Tak hanya latihan fisik, ternyata wejangan dari pelatihnya inilah yang membuat Jonatan Christie bisa sukses di lapangan!

Ketahui rahasia sukses Jonatan Christie melalui pembahasan artikel Finansialku berikut ini! Selamat membaca dan selamat terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Jonatan Christie – Pebulu Tangkis Indonesia

Jojo, demikianlah panggilan akrab dari Jonatan Christie yang lahir di Jakarta 15 September 1997 dari pasangan Andreas Adi dan Marianti Djaja.

Andreas Adi sang ayah adalah sosok yang paling berperan besar dalam proses perjalanan karier Jojo di dunia bulu tangkis.

Sejak kecil, sang ayah memperkenalkannya tentang bulu tangkis dan bagaimana bermain bulu tangkis sejak ia masih berusia 6 tahun.

Selain bulu tangkis, Jojo juga senang olahraga basket dan sepak bola.

Tapi sang ayah menginginkannya untuk fokus pada cabang olahraga bulu tangkis dan Jojo pun semakin menekuni olahraga yang pada akhirnya mengantarkannya pada gerbang kesuksesan itu.

Jonatan Christie 02 - Finansialku

[Baca Juga: Solusi UKM: Peluang Usaha dan Bisnis Unik Lukisan Kertas Dengan Laba Jutaan]

 

Selain berlatih di sekolah dan di luar sekolah, Jojo berlatih bulu tangkis di sebuah klub bernama Klub Taurus.

Karena kerja keras dan latihannya yang tekun, Jojo mendapatkan sejumlah piala dalam berbagai turnamen yang ia ikuti.

Tahun 2008 termasuk tahun kegemilangan Jojo di mana pada saat itu ia berusia 11 tahun dan mendapatkan 7 trofi kemenangan dalam kejuaraan tingkat DKI, nasional dan internasional.

Tidak tanggung-tanggung, Jojo juga berhasil membawa pulang medali emas dalam ajang Olimpiade Pelajar Sekolah Dasar se-Asia Tenggara, Jakarta di tahun yang sama.

Prestasi yang ia torehkan tentu saja membuat nama Tanah Air semakin harum di hadapan dunia.

Tak heran jika Jonatan Christie mendapatkan penghargaan Satya Lencana dari Presiden RI ke-5 Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009.

Semakin sukses, semakin ia berlatih keras sesuai dengan panutannya, Lin Dan, pebulu tangkis asal China yang mendunia.

Berbagai ajang turnamen ia ikuti dan hasil kerja keras atas latihan demi latihan yang ia lakukan tak pernah mengecewakannya di mana ia meraih Juara Junior Asia U-15 Ichiba, Jepang, 2010 dan untuk pertama kalinya ia meraih gelar Senior di ajang International Challenge 2013 di Indonesia saat ia berusia 15 tahun.

Kariernya semakin mencuat dan publik membicarakannya setelah ia mengikuti Indonesia Open di tahun 2015 di mana ia berhasil masuk dalam babak perempat final.

Jonatan Christie 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah UMKM: Sobir Lubis Bocorkan Inspirasi Bisnis dan Rahasia Kesuksesannya!]

 

Tak hanya prestasi yang ia torehkan yang membuat orang terpukau, tetapi juga tampangnya yang ganteng dan maskulin menambah popularitas Jonatan Christie.

Tak heran jika kaum hawa mengidolakan dan menyanjungnya.

Jojo beberapa kali berhasil menambah kekuatan bagi Tim Nasional di Piala Sudirman, SEA Games, dan Thomas Uber Cup meski dari segi usia, ia tergolong yang paling muda.

Pertandingan skala dunia berikutnya yang ia ikuti antara lain SEA Games 2015, anggota skuad timnas dalam Piala Sudirman di tahun 2015 dan bagian dari tim Thomas-Uber Cup 2016.

Kualitasnya semakin mantap sehingga Jojo dipercaya oleh Merah Putih untuk menjadi pemain andalan Indonesia dalam SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia dan berhasil menyumbangkan satu medali emas dari tunggal putra.

Sebelum membahasnya lebih jauh, yuk atur arus kas Anda dengan rapi, teratur dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansial Anda semakin baik.

Anda bisa men-download aplikasi Finansialku dari melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium agar Anda bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Gunakan saja fitur Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku untuk berkonsultasi kapan pun dan di mana pun.

Nah, jika ingin jauh lebih memahami mengenai perencanaan keuangan, dapatkan pengetahuannya melalui buku yang telah ditulis oleh CEO sekaligus CFP ternama dari Finansialku.

Ingin memiliki bukunya? Jangan lupa klik di bawah ini ya!

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 01 - Finansialku

Klik Di Sini!

 

Rahasia Sukses Jonatan Christie

Seperti yang telah kita ketahui bersama, dalam ajang Asian Games 2018 silam, Jonatan Christie kembali mengharumkan nama Ibu Pertiwi melalui keberhasilannya memboyong medali emas tunggal putra bulu tangkis.

Tak mudah untuk mengalahkan para kompetitor yang handal apalagi dalam pertandingan final, Jonatan Christie harus berhadapan dengan Chou Tien Chen, kompetitor asal Chinese Taipei (Taiwan).

Namun, kemenangan akhirnya dapat ia raih dengan skor 21-18, 20-22 dan 21-15 saat pertandingan di Stadion Istora dan ia berhasil mendapatkan medali emas, sama seperti pendahulunya Taufik Hidayat pada 12 tahun lalu di Doha, Qatar.

Kesuksesannya saat ini tidak lain karena dorongan sang ayah yang merupakan seorang atlet basket agar Jonatan Christie, anaknya itu mengikuti ekstrakurikuler bulu tangkis semasa di Sekolah Dasar.

Jonatan Christie 04 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis, Berikut Ini Cara Jitu Mengembangkan Bisnis Dengan Media Sosial]

 

Setiap hari, Jonatan Christie berlatih bulu tangkis dari jam 4 pagi.

Saat ia bergabung dengan sebuah klub bulu tangkis, sang pelatih ternyata melihat potensi seorang jawara dalam diri Jojo .

Selain sang ayah, Hendry Saputra yang merupakan pelatih bulu tangkis dan Simon Santoso sang senior pebulu tangkis juga termasuk sosok yang sangat berpengaruh dalam karier Jonatan Christie.

Melalui tangan dingin Hendry Saputra atau yang biasa dipanggil Coach Hendry, Jojo ditempa hingga menjadi seorang jawara bulu tangkis tingkat internasional.

Menurutnya, ia sangat cocok dengan pelatihan yang diterapkan oleh Coach Hendry.

Selain pelatihan fisik yang ditanamkan, Jonatan Christie senantiasa diberikan nasihat secara rohani di mana Coach Hendry senantiasa menyelipkan perumpamaan dan firman Tuhan, selalu membandingkan perumpamaan dari Alkitab dengan dunia nyata, seperti yang dilansir dari laman Sport.bisnis.com.

Jojo memiliki prinsip hidup bahwa manusia memang butuh uang, tapi uang bukanlah segalanya.

Seperti pernyataan yang ia sampaikan,

Yang terpenting, kita harus bahagia, bersyukur dan memberi cinta kasih kepada sesama.”

 

Setelah menjadi atlet nasional, tentu ia harus tinggal di asrama dan jauh dari keluarga.

Menurutnya, itu adalah salah satu kesulitan tersendiri karena ia merasa kangen dengan keluarga, terutama sang mama.

Karena pelatihnya termasuk pelatih yang keras dan tegas, tak jarang ia diminta untuk terus berlatih sehingga tidak ada libur baginya.

Jonatan Christie 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Cerdas Karyawan Memulai Bisnis Tanpa Mengabaikan Pekerjaan Utama]

 

Rahasia sukses Jonatan Christie juga terletak pada prinsipnya untuk mengandalkan dan berserah diri penuh kepada Tuhan dan tidak mengandalkan orang lain, siapapun dan sehebat apapun orang tersebut.

Menurutnya pedoman ora et labora (berdoa dan bekerja) sangatlah membentuk kehidupannya.

Oleh sebab itu, ia selalu mengusahakan untuk rutin pergi ke gereja dan merenungkan firman Tuhan.

Tak mudah untuk bisa mencapai posisi cemerlang seperti Jonatan Christie.

Itulah sebabnya, ia selalu ingat kata sang pelatih seperti yang dilansir dari Sport.bisnis.com,

“Pelatih saya pernah bilang, ‘Apa yang kamu tuju harus kamu doakan. Tak bisa kerja keras saja, karena tanpa doa ya percuma. “Dulu saat diberi kemenangan sama Tuhan, spiritualitas saya sempat meredup. Saat kalah, saya merasa ingin dekat lagi dengan Tuhan. Ini hal yang menurut saya penting, satu proses menuju kesuksesan.”

 

Fakta Menarik Jonatan Christie

Nyatanya, Jonatan Christie memiliki sejumlah fakta menarik yang belum banyak diketahui oleh orang-orang, mulai dari:

 

#1 Mengawali Karier di PB Tangkas

Sebagai jawara bulu tangkis tingkat internasional, Jonatan Christie mengawali kariernya melalui klub PB Tangkas, Jakarta dan mendapatkan gelar senior saat berusia 15 tahun di turnamen Indonesia International Challenge 2013.

 

#2 Ranking Nasional dan Dunia

Dengan total poin 46220, Jonatan Christie berada di peringkat kedua sektor tunggal putra berdasarkan informasi dari situs web resmi PBSI.

Dalam peringkat dunia, ia berada di posisi ke-15, satu tingkat di bawah Lin Dan, atlet bulu tangkis asal China.

 

#3 Mengikuti Berbagai Kejuaraan Tingkat Nasional & Internasional

Berbagai kejuaraan yang telah diikuti oleh Jonatan Christie, antara lain Kejuaraan ICTOR Korea Open, DAIHATSU YONEX Japan Open, DANISA Denmark Open, YONEX French Open, TAHOE China Open, dan YONEX-SUNRISE Hong Kong Open pada tahun 2017.

Di tahun 2018, sebelum mengikuti ajang  Asian Games 2018, Jonatan Christie pernah mengikuti beberapa kejuaraan lain, di antaranya Perodua Malaysia Masters, DAIHATSU Indonesia Master, YONEX German Open, YONEX All England Open, Badminton Asia Championships.

Selain itu, ia juga telah mengikuti kejuaraan BARFOOT & THOMPSON New Zealand Open, CELCOM AXIATA Malaysia Open.

Jonatan Christie 06 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Kinerja INDF yang Terbeban Di Bisnis Agrikultur? Apa Bisa Bangkit Lagi?]

 

#4 Senang Musik

Tidak hanya jago di lapangan, ternyata Jonatan Christie juga senang dalam bidang musik. Terbukti dalam sebuah unggahannya di akun pribadi Instagram @jonatanchristieofficial saat ia sedang bermain gitar.

Selain itu, ia juga senang bernyanyi sambil bermain gitar bersama rekan sesama pebulu tangkis yang diunggah dalam channel Youtube-nya, Jonatan Christie.

 

#5 Pernah Main Film

Tak disangka, ternyata Jonatan Christie pernah berada di layar kaca di mana ia berakting dalam sebuah film bertemakan bulu tangkis berjudul “King” karya karya Arie Sihasale.

 

#6 Pernah Mengikuti Indonesia International Challenge

Di usia muda, tepatnya saat ia berusia 15 tahun, Jonatan Christie bahkan sudah mengikuti Indonesia International Challenge.

 

Deretan Prestasi Jonatan Christie

  • Juara I kejuaraan daerah (kejurda) DKI Jakarta, 2008;
  • Juara I kejuaraan usia dini BM-77,2008;
  • Juara I kejuaraan Astec, 2008;
  • Juara I Olimpiade Olahraga dan Siswa Nasional (O2SN), 2008;
  • Juara I “Tetra Pak Open Milk Cup”, 2008;
  • Medali Emas Olimpiade Pelajar Sekolah Dasar se-Asia Tenggara, Jakarta, 2008;
  • Juara Junior Asia U-15 Ichiba, Jepang, 2010;
  • Juara ASEAN School 2013;
  • Medali Perak Beregu World Junior Championships 2013, 2014;
  • Juara Indonesia International Challenge 2013;
  • Runner Up Indonesia International Challenge 2014 ;
  • Juara International Challenge Swiss Open 2014;
  • Perempat final Indonesia Super Series Premier 2015;
  • Medali Emas SEA Games Beregu Putra 2015;

 

Anda Juga Pasti Bisa Sukses

Itu dia sederetan prestasi dan rahasia sukses dari Jonatan Christie, pebulu tangkis asal Indonesia yang mengharumkan nama bangsa.

Ingat, tidak ada sukses yang instan. Semua memiliki prosesnya masing-masing.

Seperti Jonatan Christie yang tidak pernah berhenti berlatih untuk menggapai kesuksesannya kelak.

Selain itu, Jojo selalu yakin akan kemampuan yang akan diperoleh olehnya sembari membuktikannya di hadapan banyak orang. Tidak hanya bermimpi semata.

Maka dari itu, yuk temukan jalan dan proses yang akan mengantarkanmu ke pintu gerbang kesuksesan di masa yang akan datang.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Inspirasi apa yang Anda dapatkan dari rahasia sukses dan kehidupan Jonatan Christie? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini! Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 13 Fakta yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Jonatan Christie. Gulalives.co – https://bit.ly/35yKzpt
  • Admin. Biodata & Profil Jonatan Christie. Kepogaul.com – https://bit.ly/32fMDRk
  • Andhika Anggoro Wening. 28 Agustus 2018. Profil Jonatan Christie, Pebulu Tangkis Religius yang Jarang Dapat Libur. Sport.bisnis.com – https://bit.ly/32fNd1s
  • Duanto. 29 Agustus 2018. Riwayat Prestasi Jonatan Christie, Pebulutangkis yang Pernah Tampil di “King. Jambi.tribunnews.com – https://bit.ly/2MdCCyd
  • Junika Kasih. 30 Agustus 2018. Yuk, Kenalan Lebih Dekat dengan Jonatan Christie!. Gramedia.com – https://bit.ly/2MgwjKg
  • Mirna Tribun. 29 Agustus 2018. Mengulas Kehidupan Jonatan Christie, Dari Profil Lengkap Hingga 6 Fakta Menarik. Pontianak.tribunnews.com – https://bit.ly/2OLfjO1
  • Monica Wijaya. 5 Fakta Unik Jonatan Christie, si Atlet Bulu Tangkis yang Punya Banyak Prestasi!. Hipwee,com – https://bit.ly/2VE42Rd

 

Sumber Gambar:

  • Jonatan Christie 1 – http://bit.ly/2J3F4Wo
  • Jonatan Christie 2 – http://bit.ly/2P41xXc
  • Jonatan Christie 3 – http://bit.ly/2pCM9pK
  • Jonatan Christie 4 – http://bit.ly/2Mu28zE
  • Jonatan Christie 5 – http://bit.ly/33LZLxI
  • Jonatan Christie 6 – http://bit.ly/2BoauCq