Pemerintah Indonesia menerbitkan saving bond ritel seri SBR001 dengan bunga yang cukup tinggi. Finansialku.com akan membahas investasi saving bond ritel seri SBR 001.

saving bond ritel seri SBR001 Finansialku

 

Mengenal Saving bond ritel seri SBR001

Sebelum mengulas lebih detil mengenai investasi saving bond ritel seri SBR001, Penulis akan membahas mengenai produk saving bond. Government savings bond menurut investopedia (1) adalah salah satu jenis obligasi (surat utang) yang dikeluarkan oleh pemerintah, dengan kupon (bunga) tertentu pada periode tertentu. Saving Bond Ritel di negara-negara maju, seperti Amerika adalah salah satu bentuk investasi yang umum dimiliki oleh rumah tangga, karena bunga yang menarik dan mendapat keuntungan pajak. Sebagai informasi tambahan di Amerika terdapat sistem pajak Disisi lain investasi saving bond ritel tidak mudah diperjual belikan di pasar sekunder.

 

Potensi Keuntungan dan Kerugian

Berbicara investasi, seorang calon investor harus menimbang potensi untung dan rugi. Potensi keuntungan yang didapat dari saving bond ritel adalah kupon (bunga) yang menarik, dapat berinvestasi dengan jumlah yang minimum dan sebagai salah satu pilihan untuk mendiversifikasi investasi yang sudah dimiliki.

Potensi kerugian dari saving bond ritel adalah risiko likuiditas. Hal ini berarti investasi saving bond tidak dapat dijual di pasar sekunder, artinya ketika seorang investor berinvestasi di saving bonds, maka investor akan mendapatkan modalnya lagi ketika tanggal jatuh tempo. Sekilas memang ada kemiripan seperti produk deposito, tetapi aturan main (rule of the game) mengikuti obligasi. Risiko kedua adalah risiko gagal bayar oleh penerbit. Apakah mungkin sebuah pemerintahan gagal bayar utang-utang negara? Jawabannya adalah mungkin saja, tetapi lebih bijak Kita melihat seberapa besar peluang pemerintah gagal bayar utang-utang negaranya.

Lembaga pemeringkat seperti Moodys, Fitch dan S&P akan memberikan penilaiannya terhadap obligasi. Sayangnya sampai artikel ini dibuat, penulis belum mendapatkan data, penilaian saving bond ritel seri SBR001 oleh para lembaga pemeringkat.

 

Saving bond ritel seri SBR001

Penjelasan mengenai detil saving bond ritel seri SBR001 ini diambil dari bebera sumber, salah satunya brosur Saving Bonds Ritel Seri SBR001 TriMegah Securities (2). Saving bond ritel seri SBR001 adalah Obligasi Negara Republik Indonesia yang dijual kepada individu melalui Agen Penjual, yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan tidak dapat dicairkan sampai dengan jatuh tempo. Produk SBR001 dilandasi oleh payung hukum Undang-Undang Nomor 24 tahun 2002 tentang Surat Utang Negara.

Menurut siaran pers Kementerian Keuangan Republik Indonesia perihal Rencana Penjualan Saving Bond Ritel seri SBR 001 (3), produk SBR001 akan ditawarkan mulai tanggal 2 sampai dengan 22 Mei 2014. Nilai minimum pemesanan adalah Rp 5.000.000 (lima juta Rupiah) dan maksimum Rp 5.000.000.000 (lima miliar Rupiah). Kupon yang ditawarkan bersifat mengambang (floating) dengan tingkat kupon minimal (floor). Nilai kupon minimal adalah 8,75% per tahun sebelum pajak penghasilan. Pajak penghasilan untuk obligasi adalah 15%. Kupon akan dibayarkan setiap tanggal 20 tiap bulannya dan pembayaran pertama akan dilakukan pada tanggal 20 Juni 2014.

 

Kesimpulan

Produk investasi saving bond ritel SBR001 adalah salah satu produk investasi yang dapat dipertimbangkan untuk menambah portofolio investasi. Sebelum berinvestasi ada baiknya, seseorang menetapkan tujuan investasinya.

 

Sumber:

  1. Investopedia. U.S. Savings Bonds. www.investopedia.com.
  2. Trimegah Securities. Saving Bond Ritel seri SBR 001. www.trimegah.com.
  3. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Rencana Penjualan Saving Bonds Ritel (SBR) Seri SBR001. http://www.kemenkeu.go.id/

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai investasi saving bond ritel.