Indonesia akan kebagian fenomena hujan meteor pertengahan Maret nanti. Catat tanggal dan waktunya yuk!

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Hujan Meteor Akan Hiasi Langit Indonesia

Hujan meteor dikabarkan akan berlangsung pekan depan, tepatnya tanggal 14 Maret. Fenomena hujan meteor, bernama meteor γ-Normid (Gamma Normid) ini sebetulnya sudah dimulai sejak 25 Febuari lalu hingga 28 maret mendatang.

Staf peneliti Observatorium Bosscha, Denny Mandey, memaparkan jumlah meteor γ-Normid yang terlihat akan lebih banyak pada awal fenomena itu berlangsung.

“Puncak hujan meteor terjadi ketika Bumi masuk ke wilayah dengan jumlah sumber meteor (puing-puing komet atau asteroid) yang lebih tinggi,”

 

Lebih lanjut, puncak hujan meteori γ-Normid ini bisa disaksikan di segenap penjuru wilayah Indonesia.

Berdasarkan publikasi, fenomena alam ini akan berlangsung pada pukul 21.38 waktu lokal dan tenggara.

Denny juga menyampaikan setiap hari Bumi kejatuhan meteor dengan jumlah berat bisa mencapai beberapa ton per hari.

Di samping itu, tingkat bahaya hujan meteor bisa terukur lewat besar kecilnya puing-puing komet atau asteroid yang masuk ke atmosfer bumi.

“…Kalau berukuran cukup besar dan tidak habis terbakar di atmosfer maka sisanya (meteorit) ketika jatuh di wilayah berpenghuni tentu saja berbahaya,”

 

Masyarakat akan melihat meteor seolah muncul dan menyebar dari satu titik di langit ketika fenomena ini terjadi yang disebut radian.

Adapun fenomena hujan meteor γ-normid, lanjutnya radian berada di antara rasi Norma dan Lupus.

“Untuk wilayah Indonesia Bagian Barat, radian baru terbit (muncul dari horizon tenggara) pada pukul 21.38 WIB. Jadi, Kita baru dapat menyaksikan hujan meteor mulai pukul 21.38 WIB sampai menjelang matahari terbit,”

 

Untuk melihat fenomena itu masyarakat dapat melihat tanpa alat bantu dalam kondisi langit gelap.

Melansir dari CNN Indonesia dari In The Sky, selama periode puncak akan ada peluang untuk melihat meteor Norm-Normid setiap kali titik pancaran di konstelasi Norma berada di atas cakrawala, dengan jumlah meteor yang terlihat semakin tinggi di atas titik radiasi langit.

Hujan meteor muncul ketika Bumi melewati aliran puing yang tertinggal setelah komet dan asteroid.

Seiring waktu, potongan-potongan puing yang menyerupai pasir di aliran ini menyalurkan diri sepanjang orbit objek induk di sekitar tata surya.

Catat! Bakal Ada Hujan Meteor di Langit Indonesia di Tanggal Ini 02

[Baca Juga: Merapi Muntahkan Asap Erupsi Di Tengah Serangan Corona]

 

Bintang jatuh terlihat setiap kali salah satu serpihan ini bertabrakan dengan atmosfer Bumi, biasanya terbakar pada ketinggian sekitar 70 hingga 100 km.

Pada hari-hari tertentu dalam setahun, orbit Bumi melewati aliran yang sangat padat yang terkait dengan komet atau asteroid yang telah mengalirkan sejumlah besar material padat ke luar angkasa, dan menimbulkan hujan meteor tahunan.

Fenomena bintang jatuh itu berulang setiap tahun setiap kali Bumi melewati titik tertentu dalam orbitnya dan melintasi aliran material tertentu.

Apakah Sobat Finansialku tahu jika sejumlah orang percaya apabila kita mengucapkan permohonan saat bintang jatuh, maka permohonan itu akan terkabulkan.

Jika itu benar terjadi, apa permohonan yang akan Sobat Finansialku minta?

 

Mungkin fenomena ini bisa menjadi momen untuk meredakan kekhawatiran kita sejenak dari berita dan peristiwa yang terjadi di dunia.

Bagaimana tanggapan Sobat Finansialku mengenai artikel ini? Kalian bisa memberi komentar pada kolom komen di bawah ini! Sebarkan juga informasi ini kepada kawan dan sanak-saudara. Semoga bermanfaat, ya!

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 03 Maret 2020. Hujan Meteor Bakal Guyur Langit Indonesia 14 Maret. CNN Indonesia – https://bit.ly/2Iak1R7

 

Sumber Gambar:

  • Meteor 01 – http://bit.ly/2TsCrSg
  • Meteor 02 – http://bit.ly/3ckPhux