Belum lolos hasil seleksi CPNS 2019 (administrasi)? Anda masih bisa mengajukan sanggahan melalui portal SSCN lho.

Bagaimana caranya? Simak ulasan Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Hasil Seleksi Administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil 2019

Pendaftaran calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS 2019) telah memasuki tahap seleksi administrasi.

Sesuai jadwal yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Negara (BKN), Senin (16/12/2019) merupakan hari terakhir bagi instansi untuk mengumumkan hasil seleksi administrasi calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Sebelumnya, beberapa instansi Pemerintah sudah mengumumkan hasil seleksi terlebih dahulu karena memang BKN sendiri menetapkan jadwal pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2019 berlangsung pada 12-16 Desember 2019.

Instansi-instansi yang sudah melakukan pengumuman seleksi terdiri atas kementerian, lembaga, serta Pemerintah Kabupaten, Kota, dan Provinsi yang membuka lowongan formasi CPNS 2019.

Sebelum mendapatkan hasil seleksi, pendaftar sebelumnya harus telah mengikuti tahap pendaftaran online pada 11-24 November 2019 lalu.

Sesuai informasi di buku petunjuk pendaftaran SSCN 2019, peserta CPNS 2019 selanjutnya bisa mengecek di laman BKN, yakni login ke SSCN.BKN.go.id, untuk mendapatkan informasi terkait kelulusan dan syarat CPNS 2019 tahap selanjutnya di akun masing masing pelamar.

Gagal Hasil Seleksi CPNS_ Tenang, Masih Bisa Sanggah SSCN! 02

[Baca Juga: Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2019]

 

Jika dinyatakan lulus, pada akun Anda akan muncul tulisan “Selamat Anda lulus tahap administrasi berkas” dan bisa lanjut mengklik tombol di bawah bertuliskan “Cetak kartu peserta ujian”.

Perlu diketahui, kartu peserta ujian CPNS 2019 yang sudah dicetak harus dibawa pelamar saat mengikuti tahapan tes selanjutnya, yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang digelar pada awal 2020.

Khusus bagi pendaftar CPNS 2019 yang masuk kategori tidak memenuhi syarat (TMS), maka masing-masing instansi memberi kesempatan waktu sanggah.

Dikutip dari Siaran Pers Nomor 092/RILIS/BKN/XII/2019 peserta yang dianggap tidak memenuhi syarat adalah pelamar yang telah menginput data dan dokumen sesuai persyaratan pada 11-24 November 2019 namun diverifikasi tidak memenuhi syarat oleh instansi terkait.

Pelamar diberi waktu sanggah maksimal tiga hari setelah pengumuman seleksi administrasi.

 

Cara Sanggah Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2019

Berikut cara menyanggah hasil seleksi administrasi CPNS 2019 via website SSCN:

  1. Buka akun SSCN Anda di SSCN.BKN.go.id dan lakukan login
  2. Klik tombol mengajukan sanggahan
  3. Lalu, akan muncul form sanggah yang disertai kolom “Alasan sanggahan”
  4. Tulis keterangan pada kolom “Alasan sanggah”
  5. Contoh alasan sanggah adalah keterangan bahwa pelamar sudah mengunggah dokumen yang disebut panitia belum terpenuhi
  6. Setelah menulis alasan sanggah pelamar dapat menandai checkbox di bawahnya
  7. Checkbox itu berada di awal keterangan bahwa alasan sanggah dibuat sesuai dengan dokumen sebenarnya
  8. Klik tombol bertuliskan “Akhiri masa sanggah”

 

Tambahan informasi, pelamar TIDAK DIIZINKAN memperbaiki, mengubah, maupun menambah dokumen persyaratan administrasi yang telah diunggah di website SSCN.

BKN menekankan, kesalahan akibat keteledoran pelamar sehingga membuatnya tidak lolos administrasi, maka tidak akan masuk kategori sanggah.

Masa sanggah ini hanya bisa dimanfaatkan oleh peserta yang menganggap dokumen dan isian data yang di-submit telah benar, tetapi dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Bisa (mengubah keputusan akhir). Kemungkinan selalu ada, tergantung instansi. Kalau instansi yang kita lamar melihat sanggahan kita benar, kemudian akan ada kemungkinan yang tadinya TMS (tidak memenuhi syarat) itu diubah menjadi MS (memenuhi syarat),” ujar Mohammad Ridwan, PLH Kepala Biro Humas BKN.

 

Anda punya pengalaman mengikuti CPNS yang bisa dibagikan? Ceritakan saja di kolom komentar di bawah.

Jangan lupa bagikan artikel bermanfaat ini pada rekan-rekan Anda, terutama mereka yang belum lulus seleksi administrasi CPNS. Terimakasih!

 

Sumber Referensi:

  • Addi M Idhom. 16 Desember 2019. Cara Mengetahui Lulus Administrasi & Mengajukan Sanggahan CPNS 2019. Tirto.id – http://bit.ly/38Hrzql
  • Mela Arnani. 16 Desember 2019. Ada 81.099 Sanggahan di SSCN, Apa yang Paling Banyak Disanggah Pelamar CPNS 2019?. Kompas.com – http://bit.ly/35t8WUZ
  • Rosmha Widiyani. 16 Desember 2019. Cek di Laman SSCN, Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2019 di 37 Lembaga. News.detik.com – http://bit.ly/36IuzBa
  • Arif Fajar Nasucha. 16 Desember 2019. Cara Memanfaatkan Masa Sanggahan Melalui SSCN BKN Bagi Pelamar TMS, Waktunya Hanya 3 Hari. Tribunnews.com – http://bit.ly/38Hy906

 

Sumber Gambar:

  • Hasil seleksi CPNS – http://bit.ly/2PrOoqm
  • Infografis Sanggah SSCN – http://bit.ly/2thUGAj