Apakah Anda wanita karier yang sudah menikah? Salahkah jika harus belanja kebutuhan pekerjaan? Yuk, simak artikel berikut ini. 

 

Perbedaan Wanita Karier dan Ibu Rumah Tangga 

Pada umumnya, wanita akan menjadi ibu rumah tangga setelah menikah. Pekerjaannya adalah mengurus rumah tangga, suami dan anak. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tak jarang wanita yang bekerja dan menjadi wanita karier.

Tentunya ada beberapa hal yang membedakan wanita karier dan ibu rumah tangga. Salah satunya dalam hal penampilan.

Ibu rumah tangga biasanya lebih memilih untuk menggunakan pakaian rumah seperti daster atau piyama karena harus mengurus rumah dan keluarga. Jadi, mereka cenderung memilih pakaian yang nyaman digunakan ketika mengurus rumah.

Selain itu, tidak berdandan, menggunakan sendal atau tanpa alas kaki, dan rambutnya diikat atau dicepol.

Sedangkan wanita karier, perlu berpenampilan rapi dan biasanya menggunakan pakaian formal, sepatu kerja, berdandan, dan rambut disanggul rapi.

Jadi, biasanya wanita karier sering berbelanja untuk menunjang karier mereka. Oleh karena itu, seringkali suami menjadi resah karena istrinya terkesan boros. 

[Baca Juga: Wanita Karier vs Ibu Rumah Tangga, Mana yang Lebih Baik?]

 

Manfaat Menjaga Penampilan Saat Bekerja

Namun, salah tidak jika wanita karier suka belanja untuk menunjang penampilan dalam pekerjaan?

Sebenarnya, tidak ada salahnya jika wanita karier suka belanja untuk menunjang penampilan dalam pekerjaan. Penampilan juga menjadi salah satu aspek yang penting dalam pekerjaan.

Bahkan, beberapa penelitian juga membuktikan bahwa pria atau wanita yang berpenampilan menarik cenderung sukses dalam menjalani kariernya.

Selain itu, berpenampilan yang rapi dan menarik dapat memberikan berbagai manfaat. Berikut beberapa manfaatnya. 

Jadi Wanita Karier, Salahkah Jika Belanja Kebutuhan Kerja?

Sumber: Envato

 

Membangun Citra Profesional

Penampilan diri dapat membangun citra yang profesional dan dihubungkan dengan kualitas pekerjaan di dunia kerja. Seseorang yang berpenampilan rapi dinilai mampu mengerjakan dan menyelesaikan tugasnya dengan rapi juga.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak perusahaan yang juga memperhatikan penampilan calon karyawannya ketika melakukan interview. 

 

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan memiliki penampilan yang rapi saat bekerja juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Pekerja yang percaya diri dapat meningkatkan kualitas pekerjaan serta memberikan hasil yang lebih baik. 

 

Membangun Personal Branding

Berpenampilan yang rapi dan menarik dapat menjadi personal branding untuk diri Anda. Dengan memiliki personal branding yang baik, maka akan mengubah persepsi orang lain menjadi lebih baik atau memberikan kesan yang baik terhadap diri Anda.

 

Dinilai Pandai Berkomunikasi

Para pekerja yang memiliki penampilan menarik juga dinilai memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Selain itu, pekerja tersebut juga cenderung pandai bergaul dengan rekan kerja ataupun atasan di kantornya.

 

Dianggap Lebih Kompeten

Ada cukup banyak perusahaan yang lebih mengutamakan pekerja yang berpenampilan rapi.

Hal ini dikarenakan pekerja yang berpenampilan rapi dianggap lebih kompeten dalam bekerja. Alhasil, pekerja tersebut mungkin saja mendapatkan posisi jabatan yang lebih baik.

 

Hal- Hal yang Perlu Dilakukan oleh Wanita Karier dalam Mengatur Biaya Penampilan

Wanita karier yang berpenampilan menarik untuk menunjang kariernya memang tidak salah. Namun, faktor keuangan juga perlu diperhatikan agar keuangan tidak boncos untuk penampilan ya.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan agar keuangan tetap aman saat mengeluarkan biaya untuk menunjang penampilan. 

[Baca Juga: Mengurus Keuangan Rumah Tangga Ala Wanita Karier]

 

Budgeting 

Seberapa besar dan sering dana yang dikeluarkan untuk menunjang penampilan tersebut perlu diperhatikan. Oleh karena itu, Anda harus membuat budget atau anggaran setiap bulannya.

Dalam budget tersebut juga perlu ada alokasi untuk menunjang penampilan agar tidak mengganggu arus kas Anda. Untuk besaran alokasinya, dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda ya. 

Dengan memiliki budget, maka dapat membantu untuk membatasi pengeluaran Anda setiap bulannya. Jadi, Anda bisa mengeluarkan uang untuk menunjang penampilan Anda saat bekerja, namun tetap memiliki kondisi keuangan yang sehat. 

Anda bisa gunakan aplikasi untuk membuat anggaran lebih mudah. Cek selengkapnya di sini.

 

Merencanakan Belanja

Setelah menyisihkan dana belanja untuk menunjang penampilan, maka Anda juga perlu merencanakan setiap berapa bulan sekali Anda akan belanja atau seberapa sering. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. 

Jadi, walaupun biaya untuk menunjang penampilan disisihkan setiap bulannya, tapi bukan berarti Anda harus belanja setiap bulan ya.

Anda bisa menentukan misalnya ingin belanja pakaian 3 bulan sekali, atau 6 bulan sekali, sesuai dengan kebutuhan Anda. 

 

Menggunakan Barang yang Masih Layak

Jika Anda masih memiliki pakaian, sepatu ataupun tas yang masih banyak dan layak untuk digunakan sebaiknya jangan berbelanja dulu ya.

Manfaatkan barang yang ada dengan semaksimal mungkin sampai ada beberapa barang yang sudah harus segera diganti. 

 

Cara Menjembatani Keperluan Istri dengan Perasaan Resah Suami

Tak jarang suami menjadi resah karena istrinya terkesan boros untuk menunjang penampilannya.

Lalu, bagaimana menjembatani keperluan istri dengan perasaan resah suami tersebut?

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh suami istri untuk menjembatani keperluan istri dengan perasaan resah suami. Berikut beberapa caranya. 

 

Komunikasikan dengan Pasangan 

Kunci yang pertama adalah komunikasi. Jadi, sebaiknya suami dan istri saling mengkomunikasikan. Misalnya jika istri terlihat boros, suami bisa komunikasikan ke istri. 

Dari sisi istri, dapat memberikan pengertian kepada suami. Istri dapat memberitahukan dan menunjukkan jumlah pengeluaran sebulan kebelakang terkait dana yang dihabiskan untuk menunjang penampilan pekerjaan.

Sampaikan hal tersebut dengan baik dan tanpa menggunakan nada tinggi ya. 

Sedangkan dari sisi suami, dapat mengajak bicara istri pada saat yang tepat. Selain itu, jangan terkesan menghakimi.

Suami bisa tanyakan berapa pengeluaran rata-rata untuk menunjang penampilan pekerjaan istrinya. Di saat tersebut, suami dapat mengutarakan rasa resah dengan wajar ya. 

[Baca Juga: Cara Berkomunikasi yang Baik dengan Pasangan, Khususnya Masalah Keuangan]

 

Membuat Budgeting untuk Belanja Keperluan Istri

Langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah dengan membuat budgeting bersama-sama. Jadi, suami dan istri sepakat untuk menentukan berapa alokasi untuk masing-masing pos kebutuhan, termasuk untuk belanja keperluan istri.

Dengan membuat budgeting, maka batasan untuk belanja menjadi lebih jelas. 

Untuk memudahkan Anda dalam membuat budgeting/anggaran, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku.

Anda dapat download aplikasi Finansialku di google play store atau app store secara gratis ya.

Download Aplikasi Finansialku

 

Komitmen dengan Budget yang Sudah Dibuat dan Buat Kesepakatan

Setelah membuat budget, suami dan istri perlu membuat komitmen untuk stick to budget.

Pastikan bahwa Anda dengan pasangan Anda berkomitmen untuk menjaga dan menggunakan uang dengan baik, serta sesuai dengan budget bulanan yang sudah ditetapkan.

Komitmen ini tujuannya untuk memenuhi kepentingan bersama, tidak hanya kepentingan pribadi ya. 

 

Karier Lancar dan Keuangan Aman

Menjadi wanita karier juga perlu memiliki penampilan yang rapi dan menarik. Bahkan, penampilan yang rapi dan menarik juga dapat menunjang kesuksesan kariernya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika wanita karier mengeluarkan biaya untuk menunjang penampilannya.

Namun, biaya untuk menunjang penampilan tersebut juga perlu dibatasi dan dikelola dengan baik ya.

Jangan sampai pengeluaran untuk menunjang penampilan mengganggu kondisi keuangan Anda. Komunikasikan juga keuangan tersebut dengan pasangan Anda ya. 

Untuk membantu Anda dalam berkomunikasi dengan pasangan, Anda bisa dengarkan audiobook berikut ini.

banner -the truth about money and relationships

 

Jadi, apakah Anda sudah mengatur keuangan untuk kebutuhan penampilan Anda? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih. 

 

Editor: Eunice Caroline

Sumber Referensi:

  • Fransiska Ardela, S.T. 28 Juni 2018. Apa Perbedaan Ibu Rumah Tangga dan Wanita Karier Terutama Pada Mengatur Keuangan?. Finansialku.com – https://bit.ly/2XKI3x4
  • Punto Wicaksono. 5 Juli 2021. Pentingnya Menjaga Penampilan saat Bekerja dengan Pakaian Formal.com – https://bit.ly/3kgBmKu
  • Admin. 17 Juni 2016. Pentingnya Penampilan Untuk Perkembangan Karier. Femina.co.id – https://bit.ly/3sJrGfG
  • Siska Amelie F Deil. 18 November 2014. 3 Alasan Kenapa Pegawai Berpenampilan Menarik Lebih Sukses. Liputan6.com – https://bit.ly/3sF3ATk
  • Admin. 22 Desember 2016. Para Suami, Ini 7 Cara Mengatasi Istri yang Boros. Finansialku.com – https://bit.ly/3y0KJ68