Punya hobi yang menghasilkan uang adalah impian banyak orang. Lantas, bagaimana mengasah hobi agar mendatangkan keuntungan?

Simak pembahasan Finansialku berikut untuk informasi selengkapnya!

 

  • Terdapat sejumlah hobi yang bisa dimanfaatkan sebagai jalan untuk mendapatkan cuan, selain menekuni kegemaran semata.
  • Agar hobi dapat menghasilkan uang, tekuni dan pahami kebutuhan serta target pasar saat ini.

 

Daftar Hobi yang Menghasilkan Uang

Setiap orang punya hobi. Biasanya, mereka melakukan hal-hal yang digemari untuk mengisi waktu luang.

Di era digital, ada beberapa hobi yang bisa menghasilkan uang. Dengan cara ini, kamu bisa melakukan hal-hal yang disukai sambil tetap mendapat keuntungan finansial.

Lantas, apa saja hobi yang menghasilkan uang? Simak ulasan berikut ini:

 

#1 Traveling

Sudah bukan rahasia lagi kalau traveling adalah satu hobi yang menghasilkan uang.

Selain menghilangkan kepenatan dari tempat kerja, kamu bisa menjajal membuat konten video, menjadi pemandu wisata, sampai membuka jasa titip (jastip).

 

#2 Fotografi

Fotografi merupakan salah satu hobi yang digemari masyarakat. Selain menyenangkan, fotografi juga bisa menjadi peluang untuk menghasilkan uang.

Sebab, fotografi memiliki banyak bidang penerapan, mulai dari bidang promosi, konten pemasaran, acara khusus, hingga seni.

Untuk dapat menghasilkan uang dari hobi fotografi, kamu perlu punya keterampilan dasar fotografi, seperti penguasaan teknik pengambilan gambar, komposisi, dan pengeditan foto.

Selain itu, pertimbangkan untuk membangun portofolio foto yang berkualitas.

 

#3 Menulis

Menulis merupakan salah satu hobi yang menghasilkan uang. Terdapat berbagai jenis tulisan yang dapat dimonetisasi, seperti cerita fiksi, nonfiksi, artikel, dan copywriting.

Individu yang gemar membuat tulisan fiksi dapat mempublikasikan karya secara mandiri melalui kanal baca online atau mengirimkan naskah ke penerbit. Bagi penulis artikel, dapat bekerja sebagai content writer atau copywriter.

Secara umum, menulis dapat menjadi peluang untuk menambah pemasukan bulanan, dengan catatan memiliki keterampilan menulis yang baik dan konsistensi dalam berkarya.

 

#4 Memasak

Bisnis kuliner online adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan saat ini. Pasalnya, makanan merupakan kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Peluang usaha ini dapat dijangkau oleh siapa saja, termasuk kamu yang baru memulai usaha.

Menariknya, bisnis kuliner online tidak butuh modal besar. Kamu dapat memulainya dengan sistem preorder untuk memastikan jumlah produksi. Setelah berkembang, kamu dapat berjualan secara online atau bekerja sama dengan layanan ekspedisi.

[Baca Juga: Harga Bahan Baku Naik! Begini Strateginya untuk Bisnis Kuliner]

 

#5 Menggambar

Hobi menggambar tidak hanya dapat menjadi sarana hiburan, tetapi juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan.

Dengan keterampilan menggambar yang mumpuni, kamu bisa menjual karya atau menawarkan jasa gambar. Jika tertarik, kamu dapat memajang karya di situs web portofolio atau media sosial.

Jika lebih suka karya seni digital, kamu bisa membangun karier di industri kreatif. Silakan masukkan aplikasi lamaran di perusahaan yang bergerak di bidang desain, animasi, atau gim.

Kamu juga bisa menjadi komikus. Saat ini, ada banyak platform membaca komik online berbayar yang bisa digunakan untuk mempublikasikan karya.

 

#6 Berkebun

Pandemi COVID-19 mengubah kebiasaan masyarakat, termasuk minat terhadap tanaman.

Tren berkebun menjadi semakin populer, baik tanaman pangan maupun tanaman hias. Hal ini membuka peluang bisnis bagi pecinta tanaman.

Dengan pengetahuan dan pengalaman berkebun, kamu bisa menjual tanaman hasil budidaya, mulai dari bibit hingga tanaman yang sudah tumbuh.

Minat masyarakat yang tinggi akan tanaman juga menjadi faktor pendorong keuntungan bisnis ini. Harga tanaman dapat bervariasi tergantung ukuran, jenis, dan kelangkaan.

 

#7 Desain Grafis

Ketertarikan pada desain grafis dan kemampuan menggunakan aplikasi desain merupakan modal awal untuk menjadi seorang desainer grafis.

Desain grafis memiliki berbagai jenis pekerjaan yang dapat dipilih sesuai dengan minat dan kemampuan.

Content creator dapat membuat desain template untuk media sosial, presentasi, dan poster.

Desainer grafis atau desainer logo dapat membuat ilustrasi, menggambar icon digital, dan desain logo. UI designer mendesain website atau aplikasi.

Bidang ini punya lingkup yang luas. Sehingga, kamu bisa memilih profesi yang paling cocok.

[Baca Juga: 7 Prospek Kerja Desain Grafis Yang Paling Menguntungkan]

 

#9 Bermain Gim

Bermain gim merupakan aktivitas yang menyenangkan dan bisa menjadi hobi yang menghasilkan uang.

Bermain gim ini dapat dikembangkan menjadi profesi yang menguntungkan, seperti menjadi atlet e-sport, influencer gim, atau YouTuber gaming.

 

#9 Belanja

Hobi berbelanja sering kali diikuti dengan pengeluaran yang tidak sedikit. Untuk memaksimalkan pemanfaatan barang belanjaan, kamu bisa menjadi content creator di bidang fashion.

Content creator dapat membagikan haul barang belanjaan, tips memilih barang, atau konten menarik lainnya. Jika konten memiliki banyak penonton, bisa memonetisasinya.

 

#10 Public Speaking

Menjadi podcaster merupakan salah satu cara efektif untuk mengasah kemampuan komunikasi.

Podcast adalah format audio yang memungkinkan pembicara untuk menyampaikan ide dan gagasan kepada audiens secara lebih personal.

Hal ini menjadikan podcast sebagai media yang ideal untuk mengembangkan kemampuan komunikasi, seperti kemampuan berbicara di depan umum, berpikir kritis, dan mengekspresikan diri secara jelas dan menarik.

Selain itu, menjadi podcaster juga dapat membuka peluang usaha baru, seperti menjadi host atau penyiar radio.

Dengan menjadi podcaster, kamu punya kesempatan mengenal banyak orang dengan berbagai karakter yang berbeda. Hal ini akan membantu memahami cara berkomunikasi yang efektif.

 

#11 Hobi Mengulik Teknologi

Mengulik teknologi adalah salah satu hobi yang menghasilkan uang. Ketertarikan pada bidang teknologi dapat memberikan peluang besar untuk bekerja sebagai pembuat aplikasi, web developer, atau analis sistem.

Kamu juga bisa membuka jasa bug bounty atau maintenance.

 

#12 Dekorasi

Tren dekorasi rumah pasca pandemi membuka peluang bagi hobi mendekorasi rumah menjadi karier profesional.

Untuk memulai karier sebagai desainer interior, dibutuhkan kualifikasi yang sesuai, seperti pendidikan formal di bidang desain interior, sertifikasi, dan pengalaman kerja.

Selain itu, desainer interior juga perlu punya peralatan dan perlengkapan yang memadai, serta membangun portofolio yang meyakinkan.

 

#13 Membuat Video

Hobi yang menghasilkan uang berikutnya adalah membuat video. Kamu bisa membuka layanan dokumentasi acara, membuat iklan, video profil perusahaan, sampai kompetisi.

Kamu harus punya perlengkapan dasar untuk menjadi kreator video, seperti kamera video, memori kamera, tripod, lensa, dan software editing.

Untuk permulaan, gunakan peralatan yang sudah ada atau menyewanya.

 

#14 Crafting

Hobi crafting menjadi tren dan berpotensi menjadi peluang bisnis menjanjikan. Untuk memulai bisnis ini, diperlukan peralatan dan perlengkapan yang memadai.

Kamu juga perlu menyiapkan website atau laman marketplace untuk menampilkan koleksi kerajinan dan memudahkan transaksi.

Jika ingin membuka kursus kerajinan tangan, siapkan asuransi untuk menjamin keselamatan peserta.

Nah, untuk menentukan asuransi yang tepat, Sobat Finansialku bisa pelajari lewat ebook gratis berikut ini Solusi Asuransi Sesuai Kebutuhan Kamu.

 

#15 Bermusik

Bermain musik bisa menjadi hobi yang menghasilkan uang jika ditekuni secara serius. Peralatan yang dibutuhkan bervariasi, tergantung pada tujuan bermain musik.

Untuk membuat musik, diperlukan digital audio workstation dan headphone studio. Untuk menjadi guru musik, kamu harus punya sertifikasi.

Sementara itu, untuk membangun profil dan networking, silakan berlangganan platform musik digital.

hobi yang menghasilkan uang 1

Ilustrasi Bermusik. Sumber: Shutterstock.com

 

#16 Olahraga

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga dapat menjadi sumber penghasilan. Hal ini didukung oleh semakin banyaknya orang yang sadar akan pentingnya kesehatan tubuh.

Terdapat berbagai cara untuk menjadikan olahraga sebagai hobi yang menghasilkan uang, salah satunya dengan menjadi personal trainer. Untuk menjadi personal trainer yang profesional, perlu adanya sertifikasi PT.

Selain itu, organizational skill dan akun media sosial yang kuat juga penting untuk membangun personal branding.

 

#17 Merawat Hewan Peliharaan

Pecinta hewan yang punya keterampilan dan pengetahuan yang memadai dapat memulai bisnis yang berhubungan dengan hewan peliharaan.

Beberapa ide bisnis yang menjanjikan antara lain jasa penitipan hewan, pelatihan hewan, perawatan hewan, dan penjualan produk hewan.

Untuk menjalankan bisnis ini, diperlukan kualifikasi atau pelatihan khusus, peralatan yang memadai, dan tenaga kerja yang kompeten.

Selain itu, perhatikan juga cara mengelola keuangan bisnis agar operasional bisa berjalan lancar. Selengkapnya, simak YouTube Finansialku berikut ini dan jangan lupa subscribe, ya!

 

 

Cara Menekuni Hobi yang Menghasilkan Uang

Berikut adalah cara menekuni hobi yang menghasilkan uang:

 

#1 Cari Tahu Hobi yang Memberi Keuntungan

Hobi dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Dengan begitu, seseorang bisa mendapat kesenangan sambil mendapat penghasilan.

Sebelum menjadikan hobi sebagai usaha, penting untuk memastikan bahwa hobi tersebut memiliki nilai jual dan dapat memenuhi kebutuhan pasar. Selain itu, hobi yang dipilih juga harus sesuai dengan minat dan bakat kamu.

 

#2 Dalami Hobi Kamu

Jika punya hobi yang menghasilkan uang, silakan dalam kegemaran tersebut. Misal, jika hobi menulis, silakan konsisten membuat tulisan dan membaca banyak jenis tulisan.

Lebih banyak berinteraksi dengan hobi akan memudahkanmu mendapat uang dari sana.

 

#3 Bergabung ke Komunitas

Bergabung dengan komunitas adalah langkah efektif untuk mengembangkan hobi.

Selain menambah ilmu dan wawasan, komunitas juga dapat menjadi wadah untuk berbagi pengalaman dan bertukar pikiran dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.

Hal ini dapat meningkatkan motivasi dan semangat untuk menekuni hobi tersebut.

Selain itu, komunitas juga dapat menjadi peluang usaha bersama jika hobi yang ditekuni memiliki potensi komersial.

 

#4 Promosi

Kemajuan teknologi memudahkanmu mempromosikan karya, termasuk dengan memanfaatkan media sosial.

Meskipun tidak selalu berhasil, janganlah takut untuk mencoba. Kegagalan justru bisa menjadi motivasi untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas karya.

Kamu juga dapat bergabung dengan situs freelancer untuk menawarkan karya atau jasa.

 

#5 Disiplin

Disiplin adalah kunci meraih kesuksesan. Dengan disiplin, kamu bisa menjalankan hobi dengan konsisten dan profesional.

Hal ini penting, terutama jika ingin menjadikan hobi sebagai peluang usaha atau mesin penghasil uang.

 

#6 Temukan Pasar

Setelah menentukan hobi yang menguntungkan, penting untuk menentukan target pasar. Hal ini dapat dilakukan dengan memahami kebutuhan dan tren pasar saat ini.

Misalnya, jika Anda senang membuat desain, pelajari bahasa desain terkini. Selanjutnya, tentukan strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau target pasar Anda.

 

Selamat Datang Cuan!

Hobi bisa menjadi ajang memperoleh pendapatan jika ditekuni dengan serius. Usai mendapat penghasilan, kamu harus mengaturnya dengan tepat agar berdampak terhadap masa depan keuangan yang lebih baik.

Jika kesulitan mengatur keuangan sendiri, kamu bisa ikuti panduannya dalam ebook Cara Mengatur Keuangan dengan Mudah.

Lebih lanjut, kamu pun bisa dapatkan strategi yang tepat sesuai kondisi dan tujuan keuanganmu, langsung dari ahlinya!

Yuk, manfaatkan layanan FREE Konsultasi selama 20 menit (seharga Rp250.000) bersama Perencana Keuangan Finansialku. Atur jadwal konsultasimu dengan cara klik banner di bawah ini atau hubungi WhatsApp 0851 5866 2940.

Free FCU

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Sekian ulasan tentang hobi yang menghasilkan uang. Bagaimana tanggapan kamu tentang topik ini? Yuk, sampaikan di kolom komentar.

Jangan lupa bagikan artikel ini di media sosial untuk membantu temanmu yang butuh penghasilan tambahan. Terima kasih!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

  • Admin. 05 Oktober 2023. 10 Hobi yang Menghasilkan Uang di Era Digital. Ocbc.id – https://bit.ly/3vHx3Sc
  • Admin. Tips Memanfaatkan Hobi Sebagai Peluang Usaha. Mufdana. muf.co.id – https://bit.ly/48CoKW9
  • Arum Rifda. 2022. 10+ Hobi Ini Bisa Menjadi Ladang Penghasil Uang. gramedia.com – https://bit.ly/3vGxxrB
  • Astrid. 14 Februari 2022. 19 Hobi yang Menghasilkan Uang di Era Digital (2022). Zyro.com – https://bit.ly/3TXYeCc