Apa alasan ‘Bos Alibaba’ Jack Ma pensiun dini dari e-commerce China Alibaba? Padahal perusahaan raksasa ini telah didirikannya selama 20 tahun.

Agar lebih jelas, yuk simak penjelasannya di bawah ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Jack Ma Pensiun Dini

Pendiri perusahaan e-commerce Alibaba, Jack Ma resmi mengundurkan diri sebagai chairman perusahaan pada hari Selasa (10/9/19).

Di tahun ini Alibaba akan berulang tahun yang ke 20, namun kabar menyedihkan ini muncul lantaran pendiri utamanya resmi mengundurkan diri.

Jack Ma menyerahkan kendali perusahaannya kepada pengganti yang ia pilih sendiri.

Ma mengumumkan pengunduran dirinya sebagai ketua perusahaan pada tahun lalu, saat ia merayakan hari terakhirnya sebagai pendiri Alibaba di ulang tahunnya yang ke.55.

Pengunduran diri Ma ini terjadi pada saat pertumbuhan industri e-commerce China telah melambat, seiring dengan ekonomi yang lebih luas, dan perusahaan menghadapi lebih banyak persaingan dari perusahaan teknologi besar lainnya.

Ma mempertahankan 6,22% saham dan akan tetap menjadi anggota dewan direksi sampai pertemuan pemegang saham tahunan pada 2020.

Kisah Sukses Jack Ma Pendiri Alibaba 2 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kekayaan Jack Ma, pendiri Alibaba Mencapai US$ 26,5 Miliyar]

 

Melansir dari Times, Ma mengungkapkan pensiun dari perusahaannya bukan akhir dari segalanya, melainkan awal dari sebuah era. Ia pun mengatakan sangat menyukai pendidikan.

Kepada Bloomberg TV, Ma juga mengungkapkan betapa dirinya ingin menciptakan sebuah landasan pribadi, mengikuti jejak pencipta Microsoft Bill Gates.

Pria berusia 54 tahun ini berkata:

“Ada banyak hal yang bisa saya pelajari dari Bill Gates. Saya tidak pernah membayangkan akan menjadi kaya, tetapi saya yakin akan melakukan satu hal dalam hidup, yakni pensiun dini.”

 

Ia pun melanjutkan:

“Saya pikir suatu hari nanti, secepatnya, saya akan kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang saya pikir bisa dilakukan lebih baik daripada menjadi CEO Alibaba.”

 

Daniel Zhang Jadi Pengganti Jack Ma

Pengganti Jack Ma ini merupakan salah satu pengusaha karismatik dan tokoh publik yang paling di kenal di China, Jack Ma akan digantikan oleh Daniel Zhang yang menjabat sebagai kepala eksekutif perusahaan dan seorang akuntan.

Daniel Zhang yang lahir di Shanghai pada 11 Januari 1972 ini menduduki posisi Chief Financial Officer (CFO) dari Taobao. Ialah yang menjadi dalang utama dari pesatnya perkembangan Taobao.

Bos Alibaba Diganti oleh Daniel Zhang, Setelah Jack Ma Pensiun 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Jack Ma Pendiri Alibaba]

 

Daniel juga pernah bekerja di Shanda Interactive Entertainment Limited sebagai CFO. Shanda merupakan pengembang dan operator game di mana perusahaan itu terdaftar di NASDAQ.

Di tahun 2007, Daniel bergabung dengan Alibaba dan pada 2008, ia menjabat sebagai CFO Taobao dan GM Taobao Mall (Tmall). Taobao merupakan anak perusahaan dari Alibaba.

Daniel ditunjuk oleh Jack Ma, karena sebelumnya ia telah berkecimpung di Alibaba, pada 2015, Daniel menduduki posisi sebagai CEO Alibaba Group.

Alibaba sendiri didirikan pada tahun 1999 sebagai perusahaan e-commerce tradisional.

 

Sejarah Alibaba

Kini Alibaba berubah menjadi konglomerat bisnis yang memiliki berbagai bisnis mulai dari logistik hingga pengiriman makanan dan komputasi awan.

Bahkan Alibaba kini telah memiliki valuasi lebih dai US$460 miliar atau setara dengan Rp6,4 kuadriliun.

Inilah beberapa momen penting dalam sejarah Alibaba:

 

#1 April 1999: Perjalanan Dimulai

Alibaba ini mulanya hanya didirikan oleh 18 orang. Kelompok ini dipimpin oleh Jack Ma dan bekerja di apartemen Ma di kota Hangzhou, China yang menjadi markasnya Alibaba yang sekarang.

Situs web pertamanya adalah Alibaba.com yang berisi pasar grosir yang berbahasa inggris, di tahun yang sama, Alibaba meluncurkan pasar grosir domestik.

 

#2 Januari 2000: Terima Investasi Softbank

Alibaba mendapatkan investasi senilai US$20 juta atau setara dengan Rp281 miliar dari sekelompok investor yang dipimpin oleh SoftBank. Investasi inilah yang membantu Alibaba berkembang.

Ma tentang CEO SoftBank Masayoshi Son, menurut laporan Wall Street Journal pada kala itu, mengatakan:

“Kami tidak berbicara tentang pendapatan, kami bahkan tidak berbicara tentang model bisnis. Kami baru saja berbicara tentang visi bersama. Kami berdua membuat keputusan dengan cepat.”

 

#3 Mei 2003: Taobao Lahir

Taobao merupakan platform belanja online di China yang dijalankan oleh Alibaba. Platform ini merupakan penjual pihak ketiga yang dapat mempromosikan produk mereka.

Pada 2015, volume barang dagang bruto Taobao mencapai 1,59 triliun yuan (US$223,9 miliar). Jumlahnya ini tumbuh menjadi 3,11 triliun yuan (US$436,9 miliar) pada tahun fiskal 2019.

Pendapatan dari Taobao ini merupakan bagian terpenting dari bisnis perdagangan inti Alibaba.

 

#4 Desember 2004: Alipay Diluncurkan

Alipay merupakan salah satu dari dua platform pembayaran besar China, selain WeChat Pay yang dimiliki oleh Tencent.

Alipay adalah sistem yang didasarkan pada kode QR, semacam kode batang yang dapat dipindai atau di scan untuk melakukan pembayaran.

Selain itu, Alipay juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran di toko online. Namun begitu Alipay cukup kontroversional, ini membuat perusahaan dan Jack Ma berselisih dengan pemegang saham utama Yahoo dan SoftBank.

 

#5 November 2007: IPO di Hong Kong

Alibaba mendapatkan dana segar sebesar HK$13,1 miliar (Rp23,5 triliun)  ketika IPO di Hong Kong. Ketika itu sahamnya di hargai HK$13,5 (Rp24 ribu) per lembar, menjadi salah satu penggalangan dana terbesar melalui bursa Hong Kong.

 

#6 April 2008: Tmall Lahir

Taobao Mall adalah nama awal marketplace ini, yang kemudian diubah menjadi Tmall. Di marketplace ini menjual barang bermerek dari luar negeri kepada masyarakat China.

 

#7 Juni 2012: Alibaba Delisting dari Bursa Hong Kong

Alibaba hanya lima tahun melantai di bursa Hong Kong. Raksasa e-commerce ini mengeluarkan dana US$2,45 miliar untuk memborong 27% saham Alibaba.com. Harganya setara dengan harga saham ketika IPO.

 

#8 September 2014: Alibaba IPO di New York

Alibaba memutuskan melantai di New York Stock Exchange dan menjadi IPO terbesar dalam sejarah. Dari aksi korporasi ini Alibaba mendapatkan dana segar US$25 miliar atau setara dengan Rp351,4 triliun.

 

#9 September 2019: Jack Ma Mundur

Jack Ma mundur sebagai chairman Alibaba hari ini. Saat ini CEO Alibaba adalah Daniel Zhang. Ia akan menduduki posisi chairman. Jack Ma akan berada dalam jajaran petinggi Alibaba hingga rapat umum pemegang saham tahunan di 2020.

 

Memiliki bisnis bukanlah hal yang mudah, terutama dalam mengelola keuangan pribadi dan bisnis Anda.

Oleh karena itu, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar Anda bisa mengelola keuangan pribadi dan bisnis Anda dengan tepat. Selamat membaca..

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Jika Anda memiliki pendapat dan komentar, silakan beri pendapat dan komentar Anda pada kolom di bawah ini.

Bagikan juga artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Terima kasih..

 

Sumber Referensi:

  • Arie Pratama. 10 September 2019. Jack Ma Pensiun, Ini Daniel Zhang Bos Baru Alibaba. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2lHwbZM
  • Ira Astiana. 8 September 2019. Pensiun Dini, Jack Ma Mengundurkan Diri dari CEO Alibaba. Merdeka.com – https://bit.ly/2KLOW7c
  • Rehia Sebayang. 10 September 2019. Jack Ma Pensiun Dini, Ini Momen Pentingnya Bersama Alibaba. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2m3WsBt

 

Sumber Gambar:

  • Bos Alibaba 1 – http://bit.ly/2kbbnJA
  • Bos Alibaba 2 – http://bit.ly/2lK6QOG