Apa saja keuntungan investasi lahan kosong yang bisa didapat? Sebelum hitung keuntungan, cari tahu dulu jenis-jenisnya.

Ayo simak sampai habis artikel Finansialku ini agar dapat inspirasi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Tren Investasi Lahan Kosong: Prospektif Nggak, ya?

Investasi lahan kosong saat ini menjadi bisnis yang menjanjikan bagi kalangan pebisnis khususnya bisnis properti. Investasi ini cepat mendapatkan keuntungan apabila dijalankan dengan benar dan telah mempelajari tips dari berbagai sumber.

Investasi yang berupa lahan kosong dilakukan dengan cara membeli lahan dan akan dijual kembali pada saat harga naik. Untuk mendapatkan keuntungan lebih, maka Anda dapat mempelajari tips dalam artikel ini.

 

Tips Menjalankan Investasi Lahan Kosong

Anda perlu jam terbang yang lama untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dalam menjalankan bisnis properti ini. Selain relasi yang harus luas, ada baiknya memahami tips menjalankan bisnis ini agar mendapatkan pengetahuan.

Selain itu, jika Anda mengetahui tipsnya maka akan meminimalikan terjadinya penipuan. Berikut ini tips dalam menjalankan bisnis investasi berupa lahan kosong.

 

#1 Memilih Kawasan atau Lahan yang Prospektif dan Strategis

Jika lokasi tersebut berada pada posisi strategis, maka memungkinkan bisnis tersebut akan dijalankan secara prospektif.

Sehingga dapat disimpulkan akan mendapatkan keuntungan yang jauh berbeda dengan kawasan non strategis. Pemanfaatan lahan kosong dapat dilakukan dengan cara melakukan sewa tanah.

Tanah tersebut dapat dijalankan untuk tempat penyewaan usaha mandiri hingga pom bensin.

Biasanya pebisnis yang melakukan sewa tanah lebih menginginkan posisi strategis karena akan mendapatkan income yang lebih.

Investasi Lahan Kosong, Berapa Persen Keuntungan yang Didapat 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pakai Investasi Tanah Untuk Dana Haji. Memang Aman?]

 

#2 Adanya Legalitas Tanah

Sertifikat tanah menjadi hal yang penting kaitannya dengan legalitas tanah. Untuk keamanan, maka Anda sebaiknya mendapatkan sertifikat tanah langsung dari pemilik tanah tersebut.

Terlebih dahulu minta kepada notaris untuk mengecek legalitas tanah yang Anda beli.

Apabila lahan masih dalam status Hak Guna Bangunan atau Hak Guna Usaha, sebaiknya Anda melakukan pengecekan di kantor notaris yang bersangkutan.

Hal ini untuk meminimalkan terjadinya sengketa tanah atau penipuan atas tanah.

 

#3 Sebaiknya Mengamankan Lokasi Tanah

Cara terbaik untuk mengamankan lokasi tanah secara mandiri adalah melakukan pagar-pagar atau pembatas tanah kosong.

Hal tersebut untuk menghindari perebutan tanah atau sengketa tanah apabila ada pihak yang memanfaatkan keadaan tanah kosong. Jika hal itu terjadi tentu akan merugikan Anda.

 

#4 Pastikan Bukan di Daerah Rawan Bencana Alam

Bencana alam adalah masalah tersendiri yang harus dihindari. Karenanya, Anda harus memastikan tanah yang dipilih bukan area rawan banjir, longsor dan sebagainya.

 

Contoh Pemanfaatan Lahan Kosong dan Keuntungannya

Berbagai cara dilakukan oleh pebisnis yang sedang menjalankan usaha properti berupa lahan kosong. Ada berbagai tipe atau bentuk yang dilakukan agar lahan kosong bermanfaat dan menghasilkan keuntungan besar.

Untuk daerah strategis tentu dilakukan penyewaan terhadap lahan kosong yang memiliki harga cukup mahal.

Hal ini karena biasanya bisnis yang dijalankan ketika berada di kawasan strategis tentu merupakan bisnis kelas menengah keatas atau usaha makro.

Selain digunakan untuk tempat penyewaan, lahan kosong juga dapat diolah menjadi lahan produktif seperti tempat untuk menanam apotek hidup atau bunga.

Sekarang ini banyak yang memanfaatkan lahan kosong di perkotaan untuk usaha tanaman hias. Hal tersebut selain karena strategis juga agar tanah kosong memiliki fungsi lain.

Investasi Lahan Kosong, Berapa Persen Keuntungan yang Didapat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Lho Keuntungan Punya Investasi Tanah Kavling!]

 

Investasi tanah yang lain adalah memanfaatkan lahan kosong tersebut untuk pengembangan industri kecil. Anda bisa menjalankan usaha ini untuk melakukan usaha kecil yang tidak membutuhkan ruang yang luas.

Biasanya tanah kosong digunakan untuk industri seperti kedai kopi karena bisa diterapkan secara outdoor.

Keuntungannya sendiri jika di tempat strategis bisa mencapai 20% – 25%. Tetapi jika di lahan yang tidak terlalu strategis adalah mulai 5%.

Tanah kosong erat kaitannya dengan penyewaan untuk usaha lain. Tetapi apabila Anda mempunyai tanah kosong dan ingin membangunnya sebaiknya dibangun kos-kosan atau kontrakan.

Hal itu agar mendapatkan keuntungan dari lahan yang disewakan. Tentunya jika ingin mengembangkan tanah kosong untuk kos-kosan diperlukan modal yang lebih agar berjalan sesuai harapan.

Sebagai tambahan, cek video berikut untuk mengetahui tips membeli lahan untuk investasi.

 

Setelah mantap untuk melakukan investasi lahan kosong sesuai penjelasan tips di atas, Anda harus tetap melakukan perencanaan keuangannya agar tetap terkendali.

Gunakanlah aplikasi Finansialku untuk membantu Anda merencanakan keuangan untuk investasi lahan yang akan dilakukan. Anda pun bisa melakukan konsultasi dengan ahli keuangan bersertifikasi.

Download aplikasinya dan wujudkan investasi Anda.

playstore icon
appstore icon

 

Siap untuk berinvestasi pemanfaatan lahan kosong? Ayo bagikan inspirasi di atas pada orang terdekat Anda, terima kasih.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 06 Februari 2020. 12 Kelebihan dan Kekurangan Investasi Tanah. Rumah.com – https://bit.ly/3bX07XG
  • Aulia Akbar. 30 Juni 2020. Pengin Investasi Tanahmu Beri Untung Gede? Begini Caranya. Lifepal.co.id – https://bit.ly/35zfUeb
  • Mukhammad Iqbal. 18 Februari 2020. Ini Dia 10 Plus & Minus Melakukan Investasi Tanah. Wajib Tahu! 99.co – https://bit.ly/3hnr344

 

Sumber Gambar:

  • Lahan 1 – https://bit.ly/35zfUeb
  • Lahan 2 – https://bit.ly/3bXbyyP