Harga mobil diobral? Ya, itulah yang terjadi dengan mobil-mobil keluaran Toyota. Kenapa bisa seperti ini? Apa ini saat yang tepat untuk beli mobil?

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Harga Mobil Diobral Toyota

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sempat mengungkapkan soal rencana ‘banting harga’ mobil baru saat stok mobil menumpuk karena dampak pandemi covid-19.

Untuk diketahui, Sobat Finansialku pandemi sudah menghancurkan pasar mobil domestik sampai drop parah hingga 95% pada Mei 2020.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan pada Mei 2020 tercatat hanya 3.551 unit, padahal pada Mei 2019 masih mencatatkan penjualan 84.109 unit.

Penjualan ini juga turun 54% bila dibandingkan dengan penjualan pada April 2020 yang sempat terjual 7.868 unit.

Sedangkan penjualan April hanya terjual 7.871 unit atau turun 90,6% (year on year/yoy) dibandingkan April 2019 yang tercatat 84.056 unit.

Dibandingkan penjualan Maret 2020 juga drop sangat parah, atau turun sebesar 89,7%. Pada Maret 2020 penjualan sempat masih tercatat 76.811 unit.

Harga Mobil Diobral Besar-besaran! Inikah Saat Tepat Beli Mobil 02

[Baca Juga: UMKM, Inilah Tips Supaya Bisnis Tetap Bertahan Selama Covid-19]

 

Untuk diketahui, data perdagangan mencatat, kenaikan tertinggi dicatatkan oleh PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. (IMAS) yang berhasil naik 2,33% ke level harga Rp 660/unit.

Untuk koreksi terdalam dibukukan oleh PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO). Perusahaan yang bergerak di sektor suku cadang otomotif ini turun 3,26% ke harga Rp 890/unit.

Sedangkan ‘raja’ otomotif Indonesia PT Astra Internasional Tbk. (ASII) sahamnya terpaksa terkoreksi 1,41% ke harga Rp 4.900/unit.

Sementara, mengutip CNBC Indonesia, Kamis (18/06) produsen terbesar mobil di Indonesia Astra Daihatsu Motor (ADM) menegaskan belum ada rencana soal ‘banting harga’ mobil.

Pihak ADM mengakui memang ada diskon, tapi diskon itu reguler ‘biasa’ untuk merespon daya beli yang rendah dan kondisi ekonomi yang berat.

Di sisi lain, mengutip dari Kompas, Toyota Trust membuat program #TrushFlashSale yang menawarkan iming-iming diskon besar bagi pembelian mobil bekas Toyota melalui situs resmi Auto2000.

  • Avanza 1.3 G MT 2015 diskon dari Rp 133 juta menjadi Rp 60 juta
  • Calya 1.2 G AT 2016 diskon dari Rp 120 juta menjadi Rp 90 juta
  • Calya 1.2 G AT 2017 diskon dari Rp 120 juta menjadi Rp 95 juta
  • Vios 1.5 G AT 2015 diskon dari Rp 160 juta menjadi Rp 134 juta
  • Sienta 1.5 Q AT 2017 diskon dari Rp 195 juta menjadi Rp 188 juta.

 

Untuk mendapatkan mobil dengan penawaran khusus tersebut, sebelumnya konsumen harus melakukan pendaftaran lebih dulu ke situs Auto2000 agar bisa menjadi peserta flash sales.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Harga Miring, Inikah Saatnya Beli Kendaraan?

Keadaan pandemi memberikan pengaruh yang sangat besar, khususnya bagi sektor keuangan, dari ekonomi secara menyeluruh hingga keuangan pribadi.

Daya beli masyarakat yang menurun serta prospek ekonomi yang tidak menentu membuat roda perdagangan tidak jelas kecepatan dan arahnya.

Jika beberapa waktu lalu, saham-saham mengalami penurunan yang cukup tajam, sehingga muncul pertanyaan, “apakah ini waktunya beli saham?”, pertanyaan yang sama muncul pula untuk fenomena ini, apalagi karena harga kendaraan bukanlah besaran yang murah.

Sebenarnya pertanyaan ini pernah dilontarkan juga ketika harga rumah di sebuah kawasan turun drastis. Namun, untuk kendaraan, apakah ini saat yang tepat untuk membelinya?

Intip 5 Merek Mobil Terlaris Tahun 2019 di Indonesia 02 Toyota Avanza - Finansialku

[Baca Juga: Fakta! Punya Dana Darurat Bisa Selamat Dari Pandemi]

 

Menurut CFP Finansialku, Widya Yuliarti, S.ST., MM., CFP., saat ini bisa menjadi momen yang baik apabila Sobat Finansialku memang sedang mengumpulkan atau membutuhkan kendaraan.

Namun, jangan jadikan momen ini untuk bersikap impulsif, apalagi jika kondisi keuangan sedang tidak stabil maupun pas-pasan.

Jika saat ini mungkin Sobat Finansialku memang sedang tidak membutuhkan kendaraan, namun ingin memanfaatkan momen diskon, kalian bisa gunakan alternatif tukar tambah.

Namun, tetap, dilakukan dengan syarat cek dulu kondisi keuangan, Sobat Finansialku bisa melakukan pembelian jika; keamanan keuangan sudah tercapai, investasi tidak terganggu, dan sebisa mungkin tidak mengganggu cash flow juga, dengan cicilan yang tidak lebih dari 30% total pemasukan.

Nah, untuk membantu Sobat Finansialku menganggarkan serta menghitung pembelian kendaraan, kalian bisa gunakan aplikasi Finansialku.

Dengan aplikasi ini, Sobat Finansialku bisa mengelola keuangan pribadi sendiri dengan bantuan fitur-fitur menarik yang ada di dalam aplikasi Finansialku.

Jika kalian merasa stuck atau bingung dalam mengatur keuangan sendiri, Sobat Finansialku juga menggunakan fitur Konsultasi Keuangan untuk mengonsultasikan masalah keuangan dengan ahli keuangan yang telah tersertifikasi, salah satunya adalah Mbak Widya.

Semua fitur yang tersedia di aplikasi Finansialku gratis diakses kapan saja selama kamu menjadi member premium. Namun jangan khawatir, biaya berlangganan aplikasi ini hanyalah Rp 350 ribu untuk satu tahun.

Jika dihitung, biaya berlangganan premium aplikasi Finansialku hanya sebesar Rp 900 per harinya. Ini deal yang menarik sekali bukan?

Dengan harga tersebut, bukan hanya fitur pencatatan, membuat anggaran, kalkulator dana membeli barang, maupun rencana keuangan saja yang bisa kalian dapatkan.

Kalian juga bisa mengikuti kelas online gratis, belajar ilmu keuangan dalam bentuk apapun yang kalian suka – ada artikel, podcast, hingga video – bahkan bisa mengecek kesehatan keuangan.

Nah, kamu bisa mendapatkan aplikasi ini di Google Play Store maupun Apple Apps Store.

Dapatkan promo khusus potongan harga Rp 50 ribu untuk berlangganan premium dengan memasukkan kode CUAN50 untuk berlangganan aplikasi Finansialku lebih ekonomis. Yuk, coba sekarang sebelum menyesal!

 

Aplikasi Finansialku adalah satu-satunya aplikasi perencana keuangan di Indonesia yang terdaftar di OJK dan telah bersertifikat ISO 27001 untuk keamanan data pengguna.

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

 

Sumber Referensi:

  • Ferry Sandi. 17 Juni 2020. Banting Harga Mobil Baru, Toyota & Daihatsu Buka Suara. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3fzZy6H
  • Stanly Ravel. 18 Juni 2020. Toyota Banting Harga Mobil Bekas Hingga 50 Persen, Avanza Cuma Rp 60 Juta. Otomotif.kompas.com- https://bit.ly/2zIpldR
  • Tri Putra.18 Juni 2020. Harga Mobil Bakal Diobral, Saham Otomotif Banting Harga? Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/37E0jZO

 

Sumber Gambar:

  • Harga Mobil Diobral 01 – https://bit.ly/3fyoADp
  • Harga Mobil Diobral 02 – https://bit.ly/2CkBNBr