Sudah diteken Jokowi, kontroversi Sitti Hikmawatty tentang pernyataan ‘berenang bisa hamil’ berujung pada pemecatan.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Presiden Jokowi Teken Pemecatan Sitty Hikmawatty

Pada awal tahun 2020, Sitti sebagai anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sempat meriuhkan media sosial dengan pernyataan kehamilan dapat terjadi pada perempuan yang sedang berenang di kolam renang.

Waktu itu ia mengatakan “Ada jenis sperma tertentu yang sangat kuat, walaupun tidak terjadi penetrasi, tapi ada pria terangsang dan mengeluarkan sperma, dapat berindikasi hamil,” Ujarnya melansir dari kompas.com.

Pangkal dari pernyataan kontroversial tersebut membawa Sitty Hikmawatty dipecat dari jabatannya sebagai anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Keputusan pemecatan tersebut telah diteken oleh Presiden Joko Widodo berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) bernomor 43/P Tahun 2020.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

Dalam Keppres bernomor 43/P Tahun 2020 itu menjelaskan keputusan presiden tentang pemberhentian tidak hormat anggota KPAI 2017-2022, Sitti Hikmawatty.

Jokowi Resmi Pecat Komisioner KPAI, Sitti Hikmawatty 02

[Baca Juga: Komisaris KPAI Peringatkan Berenang Bisa Hamil, Ini Faktanya]

 

Dilansir dari CNN pemecatan itu berdasarkan surat usulan dari Ketua KPAI dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang menilai Sitti melakukan pelanggaran kode etik.

Sitti dinilai memenuhi syarat untuk diberhentikan tidak dengan hormat sebagai anggota KPAI periode 2017-2022.

Sementara itu, Sitti tidak menerima keputusan Dewan Etik KPAI yang merekomendasikan pemberhentiannya kepada Presiden.

Dilansir dari kompas.com, Senin (27/040) Sitti merasa ia diadili secara berlebihan akibat kesalahan pernyataannya tersebut.

“Saya melihat ada upaya mengadili saya dengan cara yang berlebihan, ketidakmampuan pimpinan dalam mengelola manajemen internal KPAI, serta manajemen konflik di dalamnya,” kata Siti.

Asal tahu saja, Sobat Finansialku, sebelumnya Dewan Etik KPAI merekomendasikan Sitti mengundurkan diri dari secara sukarela dari jabatannya.

Atau KPAI mengusulkan kepada Presiden Jokowi untuk memberhentikan yang bersangkutan dengan tidak hormat dari jabatannya.

 

Profil Sitti Hikmawatty

Dilansir dari detik.com, berikut profil Sitti Hikmawatty:

 

#1 Lulusan Gizi Klinik dan PAUD

Dikutip dari situs resmi KPAI, Sitti merupakan lulusan Akademi Gizi Bandung Depkes RI.

Kemudian, ia juga menyelesaikan pendidikan D-IV Gizi Klinik di Universitas Indonesia.

Ia juga menyelesaikan S-2 di tahun 2007 hingga tahun 2011 untuk program studi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di UNJ.

 

#2 Dosen

Wanita yang lahir tahun 1970 ini juga pernah menjadi dosen di UHAMKA.

 

#3 Caleg PAN

Pada tahun 2014, Sitti pernah menjadi Caleg untuk daerah pemilihan Jawa Barat IX. Ia bergabung bersama Partai Amanat Nasional (PAN) kala itu.

 

#4 Kontroversi PB Djarum

Nama Sitti Hikmawatty pernah juga ramai dibicarakan karena polemik PB Djarum.

Saat itu, ia mewakili KPAI mengenai pernyataan pemberhentian audisi PB Djarum yang harus dilakukan.

Ia menilai, pemberhentian audisi harus dilakukan karena audisi dinilai mengeksploitasi anak-anak dalam menggunakan produk Djarum yang notabene merupakan produk rokok.

 

#5 Pernyataan Soal Kehamilan

Sitti Hikmawatty kembali mengundang kontroversi. Ia disebut mengeluarkan pernyataan bahwa wanita yang berenang satu kolam dengan laki-laki dapat hamil, terlebih saat memasuki masa subur.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel di atas lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 27 April 2020. Presiden Jokowi Berhentikan Sitti Hikmawatty dari Jabatan Komisioner KPAI Kompas.com – https://bit.ly/2KEzzO2
  • Fitria Chusna Farisa. 24 April 2020. Dewan Etik KPAI: Sitti Hikmawaty Tak Akui Kesalahan soal Pernyataan Hamil di Kolam Renang Kompas.com – https://bit.ly/2KBaCTL
  • Admin. 27 April 2020. Jokowi Teken Keppres Pemecatan Sitti Hikmawatty dari KPAI CNN Indonesia – https://bit.ly/2ScNzmn
  • Fahreza Rizky. 27 April 2020. Presiden Jokowi Pecat Sitti Hikmawatty dari KPAI Okezone.com – https://bit.ly/2YfjE0V
  • Puti Yasmin. 23 Febuari 2020. Profil Sitti Hikmawatty, Komisioner KPAI dan Kontroversi ʻWanita Berenang Bersama Pria Bisa Hamil Detik.com – https://bit.ly/3bHxehd

 

Sumber Gambar:

  • Komisioner KPAI 01 – https://bit.ly/2xSX3MU
  • Komisioner KPAI 02 – https://bit.ly/2S5PXeL