Pemerintah telah membuka investasi ORI016 yang ditujukan pada generasi milenial dengan minimal investasi mulai dari Rp1 jutaan saja.

Agar lebih jelas, mari simak penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi ORI016 Untuk Kaum Milenial

Kementerian Keuangan kembali menerbitkan Obligasi negara Ritel Indonesia (ORI) seri 016 dengan tingkat kupon 6,8% dengan target indikatif penerbitan sebesar Rp9 triliun. Instrumen investasi ini ditujukan bagi investor ritel domestik.

Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Loto Srinaita Ginting mengatakan instrumen ini bisa diperdagangkan di pasar sekunder dan sudah bisa dibeli secara online.

Keuntungan Berinvestasi Obligasi 03a ORI - Finansialku

[Baca Juga: Literasi Keuangan: Pengelolaan Keuangan dan Investasi di Era Digital]

 

Pada tahun 2018, penjualan ORI masih dilakukan secara offline. Penjualan secara online ini diyakini dapat meningkatkan partisipasi dan investor dari generasi milenial.

“Investor bisa membeli ORI 016 mulai dari Rp 1 juta, maksimal Rp 3 miliar”

 

Pembayaran kupon ini akan dilakukan setiap bulan pada tanggal 15. Adapun pembayaran kupon pertama kali dilakukan pada 15 Desember 2019.

Karena ditawarkan secara online, proses pemesanan pembelian dapat dilakukan melalui 4 tahap yaitu registrasi, pemesanan, pembayaran, dan konfirmasi.

Proses registrasi dapat dilakukan kapan saja, sedangkan tiga proses selanjutnya dapat dilakukan selama periode pemesanan yaitu tanggal 2-24 Oktober 2019.

Hingga saat ini, penjualan ORI016 sudah difasilitasi oleh 14 bank, empat sekuritas dan lima perusahaan keuangan berbasis teknologi (fintech).

Fintech ini terdiri dari dua perusahaan fintech peer to peer lending (P2P) dan tiga fintech berizin khusus sebagai agen penjual reksa dana (Aperd).

Perbankan terdiri dari PT Bank Central Asia Tbk. (BCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI), PT Bank Permata Tbk. (BNLI), PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI), PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BBTN), PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII), PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA), dan PT Bank OCBC NISP Tbk. (NISP).

Bank lain adalah PT Bank HSBC Indonesia, PT Bank DBS Indonesia, PT Bank UOB Indonesia, dan PT Bank Commonwealth. Sekuritas yang menjual ORI-016 adalah PT Trimegah Sekuritas Tbk (TRIM), PT Danareksa Sekuritas, PT Bahana Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas.

Serta untuk fintech, Perusahaan P2P adalah PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) dan PT Investree Radhika Jaya dan perusahaan fintech Aperd terdiri dari PT Bareksa Portal Investasi, PT Star Mercato Capitale (TanamDuit), dan PT Nusantara Sejahtera Investama (Invisee).

Generasi milenial identik dengan generasi yang kerap menghamburkan uang untuk kesenangan pribadi dan lebih bersifat konsumtif. Namun ada pula milenial yang sudah sadar investasi untuk masa depan.

Bagi Anda kaum milenial yang masih bingung tentang investasi, Anda bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan dari Finansialku.

Selain itu Anda bisa men-download aplikasi Finansialku di Google Play Store gratis atau klik banner di bawah ini untuk bergabung!

 

Apa pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? berikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini.

Ayo jangan lupa share artikel Finansialku ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Donald Banjarnahor. 4 Oktober 2019. Mulai dari Rp 1 Juta, Milenial Bisa Investasi di ORI016. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2oiOHJl
  • Uji Sukma Medianti. 3 Oktober 2019. Dear Milenial, ORI016 Bisa Dibeli Mulai Rp 1 Jutaan Lho!. Detik.com – https://bit.ly/2oVL7Vu

 

Sumber Gambar:

  • Investasi ORI016 – http://bit.ly/2LNIeiI

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang