Emas merupakan salah satu komoditi investasi yang stabil bahkan cenderung naik nilainya dari waktu ke waktu. Emas batangan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau emas Antam merupakan salah satu komoditi investasi tersebut.

Emas Antam sepanjang tahun ini terpantau selalu mengalami kenaikan. Bahkan banyak pengamat yang memperkirakan tren kenaikan ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tingginya Permintaan Mungkinkan Harga Emas Antam Terus Melonjak

Sepanjang tahun 2018 ini, emas Antam menjadi salah satu produk investasi yang banyak diminati oleh masyarakat. Tak ayal hal ini menyebabkan harga emas Antam ikut terkerek naik.

Mengutip dari laman Logam Mulia, dalam sepekan ini harga emas Antam mengalami kenaikan sebesar Rp5.000. Semula seharga Rp649.000 menjadi Rp654.000.

Sedangkan untuk harga pembelian kembali atau buyback juga ikut mengalami kenaikan. Pada selang waktu yang sama, harga buyback menjadi Rp572.000, yang menandakan kenaikan sebesar Rp7.000.

Seperti yang diwartakan oleh laman Kontan.co.id, Analisis Asia Tradepoint Future Deddy Yusuf Siregar, berujar bahwa ini menjadi kesempatan yang baik bagi para investor untuk masuk.

Selain tengah berada pada area support yang menguntungkan, menurutnya harga emas Antam akan terus menguat hingga akhir tahun. Ditambah lagi terdapat beberapa faktor yang bisa kembali mendongkrak nilai emas Antam.

“Oktober festival di India akan mulai berlangsung, festival tersebut bisa meningkatkan permintaan emas baik global maupun di pasar antam.”

 

Selain Oktober festival, perayaan Natal juga berpotensi membuat harga emas Antam kembali naik. Bahkan Deddy memperkirakan harga emas Antam mencapai Rp700.000 pada akhir tahun.

Deddy menjelaskan bahwa Antam menaikkan target penjualan mereka sebesar 84% dibandingkan tahun lalu. Tahun ini Antam menargetkan bisa menjual sebanyak 24 ton.

Bila permintaan terus mengalami kenaikan dan produksi emas Antam terus meningkat maka kenaikan harga emas Antam pada akhir tahun sangat mungkin terjadi.

Harga Emas Antam Bisa Sentuh Rp 700.000 Finansialku 2

[Baca Juga: Apakah Investasi Emas Bisa Dipakai Untuk Dana Pendidikan Anak?]

 

Meski nilai rupiah terus lesu dihadapan dolar AS, Deddy mengatakan, hal ini tidak menyurutkan minat para pembeli terhadap emas Antam. Bahkan hingga Mei lalu, sebanyak 12,8 ton emas Antam telah dibeli.

“Dengan pergerakan rupiah yang masih sama seperti di pekan lalu, untuk harga emas Antam akan naik seiring dengan pelemahan mata uang rupiah karena data tenaga kerja AS positif dan kenaikan suku bunga The Fed di bulan ini.”

 

Deddy pun mengungkapkan bahwa masih terdapat banyak faktor lain yang bisa membuat harga emas Antam terus naik. Salah satunya adalah adanya data inflasi dan penjualan ritel AS.

Jika data yang keluar positif maka rupiah akan kembali melemah. Menurut Deddy, melemahnya rupiah justru membuat harga emas Antam akan kembali naik dan membuat para investor tertarik menanamkan modalnya.

Anda sudah paham bagaimana caranya meraih keuntungan tinggi dengan investasi emas? Pelajari dasar-dasar dan kiat sukses investasi emas lewat ebook Panduan Berinvestasi Emas! Download sekarang juga, gratis!

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

 

Investasi Melalui Emas Antam Online

Segala aspek kehidupan menjadi semakin canggih semenjak berkembangnya dunia teknologi. Bahkan berinvestasi emas secara online sudah bisa dilakukan saat ini.

Jika Anda tertarik untuk investasi emas online, Anda bisa coba membeli produk resmi emas Antam. Alasannya, kualitas dan harganya sudah terpercaya, bahkan seringkali dijadikan acuan untuk berbagai pengamatan ekonomi.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Investasi emas Antam online bisa menjadi pilihan karena jauh lebih menguntungkan ketimbang investasi emas secara langsung apalagi melalui emas perhiasan.

Pasalnya, dalam berinvestasi emas Antam online, pembeli tidak perlu mencetak emas kecuali memang menginginkannya.

Kini, sudah banyak pula platform yang menjual emas online, sehingga aksesnya lebih mudah.

Investasi Emas Antam Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Strategi Investasi Emas Terbaik Ini Anda Lakukan, Anda Akan Mendapatkan Banyak Keuntungan]

 

Perlu diketahui untuk mencetak emas dikenakan biaya administrasi. Apalagi bila dibentuk menjadi perhiasan, nilai jualnya akan semakin turun.

Selain itu, emas Antam online dapat dibeli di bawah satuan gram sehingga bisa menjadi lebih murah. Namun terdapat beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum memulai investasi emas Antam online.

 

#1 Harga yang Ditetapkan

Ketika Anda hendak melakukan investasi emas, maka Anda harus memahami dua hal berbeda yang dapat menentukan harganya.

Pertama, berdasarkan naik turunnya harga di pasar. Sementara, ada juga harga yang ditentukan untuk jangka waktu selama satu tahun.

Sebenarnya harga emas tidak pernah mengalami naik atau turun, yang mengalami perubahan adalah nilai uangnya yang mengalami fluktuasi.

Nah jika Anda tertarik untuk berinvestasi emas, Anda harus melihat juga biaya-biaya lainnya. Misalnya biaya administrasi, biaya penitipan dan biaya lain-lain. Hitung semua biaya tersebut sebelum memulai berinvestasi emas.

 

#2 Prosedur Cetak Emas dari Virtual ke Fisik

Pembelian emas online membuat seseorang hanya memiliki emas tersebut dalam bentuk virtual.

Bila ingin mencetak emas tersebut ke dalam bentuk fisik, maka diperlukan biaya tambahan lagi.

Sebelum memilih gerai, pastikan terlebih dahulu seperti apa prosedur mencetak emas virtual ke dalam bentuk fisik.

Investasi-Emas-Bodong-01-Finansialku

[Baca Juga: Pilihan Investasi Emas Fisik atau Berjangka?]

 

Pasalnya, setiap gerai memiliki waktu dan prosedur yang berbeda. Jadi penting untuk mengetahui semua hal tersebut terlebih dahulu.

Mencetak emas ke dalam bentuk fisik membutuhkan waktu dan biaya, sehingga jangan sampai mencetak dalam waktu mendadak padahal Anda membutuhkan emas tersebut sesegera mungkin.

 

#3 Legalitas dan Keamanan Investor

Salah satu permasalahan yang sering dijumpai pada dunia adalah peretasan jaringan. Hal tersebut juga sangat mungkin terjadi pada dunia investasi emas online.

Sehingga dalam memilih platform emas online Anda harus mencari platform yang benar-benar dapat dipercaya. Salah satu yang patut dipertimbangkan adalah sistem verifikasi yang berlapis.

Dengan memilih sistem verifikasi yang berlapis maka keamanan Anda dalam berinvestasi emas akan semakin lebih aman. Misalnya sistem verifikasi yang mengharuskan memasukkan kode aktivasi sebelum transaksi.

 

#4 Kredibilitas Penjual Emas

Keterbatasan dunia online lainnya adalah transaksi dilakukan dari jarak jauh dan tidak bertemu secara langsung. Sehingga hal ini rawan disalahgunakan untuk metode penipuan.

Terlebih lagi dalam emas online, emas hanya berbentuk virtual. Sehingga semakin memperbesar peluang adanya penipuan. Oleh karena itu, kredibilitas penjual harus dapat dipastikan dan dipertanggungjawabkan.

Salah satu cara yang bisa Anda pertimbangkan adalah dengan mencetak emas tersebut dalam periode tertentu. Hal ini guna menghindari bila penjual mengalami kebangkrutan lalu menghilang sambil membawa emas virtual Anda.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#5 Dana Aman Trading Emas Online

Dana seseorang yang disimpan dalam investasi berbentuk emas online ini akan jadi lebih aman. Penyimpanan dengan menggunakan data digital tak hanya praktis, namun juga menggunakan PIN serta kode aktivasi dan beragam notifikasi.

Transaksi dengan menggunakan platform ternama dan terpercaya akan membuat seseorang semakin nyaman ketika berinvestasi. Oleh karena itu carilah platform yang sudah terjamin dalam melakukan trading.

Dengan demikian rasa ragu dan was-was bisa diminimalisasi. Selain itu penyimpanan yang aman dan keuntungan yang diperoleh bisa dinikmati untuk masa depan dan sebagai tabungan.

 

Pelajari Sebelum Memulai Investasi Emas Antam Online

Sebelum memulai berinvestasi, alangkah baiknya Anda mempelajari 5 tips yang ada di atas. Bahkan bila perlu pelajari informasi-informasi terkait emas Antam online lainnya.

Bila sudah mempunyai bekal ilmu yang matang, melakukan investasi akan menjadi lebih nyaman dan aman. Selain itu, keuntungan yang diperoleh juga bisa semakin maksimal.

 

Apakah Anda merasa terbantu dengan adanya artikel ini? Jangan ragu untuk membagikan pada teman Anda. Agar semua orang bisa mendapatkan manfaat dan merasakan keuntungannya.

 

Sumber Referensi

  • Danielisa Putriadita. 12 September 2018. Permintaan Kian Meningkat, Mungkinkah Emas Antam Sentuh RP 700.000. Kontan.co.id – https://goo.gl/CXjH1i

 

Sumber Gambar:

  • Emas 1 – https://goo.gl/Ph5Tne
  • Emas 2 – https://goo.gl/pYWNtJ
Summary
Harga Emas Antam Diprediksi Sentuh Rp 700.000 di Akhir 2018
Article Name
Harga Emas Antam Diprediksi Sentuh Rp 700.000 di Akhir 2018
Description
Emas merupakan salah satu komoditi investasi yang stabil bahkan cenderung naik nilainya dari waktu ke waktu. Emas batangan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau emas Antam merupakan salah satu komoditi investasi tersebut.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo