Hari Kanker Sedunia diperingati tiap tahun untuk mendukung individu yang berusaha bebas dari penyakit tersebut. Bagaimana perkembangan kanker saat ini?

Simak ulasan Finansialku berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya!

 

Summary:

  • Peringatan Hari Kanker Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang kanker, serta mendorong upaya pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker.
  • Kanker payudara dan paru-paru menjadi dua jenis penyakit paling banyak diderita di dunia.
  • Ada beberapa produk asuransi yang menyediakan asuransi untuk penyakit kanker yang mencakup biaya pengobatan, rawat inap, dan biaya perawatan lainnya.

 

Kanker Sebagai Salah Satu Penyakit Mematikan

Punya tubuh yang sehat adalah harapan tiap orang. Sayang, beberapa faktor risiko yang terjadi di tiap orang membuat kesehatan terganggu.

Dalam studi “Meta Analisis Pada Faktor Risiko Terjadinya Kanker Serviks di Indonesia,” kesehatan diartikan sebagai kondisi di mana manusia tidak mengalami gangguan fisik, mental, dan spiritual. Kesehatan adalah hak semua warga negara Indonesia.

Seperti banyak negara lain, banyak penyakit mematikan yang mengancam kesehatan warga Indonesia, salah satunya kanker.

Nahasnya, beberapa penyakit kanker tidak benar-benar ada obatnya. Obat yang tersedia saat ini hanya menghambat pertumbuhan, bukan mematikannya.

Banyaknya orang yang terkena penyakit ini mendorong Union of International Cancer Control (UICC) menginisiasi peringatan Hari Kanker Sedunia. Langkah ini ditujukan sebagai aksi solidaritas, mengurangi jumlah penderita, dan meningkatkan kesadaran akan kanker.

 

Kapan Kita Memperingati Hari Kanker Dunia?

Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) diperingati setiap tanggal 4 Februari. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang kanker, serta mendorong upaya pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker.

Hari Kanker Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 1993 oleh Union for International Cancer Control (UICC), sebuah organisasi non-pemerintah yang berfokus pada pencegahan dan pengendalian kanker. Peringatan ini kemudian diresmikan oleh World Summit Against Cancer pada tahun 2000.

Kanker merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Penyakit ini dapat menyerang berbagai organ dan jaringan tubuh, termasuk kulit, payudara, paru-paru, usus besar, dan prostat.

Terdapat berbagai jenis kanker, masing-masing dengan gejala dan pengobatan yang berbeda. Jenis kanker yang paling umum adalah kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker kolorektal.

Hari Kanker Sedunia diperingati dengan berbagai kegiatan, seperti seminar, kampanye, dan aksi sosial. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker, serta mendorong upaya pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker.

[Baca Juga: Waspada Kanker Tulang! Kenali Gejala, Penanganan, dan Biaya Pengobatannya]

 

Angka Kasus Kanker di Dunia dan Indonesia

Meski Hari Kanker Sedunia selalu diperingati dengan sosialisasi dan edukasi kanker, penyakit ini masih terus tumbuh dalam angka yang cukup mengerikan. Dalam data World Cancer Research Fund International, jumlah penderita penyakit ini berkisar di angka 18,1 juta jiwa.

 

#1 Angka Kanker Dunia

Data yang dirilis oleh World Cancer Research Fund International pada 2020—tahun terakhir data kanker dunia diperbarui—penyakit ini menyerang 18,1 juta orang. di mana, kanker payudara dan paru-paru menjadi dua jenis penyakit paling banyak diderita.

Berikut adalah data kanker dunia menurut World Cancer Research Fund International—tidak termasuk kanker kulit non-melanoma:

data kanker dunia

Secara lebih spesifik, simak sebaran kanker global berdasarkan jenis kelamin berikut ini:

 

#1 Sebaran Kanker Global Pada Pria

Berikut adalah sebaran kanker global pada penderita pria:

Sebaran Kanker Global Pada Pria

 

#2 Sebaran Kanker Global Pada Wanita

Simak sebaran kanker global pada penderita wanita berikut ini:

Sebaran Kanker Global Pada Wanita

 

#2 Angka Kanker di Indonesia

Tiap tahun, angka penderita kanker Indonesia terus mengalami kenaikan. Di sisi lain, jumlah pasien meninggal juga tinggi.

Berikut adalah angka kanker di Indonesia berdasarkan International Agency for Research on Cancer World Health Organization:

Angka Kanker di Indonesia (1)

 

Jenis-jenis Kanker

Seiring waktu, jenis penyakit kanker terus bertambah. Saat ini, tak kurang dari 100 jenis kanker eksis di dunia medis.

Simak jenis-jenis kanker berikut ini:

 

#1 Jenis Kanker Berdasarkan Lokasinya

Kanker berdasarkan lokasinya dibedakan menjadi:

 

#1 Kanker Area Kepala dan Leher

Kanker kepala dan leher, termasuk kanker laring, nasofaring, dan rongga mulut. Kanker ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti merokok, konsumsi alkohol, dan paparan zat karsinogenik.

 

#2 Kanker di Sistem Pencernaan

Kanker di sistem pencernaan, termasuk kanker hati, anus, perut, dan usus besar. Kanker ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti pola makan tidak sehat, infeksi, dan faktor genetik.

 

#3 Kanker di Sistem Urine

Kanker di sistem urine, termasuk kanker kandung kemih, ginjal, dan tumor Wilms. Kanker ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti paparan zat karsinogenik, infeksi, dan faktor genetik.

 

#4 Kanker di Paru-paru

Kanker di paru-paru, termasuk kanker paru-paru dan tumor karsinoid paru-paru . Kanker ini merupakan jenis kanker yang paling umum di dunia, dan dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti merokok, paparan zat karsinogenik, dan faktor genetik.

 

#5 Kanker di Payudara

Kanker di payudara merupakan jenis kanker yang paling umum pada wanita. Kanker ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti faktor genetik, paparan hormon, dan faktor lingkungan.

 

#6 Kanker di Sistem Reproduksi

Kanker di sistem reproduksi, termasuk kanker serviks, ovarium, uterus, prostat, testis, dan penis. Kanker ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti infeksi, faktor genetik, dan faktor lingkungan.

 

#7 Kanker di Sistem Endokrin

Kanker di sistem endokrin, termasuk kanker adrenal, tiroid, dan pituitari. Kanker ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti paparan zat karsinogenik, faktor genetik, dan faktor lingkungan.

[Baca Juga: Ketahui Gejala Kanker Payudara yang Sering Kamu Sepelekan!]

 

#8 Kanker di Kulit

Kanker di kulit, termasuk melanoma, karsinoma sel basal, dan karsinoma sel skuamosa. Kanker ini dapat disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV), faktor genetik, dan faktor lingkungan.

 

#9 Kanker di Tulang dan Jaringan Lunak

Kanker di tulang dan jaringan lunak, termasuk kanker tulang, osteosarcoma, dan kanker sarkoma Ewing. Kanker ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti paparan radiasi, faktor genetik, dan lingkungan.

 

#10 Kanker di Mata

Kanker di mata, termasuk melanoma mata dan retinoblastoma. Kanker ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti paparan radiasi, faktor genetik, dan faktor lingkungan.

 

#11 Kanker di Otak dan Sistem Saraf

Kanker di otak dan sistem saraf, termasuk kanker otak dan neuroblastoma. Kanker ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti paparan radiasi, faktor genetik, dan faktor lingkungan.

 

#12 Kanker di Dalam Darah dan Sistem Limfatik

Kanker di dalam darah dan sistem limfatik, termasuk leukimia, kanker timus, dan limfoma. Kanker ini dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti faktor genetik, dan faktor lingkungan.

 

#2 Jenis Kanker Berdasarkan Jenis Sel

Simak jenis kanker berdasarkan sel berikut ini:

 

#1 Karsinoma

Karsinoma adalah jenis kanker yang dapat menyerang berbagai organ dan kelenjar tubuh. Karsinoma dimulai dari sel-sel epitel, yakni sel yang melapisi permukaan dalam dan luar tubuh. Sel-sel epitel dapat membentuk berbagai jenis kanker, termasuk kanker kulit, paru-paru, payudara, dan pankreas.

Karsinoma dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis sel epitel yang terlibat. Misalnya, kanker kulit yang dimulai dari sel-sel basal disebut karsinoma sel basal. Kanker kulit yang dimulai dari sel-sel skuamosa disebut karsinoma sel skuamosa.

Karsinoma dapat menyebar ke bagian tubuh lain melalui proses metastasis. Metastasis terjadi ketika sel kanker terlepas dari tumor primer dan berpindah ke organ lain melalui aliran darah atau sistem limfatik.

 

#2 Melanoma

Melanoma adalah kanker yang serius dan berbahaya. Penyakit ini dimulai dari sel melanosit, yaitu sel yang menghasilkan melanin (pigmen yang memberi warna pada kulit). Melanoma dapat menyebar ke bagian lain tubuh dan dapat berakibat fatal jika tidak ditangani.

 

#3 Tumor Otak dan Sumsum Tulang Belakang

Tumor otak dan sumsum tulang belakang adalah pertumbuhan abnormal sel di sistem saraf pusat (SSP). Tumor ini dapat bersifat jinak atau ganas.

Tumor otak dan sumsum tulang belakang diberi nama berdasarkan jenis sel di mana sel tersebut terbentuk. Misalnya, astrositoma adalah tumor yang terbentuk dari sel glia, yaitu sel pendukung yang berfungsi melindungi dan memberi nutrisi pada sel saraf.

Tumor otak dan sumsum tulang belakang juga diberi nama berdasarkan lokasinya di SSP. Misalnya, meningioma adalah tumor yang terbentuk dari selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.

Ilustrasi Penderita Kanker.

Ilustrasi Penderita Kanker. Sumber: Feepik/jcomp

 

#4 Sarkoma

Sarkoma adalah kanker yang berasal dari jaringan lunak atau tulang. Jaringan lunak meliputi otot, lemak, pembuluh darah, pembuluh getah bening, dan jaringan fibrosa.

 

#5 Leukimia

Leukemia adalah kanker darah yang dimulai di sumsum tulang, tempat sel darah putih dibuat. Leukemia tidak membentuk tumor padat, melainkan menyebabkan sel darah putih abnormal berkembang biak secara tidak terkendali. Sel darah putih abnormal ini menumpuk di darah dan sumsum tulang, menggeser sel darah putih normal.

 

#6 Limfoma

Limfoma adalah kanker yang menyerang sistem limfatik, yaitu sistem kekebalan tubuh yang terdiri dari kelenjar getah bening, limpa, dan pembuluh getah bening. Limfoma dimulai dari sel limfosit, yaitu sel darah putih.

Pada penderita limfoma, sel limfosit abnormal tumbuh dan berkembang secara tidak terkendali. Sel limfosit abnormal ini kemudian menumpuk di kelenjar getah bening dan pembuluh getah bening, serta di organ tubuh lainnya.

 

#7 Myeloma

Myeloma adalah kanker yang menyerang sel plasma, yaitu sel imun yang menghasilkan antibodi. Sel plasma abnormal, yang disebut sel myeloma, menumpuk di sumsum tulang dan membentuk tumor tulang. Tumor tulang ini dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh, sehingga disebut multiple myeloma.

 

Asuransi untuk Penyakit Kanker

Asuransi kanker adalah jenis asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan finansial kepada pemegang polis yang terdiagnosis kanker. Perlindungan ini mencakup biaya pengobatan, rawat inap, dan biaya perawatan lainnya.

Asuransi kanker memberikan manfaat yang signifikan bagi pemegang polis, terutama dalam hal finansial. Perawatan kanker membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga asuransi kanker dapat membantu mengurangi beban biaya pengobatan bagi pemegang polis dan keluarganya.

Selain itu, asuransi kanker juga dapat memberikan manfaat psikologis bagi pemegang polis. Dengan adanya asuransi kanker, pemegang polis dapat lebih fokus pada pengobatan dan pemulihannya tanpa khawatir akan biaya pengobatan.

Berikut adalah beberapa produk asuransi kanker yang tersedia di Indonesia:

 

#1 FWD Cancer Protection

FWD Cancer Protection adalah produk asuransi kesehatan penyakit kritis yang memberikan manfaat 100% uang pertanggungan kanker. Manfaat ini dapat diklaim sejak fase diagnosis Carsinoma In Situ (CIS) atau stadium paling awal penyakit kanker.

CIS yang termasuk dalam pertanggungan asuransi ini meliputi CIS pada payudara, rahim, saluran tuba, vulva, vagina, serviks uterus, usus besar, rektum, alat kelamin pria, testis, paru-paru, hati, perut, nasofaring, dan kandung kemih.

Nilai pertanggungan yang ditawarkan FWD Cancer Protection mulai dari Rp50-150 juta untuk satu polis. Namun, nasabah dapat membeli lebih dari satu polis dengan nilai maksimum pertanggungan Rp500 juta.

 

#2 Cigna For You Serenity

Cigna For Your Serenity adalah asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan dari penyakit kritis, termasuk kanker. Asuransi ini dapat menjadi pilihan untuk memberikan rasa aman dan tenang dalam menghadapi risiko penyakit kritis.

 

#3 Asuransi Mandiri Proteksi Kanker Dini AXA

Asuransi Mandiri Proteksi Kanker Dini adalah produk asuransi sakit kritis yang memberikan perlindungan terhadap penyakit kanker. Asuransi ini memberikan perlindungan hingga 10 tahun dan berlaku hingga tertanggung berusia 70 tahun.

Produk besutan AXA ini menawarkan berbagai manfaat, termasuk:

  1. Manfaat rawat inap akibat penyakit kanker
  1. Manfaat rawat jalan (biaya perawatan penyakit kanker)
  1. Manfaat santunan tunai harian
  1. Manfaat santunan meninggal dunia
  1. Manfaat pengembalian premi

[Baca Juga: Seberapa Penting Punya Asuransi Penyakit Kritis?]

 

#4 Great Cancer Protection

Great Cancer Protection memberikan perlindungan terhadap risiko penyakit kanker dengan manfaat hingga Rp500 juta. Produk ini punya proses pengajuan yang mudah. Premi yang harus dibayarkan juga dapat disesuaikan dengan kemampuan, mulai dari Rp1,2 juta per tahun.

 

#5 SmartMed Cancer Allianz

SmartMed Cancer Allianz merupakan asuransi kesehatan rider pertama di Indonesia yang memberikan perlindungan komprehensif terhadap risiko kanker. Produk ini menawarkan berbagai manfaat, termasuk:

  1. Biaya pengobatan kanker, baik secara medis maupun tradisional
  1. Konseling psikologis
  1. Konsultasi ahli diet
  1. Konsultasi rawat jalan lanjutan
  1. Pemeriksaan diagnostik

 

Sebelum Anda memutuskan membeli produknya, yuk intip video ini untuk mengetahui apa saja yang harus disiapkan ketika.

 

 

Cerita Kanker

Banyak kisah perjuangan pasien kanker inspiratif di sekitar kita. Salah satu cerita yang bisa Anda jadikan pelajaran adalah perjalanan Natasya yang ingin memberikan perlindungan terbaik untuk orang tuanya yang mengidap kanker.

Cerita lengkapnya Anda bisa simak postingan Melvin Mumpuni, CFP di bawah ini. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

 

Jangan Abaikan Penyakit Kanker

Untuk memperingati Hari Kanker Sedunia, Anda bisa memperkaya literasi keuangan dan kesehatan sebagai tindakan preventif untuk mencegah dampak penyakit tersebut.

Untuk Anda yang perlu saran keuangan yang berimbang, silakan berkonsultasi dengan perencana keuangan Finansialku. Selama sesi, Anda akan diarahkan untuk mengatur keuangan sesuai prioritas, termasuk pembayaran premi asuransi kanker. Hubungi 0851 5866 2940 sekarang untuk informasi konsultasi atau klik banner di bawah ini.

konsul - ASURANSI Q3 23

 

Sekian pembahasan tentang Hari Kanker Sedunia. Sampaikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah.

Jangan lupa bagikan artikel ini di media sosial untuk membantu lebih banyak orang mendapat informasi yang valid. Terima kasih!

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

Studi:

  • Aryani Ardiningrum. 2015. Meta Analisis pada Faktor Risiko Terjadinya Kanker Serviks di Indonesia. Surabaya: Universitas Airlangga.
  • Eva Sulistiowati, Dina Bisara Lolong, dan Lamria Pangaribuan. 02 April 2016. Gambaran Penyebab Kematian Karena Kanker di 15 Kabupaten/Kota, Indonesia Tahun 2011 (Profiles the Causes of Cancer Deaths in 15 Districs/Municipalities, Indonesia Year 2011), Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

 

Artikel internet:

  • Indonesia. gco.iarc.fr – https://bit.ly/4997Caq
  • Macam-Macam Kanker Yang Menyerang Tubuh, Mulai Dari Kepala Hingga Darah. ekahospital.com – https://bit.ly/3UeLZBr
  • Worldwide Cancer Data. Wcfr.org – https://bit.ly/48RY04f
  • Ahmad Mudzaffar Fauzan. 24 Oktober 2023. Kisah Merry si Penyintas Kanker Payudara. Antaranews.com – https://bit.ly/3UigXbC
  • Amelia Riskita Putri. 04 Februari 2023. 7 Pilihan Asuransi Kanker untuk Proteksi Diri dan Keluarga. orami.com – https://bit.ly/3SfVVIi
  • Kanya Anindita Mutiasari. 2 Januari 2024. Hari Kanker Sedunia 4 Februari 2024: Tema hingga Sejarah Peringatan. Detik.com – https://bit.ly/3uaPu0Y

 

Sumber Gambar:

  • Cover – Freepik