Jumat (10/04) dan Minggu (12/04) adalah peringatan Jumat Agung dan Paskah 2020 untuk umat Kristiani. Sebelum beri ucapan, tahukah maknanya?

Cari tahu jawabannya di artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sejarah dan Esensi Paskah atau Jumat Agung

Setiap tahunnya, ada satu hari yang selalu dirayakan dengan penuh khidmat oleh seluruh umat Kristiani di seluruh pelosok dunia sebagai hari kematian Yesus Kristus (Jumat Agung) dan kebangkitan Yesus (Paskah).

Ya, Paskah dan Jumat Agung selalu menjadi momentum yang tepat untuk mengingat kembali karya pengorbanan Yesus untuk menyelamatkan manusia, bisa dirasakan dan dinikmati hingga hari ini.

Paskah sendiri bisa diperingati sebagai dasar, titik tolak, dan pusat imannya kawan-kawan kita yang Kristiani.

Karena pada hari ini, Yesus, atas kasih sayang tak terhingga yang Dia miliki untuk para umatnya, rela mengorbankan nyawanya untuk dieksekusi, demi menebus dosa umatnya.

Momen ini, adalah momen di mana Yesus disalibkan, mati, bangkit setelah mengorbankan nyawa untuk umatnya. Dalam Alkitab, 1 Kor. 15:14 dikatakan,

“Andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sia jugalah kepercayaan kamu.”

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Sejarah paskah Kristiani sebenarnya tidak bisa begitu saja terpisah dari perayaan paskah Yahudi.

Melansir laman tirto.id, Secara historis, hari Paskah sudah dirayakan oleh pemeluk agama Yahudi sejak sekitar tahun 1300 Sebelum Masehi, sementara Isa Almasih atau Yesus lahir sekitar tahun 7 sampai 6 Sebelum Masehi.

Dalam kepercayaan Yahudi, kisah paskah dimulai ketika Firaun khawatir terjadinya ledakan penduduk Yahudi di Mesir akan melebihi jumlah bangsanya sendiri.

Untuk mengantisipasi mimpi buruk itu jadi kenyataan, bangsa Ibrani Kuno dipaksa jadi budak. Setiap anak yang lahir dari bangsa Ibrani pun harus dibunuh dan ditenggelamkan di Sungai Nil.

Di Alkitab sendiri, kisah ini terekam dalam Kitab Keluaran. Dalam kitab tersebut, dikatakan kalau Musa lah orang yang membantu proses pelarian bangsa Ibrani.

Dalam perayaan Paskah Yahudi, terdapat tradisi yang tidak dirayakan oleh umat kristiani, seperti anak sulung laki-laki yang akan berpuasa untuk memperingati selamatnya mereka dari pembunuhan anak sulung di zaman Firaun.

Esensi Jumat Agung, Paskah, dan Daftar Ucapan Paskah 2020 02

[Baca Juga: Contoh Keren dan Trik Mudah Membuat Kartu Ucapan Selamat Natal]

 

Setelah itu, diadakan sebuah upacara perjamuan makan disertai dengan doa, minum anggur, pembacaan Ulangan 26:5-11 yang kemudian disambut dengan iringan nyanyian doa Mazmur 113-118.

Sesudah pembacaan dan nyanyian doa, kepala keluarga biasanya akan membagikan roti yang tidak beragi, daging anak domba dan kuah pahit, dan minuman anggur di dalam sebuah cawan yang diedarkan.

Pada perjamuan itu, ada beberapa makanan yang disajikan yang dihidangkan untuk menjadi simbol paskah.

Misalnya Roasted Shank Bone sebagai simbol pengorbanan Paskah, telur yang mewakili musim semi, dan lingkaran kehidupan, sayuran pahit untuk menandakan pahitnya perbudakan.

Juga haroset untuk melambangkan mortar yang digunakan oleh orang-orang Yahudi di Mesir, dan karpa yang menjadi simbol musim semi.

Bukan hanya itu, dalam perayaan ini, umat Yahudi juga menyertakan tiga potong kudapan serupa biskuit yang mewakili roti yang dibawa orang Israel ketika meninggalkan Mesir.

Serta air garam sebagai sebuah simbol air mata para budak pada Masa Firaun yang menderita.

Dari laman paskah.sabda.org, perayaan Paskah oleh Umat Kristiani juga tidak jauh berbeda dengan perayaan Paskah Umat Yahudi.

Tapi, dikatakan, peristiwa penyaliban, kematian, dan kebangkitan Yesus bukan saja mempunyai makna keluaran yang sama dengan Paskah Yahudi.

Esensi Jumat Agung, Paskah, dan Daftar Ucapan Paskah 2020 03

[Baca Juga: Daftar 10 Negara Paling Religius di Dunia, Indonesia Masuk Gak Ya?]

 

Upacara makan “Roti tidak beragi” yang diadakan pada Jumat malam ini juga dilakukan oleh Yesus dengan rasulnya, yang disebut dengan “Upacara Perjamuan Malam”.

Perjamuan malam inilah yang mengawali Hari Jumat Agung, namun puncaknya adalah penyaliban Yesus.

Peristiwa ini diperingati umat Kristiani sebagai bentuk penebusan Yesus yang dijadikan ‘domba paskah’ untuk menebus dosa manusia, sehingga setiap orang yang percaya beroleh keselamatan kekal.

 

Daftar Ucapan Paskah Dalam Bahasa Indonesia

Untuk Sobat Finansialku yang ingin mengucapkan kawan-kawan atau keluarga Kristiani, bisa menggunakan beberapa pilihan dari beberapa sumber di bawah ini:

 

#1 Berharap Paskah yang Indah

“Berharap Paskah indah, penuh dengan kedamaian dan kebahagiaan. Selamat Paskah 2020! Tuhan berkati kita semua.”

 

#2 Membalas Kebaikan Yesus

“Yesus telah menderita, mengorbankan nyawanya di salib untuk kita semua, umatnya. Sekarang Dia telah bangkit dari kesakitan. Bersama dengan itu, mari kita bangkit dan menjadi lilin yang selalu menyala dengan berbuat baik pada sesama. Selamat Paskah 2020.”

 

#3 Gemakan Paskah!

“Bergiranglah hai Manusia di dunia! Terbit sudah sinar terang bercahaya, terhalaulah kegelapan maut dosa. Gemakan dengan bangga Paskah Raya. Selamat Paskah 2020!”

 

#4 Kemenangan Kristus dan kita!

“Bila pagi hari mentari boleh bersinar itu anugerah, bila Kristus rela mati untuk kita itu karena kasih-Nya, kepada kita dan saat ini ia bangkit, itulah kemenangan kita!”

 

#5 Harapan Untuk Semua

“Selamat Paskah! Semoga di hari yang suci ini, kita semua selalu diberikan sukacita dan penuh dengan kasih!”

 

#6 Penebusan Pengorbanan Yesus

“Karena pengorbanan-Nya kita ditebus, karena kebangkitan-Nya kita dimenangkan oleh Juruselamat kita, Yesus. Selamat Paskah 2020!”

 

#7 Menyongsong Paskah

“Selamat menyongsong Paskah bagi kita semua. Pengorbanan-Nya senantiasa memberikan kita kekuatan untuk berbuat baik lagi demi kemuliaan nama Tuhan di dunia ini.”

 

#8 Bentuk Kasih Yesus

“Memberikan nyawa untuk menebus dosa-dosa kita merupakan bentuk kasih Kristus. Semoga hari ini, Paskah yang indah dan penuh dengan cinta selalu membawa kita semua ke dalam damai dan bahagia selalu dan selamanya. Selamat Paskah 2020!”

 

#9 Paskah dan Kebahagiaan

“Paskah adalah saat di mana kita tersenyum, bersuka cita, dan bergembira. Semoga Paskah 2020 ini penuh dengan keindahan, kebahagiaan, dan kedamaian. Selamat Paskah 2020! Tuhan Memberkati kita semua.”

 

#10 Kemenangan Yesus

“Selamat Hari Paskah 2020! Semoga kemenangan Yesus serta kebangkitannya menjadi harapan baru di tengah tantangan hidup kita. Yesus Memberkati.”

 

Daftar Ucapan Paskah Dalam Bahasa Inggris

Di bawah ini adalah beberapa ucapan Paskah dalam Bahasa Inggris yang bisa Sobat Finansialku tiru:

 

#1 Paskah Sebagai Berkah Hidup Aman

“The save life is so blessing with us. Happy Easter Day!”

 

#2 Makna Paskah

“Easter day tell us that life is not to be interpreted simply but ideally interpreted. Happy Easter Day!”

 

#3 Harapan dan Kedamaian di Hari Paskah

“Happy Easter Day! May this Easter day would bring love, joy, and peace to all of Us. May the beauty of God, the Son, and the Holy Spirit warm your home.”

 

#4 Kesejahteraan dari Yesus

“Happy Easter for us! May this beautiful day be a testimony to God’s love and glory.”

 

#5 Merasakan Cinta Yesus

“Happy Easter! May you feel the love of Jesus on this blessed day!”

 

#6 Paskah yang Indah

“Happy Easter! I wish you and your family a blessed Easter, fresh with new joys and promises, love and happiness.”

 

#7 Mari Kita Bangkit Bersama

“Happy Easter to you! Let us rise together with Jesus for our new life, new hope, and renewal in our hearts.”

 

#8 Tanda Cinta Yesus

“Whenever we see the Cross, may it always be a sign of Life and Hope, a reminder of everlasting love from Jesus. Happy Easter!”

 

#9 Bersuka Cita Di Hari Paskah

“Happy Easter to all of us! Rejoice and sing for this beautiful day that Easter brings! Jesus died for us all so we may all stand tall!”

 

#10 Bertemu Harapan Baru di Hari Paskah

“In this beautiful day, may you find a new hope, health, love, and the spirit of Jesus. Happy Easter to you and your family!”

 

Nah, dari 20 ucapan Paskah 2020 ini, adakah Sobat Finansialku yang punya ucapan lain selain ucapan di atas? Kalau ada, sampaikan lewat kolom komentar, ya!

Bagikan ucapan-ucapan ini pada teman-teman Sobat Finansialku melalui pilihan platform yang ada di bawah ini! Semoga Bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 21 Maret 2019. 7 Ucapan Selamat Paskah dalam Bahasa Inggris, Cocok Dibagikan Lewat Medsos. Travel.tribunnews.com – https://bit.ly/3e9DjF1
  • Admin. 9 April 2020. 20 Ucapan Paskah 2020 Berbahasa Inggris dan Indonesia, Cocok untuk Update WhatsApp & Instagram. Tribunnews.com – https://bit.ly/3e5P6UF
  • Admin. 9 April 2020. Ucapan Paskah. Paskah.sabda.org – https://bit.ly/2UVQtxS
  • Admin. 9 April 2020. 100+ Kata-Kata Ucapan Selamat Paskah Kristen Terbaik 2020. Irwinday.web.id – https://bit.ly/2UYlS2F
  • Admin. 6 April 2020. Ide Ucapan Paskah 2020 yang Menyentuh Perasaan. Glitzmedia.co – https://bit.ly/34s0juf
  • Admin. 3 Oktober 2010. Paskah dan Sejarahnya. Paskah.sabda.org – https://bit.ly/3ec0uyy
  • Widia Primastika. 20 April 2019. Sejarah Paskah Yahudi dan Bedanya dengan Paskah Kristen. id – https://bit.ly/2UUuqHB

 

Sumber Gambar:

  • Paskah 01 – https://bit.ly/34o3OBR
  • Paskah 02 – https://bit.ly/3c8X6m9
  • Paskah 03 – https://bit.ly/3aYzmRp