Salah satu bagian perencanaan keuangan adalah mempersiapkan pensiun. Masa pensiun menjadi salah satu akhir sekaligus awal dalam kehidupan manusia. Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas lebih detil mengenai pensiun.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Masa Pensiun

Masa pensiun adalah masa berkahir dari masa keemasan (golden stage) dan awal dari masa pensiun (retirement stage). Perpindahan tahapan ini tentu saja memberikan banyak impilkasi, tidak hanya saja dalam gaya hidup dan keuangan, tetapi juga psikologis, kesehatan serta spiritual. Kita bahas sekilas mengenai tahapan tersebut:

 Perencanaan Keuangan dan Siklus Hidup Manusia - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Psychological (Psikologis)

Banyak orang merasa bingung saat memasuki masa pensiun. Alasan utama adalah karena kurangnya kesiapan mental. Tahapan pensiun menuntut seseorang untuk beradaptasi dengan dinamika serta tantangan baru.

 

Health (Kesehatan)

Pada saat pensiun, cenderung onderdil dalam tubuh kinerjanya sudah mulai berkurang. Metabolisme tidak sehebat saat masa remaja, sendi-sendi sudah mulai mengalami sakit, daya tahan tubuh mulai berkurang dan lain sebagainya.

Jika Saya Pensiun, Saya - Bahagia saat Pensiun - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Spiritual (Spiritual)

Seseorang yang sudah memasuki masa pensiun, cenderung memiliki banyak pengalaman. Istilahnya sudah memakan banyak asam garam kehidupan. Pada tahapan ini, orang-orang yang pensiun akan mempelejari kembali keyakinan, mendekatkan diri pada ajaran-ajaran Sang Pencipta.

 

Jika Saya Pensiun, Saya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Financial (Finansial)

Sebagai perencana keuangan, Finansialku fokus akan berbicara dari tahap keuangan. Pada saat pensiun orang berhenti bekerja dari pendapatan aktifnya. Tetapi seharusnya pendapatan portofolio (investasi saham, reksa dana, tabungan deposito) serta pendapatan pasif (menyewakan rumah, bisnis waralaba) harusnya tetap berjalan. Sayangnya tidak semua orang melakukan perencanaan dana hari tua untuk mempersiapkan uang pensiun.

Banyak orang salah berasumsi, saat pensiun Anda itu berhenti mendapatkan penghasilan. Pernyataan tersebut benar, tetapi tidak lengkap. Ingat quote dari Finansialku.

Saat Pensiun, orang berhenti mendapatkan pendapatan aktif (active income), tetapi tetap mendapatkan penghasilan dari pendapatan portofolio (portfolio income) serta pendapatan pasif (passive income) jika telah dipersiapkan sejak muda. – Finansialku

 

Kesimpulan

Masa pensiun, ada tahapan yang kemungkinan besar dialami setiap orang. Kok kemungkinan bukan kepastian? Karena banyak orang yang meninggal saat usia muda. Nah jika Anda saat ini sudah memasuki masa pensiun, sebaiknya lakukan persiapan lahir dan batin. Jika Anda saat ini masih muda, mulailah persiapkan dana hari tua, dengan membangun portfolio income dan passive income.

 

Jika Anda pensiun nanti, Anda akan …

 

Image Credit:

  • Retirement – http://goo.gl/ZrgaEb
  • Happy Retirement – https://goo.gl/2gRTq6

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang