Pabrik rokok HM Sampoerna berakhir tumbang, tak tahan serangan masif corona, lakukan PHK pada 7894 karyawan!

Simak informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Sempat Bertahan, Sekarang HM Sampoerna Harus Angkat Bendera Putih, PHK 7894 Karyawan!

PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) akhirnya bertekuk lutut pada serangan masif pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia.

Sebanyak 7.894 karyawan berakhir di-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) sebagai imbas dari pembatasan operasional pabrik.

Hal ini tertulis dalam dokumen permintaan penjelasan terkait dampak pandemi Covid-19 di situs BEI, sebagaimana ditulis finance.detik.com, Minggu (23/08).

Dengan begitu, tersisa sebanyak 22.968 karyawan di PT HM Sampoerna Tbk. baik tetap maupun tidak tetap.

Sebagaimana kita ketahui, sebelumnya PT HM Sampoerna Tbk. sempat menghentikan sementara kegiatan produksi pada awal 2020 lalu, karena terdapat karyawan yang positif terpapar virus corona.

Kemudian berselang satu bulan kemudian, tepatnya pada 9 Juni 2020, mulai kembali peroperasi.

Meski termasuk tidak terlalu ‘beristirahat’, tapi pendapatan konsolidasian HMSP pada periode kuartal pertama 2020 lalu diperkirakan mengalami penurunan kurang dari 25 persen, sebagaimana disampaikan secara tertulis, dikutip laman cnbcindonesia.com, Minggu (23/08).

Bisnis Keluarga 03 (PT Sampoerna) - Finansialku

[Baca Juga: Kena PHK! Ini Peluang & Tips Bisnis Sumber Penghasilan Barumu]

 

Sebelumnya, saat dilakukan penghentian produksi sementara, pihak PT HM Sampoerna secara tegas mengatakan kalau pihaknya tidak akan melakukan pengurangan karyawan meski ada penghentian produksi secara sementara.

Ini disampaikan langsung oleh Presiden Direktur HM Sampoerna, Mindaugas Trumpaitis.

“Mewujudkan apa yang tertuang dalam Falsafah Tiga Tangan Sampoerna, maka fokus kami tertuju pada karyawan, mitra usaha, dan masyarakat luas. bagi kami, tidak ada yang lebih penting dari kesehatan, keselamatan, serta jaminan stabilitas ekonomi mereka dalam menghadapi masa sulit ini.” Tegasnya, dikutip laman money.kompas.com, Rabu (29/04).

“Perusahaan telah mengumumkan kepada karyawan untuk memberi stabilitas ekonomi selama masa pandemi Covid-19. Kami percaya, hal ini sangat penting agar demi menjaga semangat dan optimisme setiap karyawan hingga melewati situasi yang tidak menentu ini.” Katanya, dikutip laman tribunnews.com, Jumat (01/05).

Dia juga mengatakan kalau HM Sampoerna semakin fokus dalam meningkatkan protokol kesehatan yang ketat dalam melakukan kegiatan usaha sesuai anjuran pemerintah dan WHO.

“Upaya itu antara lain pembatasan kegiatan karyawan, penyediaan tempat cuci tangan dengan sabun, pemeriksaan kesehatan, dan jaga jarak fisik. Sampoerna mengharuskan wanita sedang hamil atau yang berusia di atas 50 tahun untuk bekerja dari rumah.” Lanjutnya.

Bukan cuma itu, HM Sampoerna juga malah berkomitmen untuk memastikan kalau setiap karyawan tetap mendapatkan kompensasi yang sama seperti sebelumnya meski pekerjaan tidak bisa dilakukan maksimal, bahkan telah menyiapkan bonus khusus untuk karyawan yang memegang fungsi kritikal dan masih diharuskan hadir ke kantor.

“Sampoerna percaya bahwa karyawan adalah bagian tak terpisahkan dari kesuksesan bisnis perusahaan. Maka mutlak, kami harus mengerahkan berbagai upaya untuk membantu semua pihak khususnya karyawan dalam menghadapi tantangan. Hal ini juga merupakan bentuk usaha perusahaan dalam mendukung pemerintah menangani krisis global yang terjadi.” Pungkasnya.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Pada akhirnya, tidak ada sektor yang bisa berdiri kokoh dari terpaan virus corona di Indonesia. Satu per satu melepas karyawan mereka untuk bertahan hidup hingga pandemi selesai.

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku mengenai kabar ini? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Sobat Finansialku juga bisa mendiskusikan berita ini bersama dengan teman-teman lewat pilihan platform yang tersedia. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 29 April 2020. HM Sampoerna Sebut Tak PHK Karyawan di Tengah Virus Corona. Money.kompas.com – https://bit.ly/2YoSOT6
  • Danang Sugianto. 23 Agustus 2020. Diserang Corona, HM Sampoerna Sudah Rumahkan 7.894 Karyawannya. Finance.detik.com – https://bit.ly/2Qi0HVQ
  • Raden Jihad Akbar. 24 Agustus 2020. Bisnis Terdampak Corona, 7.894 Karyawan Sampoerna Dirumahkan. Viva.co.id – https://bit.ly/2FS3zqI
  • Syahrizal Sidik. 23 Agustus 2020. Parah Nih! Efek Corona, HM Sampoerna Rumahkan 7.894 Karyawan. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/31n7CUb
  • Lestari Ningsih. 29 April 2020. Ini Mah Kebal Corona! Udah Nihil PHK, Eh Bos HM Sampoerna Malah Bagi-Bagi Bonus ke Karyawan. Wartaekonomi.co.id – https://bit.ly/3hpkoHs
  • Reynas Abdila. 01 Mei 2020. Pabrik Tutup Sementara, HM Sampoerna Tegaskan Tak Ada PHK. Tribunnews.com – https://bit.ly/2Qm7FJH