SBR010 menawarkan tingkat imbal hasil atau kupon mengambang (floating with floor) sebesar 5,10 persen untuk periode 3 bulan pertama.

Ketahui informasi tentang proses pembelian dan harga dari SBR010 sebagai berikut.

 

Penawaran Obligasi Seri SBR010

Ada kabar baik untuk para investor, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah membuka masa penawaran obligasi Surat Berharga Negara (SBN) konvensional seri Savings Bond Ritel (SBR) 010.

Dimulai Senin, 21 Juni hingga 15 Juli 2021 investor dapat membeli instrumen SBR010 melalui mitra distribusi yang telah ditetapkan pemerintah.

Setelah Kemenkeu melakukan penyesuaian, kini masyarakat sudah bisa membeli surat utang pemerintah tersebut dengan nilai minimal Rp 1 juta dengan maksimum pemesanan sebesar Rp 3 miliar.

 

SBR010 menawarkan tingkat imbal hasil atau kupon mengambang (floating with floor) sebesar 5,10 persen untuk periode 3 bulan pertama.

Tingkat kupon akan disesuaikan setiap 3 bulan dengan tingkat kupon 5,10 persen berlaku sebagai tingkat kupon minimal (floor).

Tingkat kupon 5,10 persen berasal dari suku bunga acuan yang berlaku pada saat penetapan kupon yaitu sebesar 3,50 persen ditambah spread tetap 160 bps atau 1,60 persen.

Nantinya, jika suku bunga naik maka besaran kupon akan mengikuti suku bunga baru plus spread. Namun jika suku bunga turun maka besaran kupon akan tetap 5,10 persen karena menggunakan sistem floor.

Adapun, SBN ritel ketiga yang diterbitkan pada 2021 tersebut memiliki tenor 2 tahun dengan jatuh tempo 10 Juli 2023.

Pembayaran kupon pertama pada 10 September 2021 (long coupon) dan sisanya setiap tanggal 10 setiap bulannya.

Dengarkan dulu audiobook di bawah ini jika Anda tertarik dalam berinvestasi yang tepat sasaran dan pengin meraup cuan!

 

banner_jangan_asal,_ketahui_ini_dulu_sebelum_investasi_saham

 

Seri SBR ritel ini merupakan obligasi negara tanpa warkat dan tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder (nontradable). Namun, investor dapat mengajukan early redemption setahun setelah penerbitan dengan nilai maksimal 50 persen dari setiap transaksi.

Periode pengajuan early redemption dibuka pada 27 Juli 2022 pukul 09.00 hingga 4 Agustus 2022 pukul 15.00. Kemudian tanggal setelmen early redemption pada 10 Agustus 2022.

Imbal hasil yang ditawarkan sebesar 5,47 persen merupakan tingkat tetap atau fixed rate. Pembayaran imbal hasil atau kupon akan dilakukan rutin setiap bulan dan pembayaran pertama pada 10 April 2021.

[Baca juga: Imbal Hasil Investasi : Arus Kas atau Kenaikan Harga]

Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di SBR010 saat ini sudah dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi 26 Mitra Distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui layanan online.

Diantaranya untuk bank umum bisa melalui BCA, Bank Mandiri, BNI, Permata, BRI, Bank Tabungan Negara, Maybank Indonesia, CIMB Niaga, OCBC NISP, Panin, DBS Indonesia, HSBC Indonesia, UOB Indonesia, Commonwealth, Danamon Indonesia, dan Victoria Internasional.

 

Bisa juga melalui perusahaan efek, yaitu Trimegah Sekuritas Indonesia, BRI Danareksa Sekuritas, Bahana Sekuritas dan Mandiri Sekuritas. Selanjutnya melalui perusahaan financial technology yaitu Bareksa, Investree, Invisee, Tanamduit, Koinworks, dan Modalku.

Cara Beli SBR010 Melalui Online

Adapun caranya lainnya investor individu dapat membeli SBR010 secara online selama masa penawaran. Proses pemesanan pembelian SBR010 secara online dilakukan melalui 4 tahap.

Pertama, registrasi/pendaftaran melalui salah satu dari 26 midis yang ditunjuk yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

Kedua, setelah memiliki akun, masyarakat dapat melakukan pemesanan sesuai nominal yang diinginkan, minimal Rp1 juta atau satu unit, hingga maksimal Rp3 miliar atau 3.000 unit per individu.

 

Ketiga, pemesan mesti melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah pemesanannya. Kemudian, keempat atau terakhir menunggu setelmen atau fiksasi pembelian. Setelah berhasil, investor akan mendapat notifikasi dan bukti pemesanan.

 

Untuk mencatat keuangan secara praktis dan terperinci kalian bisa pake aplikasi Finanslaku yang bisa langsung diunduh lewat Google Play Store maupun App store. Segera rasakan manfaatnya!

 

Editor: Ari A. Santosa

 

Sumber Referensi:

  • Rully R. Ramli. 21 Juni 2021. SBR010 Sudah Bisa Dibeli, Investasi Mulai Rp 1 Juta. Kompas.com – https://bit.ly/3cXa6hq
  • Cantika Andinda Putri. 21 Juni 2021. RI Luncurkan Investasi Kebal Gagal Bayar SBR010. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/35HM5qF
  • Dhiany Nadya Utami. 21 Juni 2021. SBR010 Resmi Meluncur Hari Ini, Begini Cara Belinya. Market.bisnis.com – https://bit.ly/3d1cuDI

 

Sumber gambar:

  • https://bit.ly/2SMGhtg