Jebakan pendapatan (income trap) adalah hal yang paling sering terjadi pada orang-orang kelas menengah. Finansialku.com akan membahas jebakan pendapatan dalam artikel berjudul jebakan pendapatan: pendapatan lebih bukan solusi.

 Jebakan Pendapatan Pendapatan Lebih Bukan Solusi

 

Jebakan Pendapatan

Apakah Anda bertanya-tanya mengenai judul artikel di atas? Jebakan Pendapatan: Pendapatan Lebih Bukan Solusi, kok bisa seperti itu? Apa yang salah dengan pendapatan berlebih? Apa yang salah dengan jebakan pendapatan?

Pernakah Anda melihat seseorang dengan pendapatan yang besar tetapi berakhir pada utang kartu kredit yang besar? atau pada kebangkrutan? Pernakah Anda mendengar seseorang yang menang taruhan, lotere hingga ratusan juta dan kemudian tak lama jatuh bangkrut? Atau pernakah Anda mendengar seorang atlet, artis, penyanyi yang dikatakan memiliki pendapatan dalam jumlah besar, kemudian jatuh bangkrut karena utang yang besar. Nah itulah yang disebut dengan jebakan pendapatan. Berikut ini terdapat sebuah video yang menceritakan mengenai jebakan pendapatan.

 

Permasalahan keuangan yang ada adalah bukan karena kekurangan uang, tetapi tidak tau cara mengelola keuangan dengan baik dan benar. Kecenderungan orang (faktor psikologis) adalah meningkatkan gaya hidup (lifestyle) ketika pendapatan meningkat. Hal ini disebabkan orang secara naluri inin hidup dalam keadaan aman dan nyaman. Contoh sederhana, ketika berada di awal karir pekerjaan mungkin sebulan sekali pergi ke bioskop. Setelah karirnya berkembang, kemudian sebulan empat kali pergi ke bioskop.

Orang-orang yang berada di kelas menengah harus waspada dengan jebakan-jebakan gaya hidup. Apakah harus menahan pengeluaran? Penulis tidak mengatakan seperti itu. Saran penulis adalah ketika berada dalam posisi pendapatan besar, usahakan pendapatan yang besar itu dibelanjakan asset. Bahasa finansialnya adalah ubah pendapatan aktif Anda (gaji, tunjangan dan lain-lain) menjadi sebuah pendapatan pasif. Pendapatan pasif yang akan menjadi pendukung gaya hidup Anda.

 

Kesimpulan

Pendapatan besar adalah satu hal yang baik dan harus disyukuri. Usahakan Anda bijak dalam mengelola uang yang besar. Mungkin saja pendapatan besar saat ini terjadi karena Anda sedang di puncak karir. Agar dapat mempertahankan gaya hidup di puncak karir, sebaiknya mulai mengubah pendapatan aktif Anda menjadi pendapatan pasif.

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai jebakan pendapatan.

 

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuPelajaran dari Bisnis Teknologi DropboxBaca
finansialkuPandangan Orang terhadap UangBaca
finansialkuSurplus-Defisit, Laporan Pendapatan dan PengeluaranBaca