Ada perbedaan antara sariawan biasa dan gejala Covid-19. Namun, secara umum, gejala Covid-19 pada mulut itu sebanyak 20-25 persen.

Ketahui selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Ayobandung.com

 

Bedanya Sariawan Generik dan Gejala Covid-19

Sariawan biasa dan gejala Covid-19 ternyata berbeda. Tak hanya demam, batuk serta sesak napas, gejala lain dari Covid-19 ternyata juga bisa dilihat dari munculnya sariawan.

Meski demikian, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) prof. dr. Zubairi Djoerban mengatakan bahwa gejala itu hanya ditemukan pada sedikit pasien infeksi Covid-19.

“Sekitar 6-7 persen. Secara umum, gejala Covid-19 pada mulut itu sebanyak 20-25 persen. Lalu, bagaimana bedakan sariawan biasa dengan Covid-19? Yang jelas, jangan langsung menduga jika sariawan itu pasti Covid-19,” ucap Prof. Zubairi dikutip dari cuitannya di media sosial.

 

Menurutnya, sariawan bisa diduga sebagai gejala Covid-19 jika disertai dengan panas tinggi, batuk kering, diare, kehilangan penciuman dan konjungtivitas.

Jika hanya sariawan yang dikeluhkan, kemungkinan penyakit yang diderita menjadi sangat banyak.

Misalnya, ia mencontohkan, pada pasien Lupus juga sering mengalami sariawan. Demikian pula orang yang terlalu lama minum antibiotik, orang dengan HIV-AIDS, tergigit saat makan, hingga kekurangan vitamin C.

Tetapi yang harus diperhatikan justru gejala Covid-19 yang paling sering muncul.

“Yang paling sering muncul adalah gejala demam yang panasnya lebih dari 37,5 derajat. Kedua adalah batuk kering. Kemudian yang ketiga, rasa lelah yang tak berkesudahan,” paparnya.

 

Sedangkan gejala serius yang paling sering ditemui pada pasien Covid-19 adalah sesak napas, rasa nyeri dada, rasa tertekan di dada, tidak bisa bicara hingga bangun dari tidur.

 

Tetap terapkan protokol kesehatan, ya, kemana pun kalian bepergian. Memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumuman dan kalau bisa mengurangi mobilitas.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku dengan ayobandung.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya ayobandung.com.

 

banner -Bagaimana Membantuk Money Habit yang Sehat (1)

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/394HAZx