusahaan (seperti Luno) yang menentukan harga Bitcoin?

Jawabannya tidak, karena Bitcoin itu sifatnya interoperable. Jika Anda ingin tahu karakteristik Bitcoin, silakan baca artikel kami sebelumnya: Apa itu Bitcoin?

Apa yang Menyebabkan Harga Bitcoin Naik Turun 2 - Finansialku

Grafik harga bitcoin dari tanggal 18 Nov – 19 Nov jam 14:54 WIB

 

Analogi Penentuan Harga Jeruk

Sebelum membahas mengenai pembentukan harga Bitcoin, kami ingin membahas mengenai konsep penentuan harga. Mari kita bicara bagaimana pembentukan harga sebuah jeruk.

 

Berapa harga sebuah jeruk?

Jawabannya: tergantung pada harga permintaan (orang yang membeli) dan harga penawaran (orang yang menjual). Dalam bahasa praktisnya adalah supply and demand.

 

Contoh:

Jika Budi ingin menjual jeruk dengan harga Rp3.000 dan Anton hanya mau membayar Rp2.000 maka deal tidak terjadi. Namun jika Budi dan Anton sepakat dengan harga tertentu, misalnya Rp2.500, maka deal terjadi dan transaksi berlangsung.

 

Selain itu, ada juga beberapa alasan yang menyebabkan pembentukan harga. Dalam penentuan harga jeruk, konteks dan lingkungan pasar juga akan mempengaruhi harga.

  • Pada musim panas, lebih banyak orang mau membeli jeruk, sehingga harga jeruk akan naik.
  • Ketika terjadi bencana alam seperti banjir sehingga persediaan jeruk berkurang, semakin banyak orang kesulitan membeli jeruk sehingga harga jeruk juga akan naik.
  • Harga jeruk juga dipengaruhi oleh ukuran, rasa kemanisan dan lain sebagainya.

 

Penentuan Harga Bitcoin

Pada prinsipnya penentuan harga Bitcoin sama seperti penentuan harga jeruk. Pasti ada deal antara harga penawaran (harga dari orang-orang yang menjual Bitcoin) dan harga permintaan (orang yang membeli Bitcoin).

Perbedaannya, Bitcoin dan mata uang digital bersifat homogen. Artinya satu Bitcoin identik dengan Bitcoin lainnya. Tidak ada

 

Penentuan Harga Emas

Harga emas di dunia (tidak hanya di Indonesia) dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran.

Selain permintaan dan penawaran ada beberapa faktor yang membentuk harga emas, seperti adanya kepentingan untuk melindungi nilai (hedging), harga kontrak perdagangan emas dan lain sebagainya.

Jika Anda orang-orang yang sudah terbiasa dengan berinvestasi emas, maka Anda lihat harga emas berubah setiap harinya. Untuk mengetahui update terbaru harga emas, dapat Anda cek di: harga emas hari ini.

 

Penentuan Harga Produk Investasi

Beberapa produk investasi di Indonesia, seperti saham perusahaan juga secara tidak langsung dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran.

Mengapa seseorang berani menawar harga saham Telkom di Rp4.200 per lembar dan disisi lain kenapa ada orang yang mau menjual harga saham Telkom di sekitar harga Rp4.200 per lembar.

Untuk penjelasan lebih detail mengenai saham, Anda dapat men-download GRATIS ebook Panduan berinvestasi saham dari Finansialku.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

 

Grafik Harga Bitcoin

Berapa harga 1 Bitcoin hari ini?

Coba perhatikan grafik di bawah ini:

 

 

Sumber widget:

https://www.bitcoin.com/widgets

 

Mata Uang Digital Bitcoin dan Mata Uang Konvensional

Apakah harga uang konvensional, seperti Rupiah, US Dollar, Singapore Dollar juga terbentuk karena permintaan dan penawaran? Jawabannya sama.

Jika Anda sedang memegang koin atau uang kertas Rupiah di tangan Anda saat ini, pada saat yang bersamaan ada jutaan orang yang melakukan jual beli Rupiah, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Apa yang Menyebabkan Harga Bitcoin Naik Turun 3 - Finansialku

Apakah Anda juga menabung atau berinvestasi Dollar Amerika? Anda tentunya tahu ketika membeli Dollar ada harga beli dan harga jual, betul?

 

Jadi, walaupun Anda merasa harga mata uang Anda cenderung stabil, sebenarnya harga Rupiah berubah secara terus menerus.

Jika Anda ingin menukarkan Rupiah Anda ke mata uang lain, misalnya Dollar Amerika (USD), mungkin Anda akan membayar 1 US Dollar dengan Rp13.500. Di hari lain harga tukar tersebut bisa jadi berubah menjadi Rp13.200 atau Rp13.600.

Pada dasarnya kurs Bitcoin ke Indonesia (singkatan: BTC/IDR) itu seperti pertukaran mata uang US Dollar ke Indonesia (singkatan USD/IDR). Perbedaan Bitcoin dengan mata uang konvensional (Rupiah, US Dollar, Singapore Dollar, dan lain sebagainya) terdapat pada entitas yang mengontrolnya.

  • Rupiah dikontrol oleh Bank Indonesia.
  • US Dollar dikontrol oleh The Federal Reserve atau the FED.

 

Bitcoin tidak dikontrol oleh entitas apa pun, karena karakteristik Bitcoin adalah interoperable.

 

Jadi, Kenapa Harga Bitcoin Sangat Fluktuatif?

Jadi, sebenarnya alasan mengapa harga Bitcoin lebih fluktuatif dibandingkan mata uang lainnya adalah; tidak adanya satu pun entitas yang mengontrol harga Bitcoin.

 

Harga Bitcoin ditentukan oleh semua orang yang memiliki Bitcoin (berapapun jumlahnya).

 

Jika Anda memiliki Bitcoin saat ini, Anda termasuk salah satu orang yang menentukan harga Bitcoin. Jika Anda tiba-tiba menjual semua Bitcoin Anda, maka harga akan bergerak turun (karena penawaran/supply kini bertambah).

Begitu juga jika Anda tiba-tiba ingin membeli banyak Bitcoin, Anda telah berkontribusi pada jumlah permintaan (demand) Bitcoin, sehingga harga akan bergerak naik.

Sekarang, bayangkan ada jutaan orang yang memiliki Bitcoin di dunia dengan harga jual dan harga beli yang berbeda-beda.

Dengan mengumpulkan mereka semua, Anda akan mendapatkan nilai tengah pasar antara harga permintaan dan harga penawaran – dan itulah harga Bitcoin pada saat itu.

 

Untuk lebih jelasnya, Finansialku sudah merangkum mengenai apa itu bitcoin. Anda bisa mengambil beberapa tips langsung dari video berikut ini:

 

Disclaimer:

  • Tulisan di atas berasal dari Luno dan dikurasi oleh tim editor Finansialku dengan menambahkan beberapa informasi tambahan dari sumber referensi tambahan.
  • Tulisan di atas bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan sebagai saran berinvestasi atau berspekulasi.

 

Sumber Gambar:

  • Bitcoin Price – https://goo.gl/Hp9Pmd
  • Nilai Tukar Rupiah – https://goo.gl/N3vigN

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up