Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 24 Juli 2020 mendatang akan  sahkan mantan menteri Ignasius Jonan sebagai Komisaris Unilever.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Ignasius Jonan Jadi Komisaris Unilever

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan akan segera diangkat menjadi komisaris independen PT Unilever Indonesia Tbk.

Pengangkatan Jonan menjadi salah satu agenda dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Unilever yang akan digelar bulan depan, 24 Juli 2020.

Direktur Governance & Corporate Affairs sekaligus Sekretaris Perusahaan Unilever Sancoyo Antarikso membenarkan hal tersebut.

“Benar. Bapak Ignasius Jonan akan diusulkan untuk diangkat sebagai Komisaris Independen dalam RUPST tanggal 24 Juli mendatang,” kata Sancoyo sebagaimana dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (26/06).

Sekadar informasi Sobat Finansialku, nama Ignasius Jonan tak bisa terlepas dari pengalamannya memimpin berbagai lembaga.

Lembaga yang pernah ditempati Jonan adalah Citibank, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), dan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Selain itu juga, lelaki berumur 57 tahun ini sempat menjadi Menteri Perhubungan (2014-2016) hingga Menteri ESDM (2016-2019).

Eks Menteri ESDM Ignasius Jonan Bakal Jadi Komisaris Unilever 02

[Baca Juga: Kisah Sukses Dahlan Iskan dari Pengusaha Sukses Hingga Menteri!]

 

Jonan lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga, Surabaya dengan jurusan akuntansi.

Kemudian mendapat gelar Master of Arts in International Relations and Affairs dari Fletcher School of Law and Diplomacy, Tufts University, Amerika Serikat.

 

Direktur Lainnya

Selain mengangkat Jonan, Unilever juga mengangkat satu direktur baru yaitu Badri Narayana. Badri merupakan warga negara India yang akan memimpin bagian penjualan perusahaan.

Badri bukan orang baru di Unilever. Ia sudah bergabung dengan Unilever pada tahun 2000 sebagai Area Sales and Customer.

Dua peran terakhirnya adalah sebagai Wakil Presiden Global yang berbasis di India dan Wakil Presiden Global, B2B e-Commerce and Route to Market yang juga berada di India.

 

Agenda RUPST

Adapun Unilever Indonesia akan melaksanakan RUPST pada Jumat (24/7/2020) yang berlokasi di Grha Unilever, BSD City, Tangerang.

Terdapat empat agenda yang akan dilaksanakan dalam rapat tersebut, antara lain pengesahan laporan keuangan dan persetujuan laporan tahunan perusahaan untuk tahun buku 2019.

Kemudian, dalam rapat ini perusahaan akan menetapkan penggunaan laba bersih perusahaan untuk tahun buku 31 Desember 2019.

Selain itu juga, menurut berita yang tersebar, rapat ini akan meminta persetujuan penunjukan kantor akuntan publik (KAP) untuk mengaudit laporan keuangan untuk tahun 2020.

Terakhir adalah pengangkatan anggota direksi dan komisaris perusahaan bersamaan dengan penetapan renumerasi tahun ini.

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan! Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

 

Sumber Referensi:

  • Fajar Pebrianto. 26 Juni 2020. Ignasius Jonan Segera Diangkat Menjadi Komisaris Baru Unilever. Tempo.co – https://bit.ly/3eAdrSr
  • Monica Wareza. 25 Juni 2020. Eks Menteri ESDM Ignasius Jonan Berlabuh ke Unilever. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2VmMha9
  • Danang Sugianto. 25 Juni 2020. Jonan Bakal Jadi Komisaris Unilever. Detik.com – https://bit.ly/3g0G0Zo

 

Sumber Gambar:

  • Jonan 01 – https://bit.ly/3i1dsAR
  • Jonan 02 – https://bit.ly/31lCi8G