BEI akan luncurkan indeks IDX Quality 30 untuk bantu para value investor Indonesia. Simak penjelasannya berikut ini!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

BEI: Indeks Quality 30 Bisa Menjadi Acuan Investor

Kabar baik untuk para investor, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan meluncurkan indeks IDX Quality 30 (IDXQ30) bulan depan, tepatnya tanggal 10 Agustus 2020.

Indeks tersebut mengukur 30 saham yang secara historis memiliki profitabilitas tinggi, solvabilitas baik, pertumbuhan laba yang stabil, serta kinerja keuangan yang baik.

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengatakan Indeks Quality 30 bisa menjadi acuan investor atau Manajer Investasi (MI) untuk mengukur kinerja portofolio investasinya.

Terlebih Indeks ini sangat sesuai bagi para investor yang menganut paradigma value investing.

“Jadi teman-teman investor yang selama ini punya referensi value investing, itu bisa menggunakan IDXQuality30 sebagai benchmark,” katanya mengutip dari Katadata, Kamis (30/07).

IDX80 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Memilih Saham Murah yang Bukan Saham Murahan, Apa Bedanya?]

 

Dia pun berharap produk baru ini kembali disambut positif oleh para MI, seperti halnya dua produk sebelumnya yakni Indeks IDX Value30 dan Indeks IDX Growth30.

“Harapannya para MI menerbitkan produk-produk turunannya. “Kemungkinan MI bisa menerbitkan produk-produk turunan lainnya,” jelasnya.

Untuk diketahui, IDX Quality 30 adalah index factor yang dibuat untuk melengkapi faktor index yang sebelumnya telah diterbitkan.

Perbedaan secara umum dapat dilihat dari kinerja perusahaan-perusahaan tercatat secara historis relatif dari aspek-aspek profitabilitas yang cukup tinggi, solvabilitas cukup baik dan kita lihat pertumbuhan laba yang stabil.

Berdasarkan pengujian dalam rentang waktu 4 Februari 2014 hingga 30 Desember 2019, kinerja indeks IDX Quality 30 berada di level 58,33 persen, outperform dari IDX80 yang masing-masing tumbuh 44,74 persen dan 37,45 persen.

Begitu pula jika ditarik lebih jauh hingga kondisi pasar terbaru yakni 27 Juli 2020.  Dalam rentang waktu tersebut IDX Quality 30 masih mengungguli kinerja IHSG dan IDX80 dengan pertumbuhan 28,19 persen, sedangkan IHSG ada di level 17,56 persen dan IDX80 9,49 persen.

“Dia jauh banget nih dibandingkan IHSG. Tapi dia juga turun juga nih tahun ini tapi waktu market bullish kemarin jadi gede lagi. Sebuah hal yang menarik juga. Jadi secara back testing dia memang lumayan,” kata Kepala Unit Pengembangan Produk I Bursa Efek Indonesia, Kautsar Primadi Nurahmad, mengutip Bisnis.

Adapun proses seleksi IDX Quality 30 dilakukan atas 80 saham yang merupakan anggota Indeks IDX 80.

Ke-80 saham tersebut disaring berdasarkan variabel-variabel kualitas fundamental yang telah ditentukan, yaitu rasio return on equity (ROE), rasio debt to equity (DER), dan earning variability.

Lalu, 30 saham dengan nilai kualitas fundamental tertinggi akan terpilih menjadi konstituen Indeks IDX Quality 30.

Metode perhitungannya menggunakan metode Capped Free-Float Market Capitalization Weighted & Quality Factored.

Indeks ini memakai kapitalisasi pasar free float sebagai bobot dan dilakukan penyesuaian menggunakan nilai kualitas fundamental dari masing-masing saham.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Selanjutnya akan dilakukan pembatasan bobot (capping) suatu saham dalam indeks paling tinggi adalah 15 persen pada saat evaluasi.

Seperti halnya indeks lain di bursa, nantinya IDXQ30 juga akan dilakukan evaluasi rutin baik mayor maupun minor.

Secara mayor, evaluasi dilakukan setiap Januari dan Juli, kemudian berlaku efektif pada bulan Februari dan Agustus.

Sementara evaluasi minor dilakukan pada April dan Oktober, kemudian berlaku efektif pada Mei dan November.

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

 

Sumber Referensi:

  • Muchammad Egi Fadliansyah. 29 Juli 2020. Jadi Acuan Baru Investor, BEI Luncurkan IDX Quality30 Agustus 2020. Katadata.co.id – https://bit.ly/39F8hmp
  • Kenia Intan. 29 Juli 2020. BEI akan meluncurkan indeks baru IDX Quality30 bulan depan. Medcom.co.id – https://bit.ly/39IqAay
  • Annisa Ayu Artanti. 29 Juli 2020. Mulai Agustus BEI Resmi Luncurkan IDX Quality 30. Kontan.id – https://bit.ly/3fiSISQ
  • Aditya Pratama. 29 Juli 2020. Investor Ini Akan Cocok dengan Indeks IDX Quality 30, Apa Itu? Economy.okezone.com – https://bit.ly/2BH1ood
  • Dhiany Nadya Utami. 29 Juli 2020. Kinerja Diramal Moncer, IDX Quality 30 Bisa Jadi Pilihan Reksa Dana Indeks. Bisnis.com – https://bit.ly/2P9E3i8