Peneliti Inggris menemukan obat dexamethasone manjur lawan virus corona atau Covid-19. Benarkah? Selengkapnya di artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Obat Dexamethasone Dapat Sembuhkan Pasien Covid-19

Kabar baik. salah satu obat pasar diidentifikasi ampuh menyelamatkan pasien positif virus corona atau Covid-19.

Menurut peneliti di Inggris, obat anti-inflamasi golongan kortikosteroid, dexamethasone, dianggap manjur melawan virus corona.

Dexamethasone merupakan salah satu obat yang tengah diuji klinis dalam eksperimen mencari pengobatan yang efektif menyembuhkan Covid-19, penyakit yang disebabkan virus corona.

Mengutip kumparan, Rabu (17/06) persentase sembuh terbilang besar dengan bantuan dexamethasone. Sekitar 19 dari 20 pasien yang terjangkit Covid-19 dapat sembuh tanpa dirawat di rumah sakit.

Seperti diketahui, sebagian pasien yang dirawat di rumah sakit juga dapat disembuhkan, namun pasien yang bergejala berat membutuhkan alat bantu oksigen atau ventilator.

Nah, obat dexamethasone dianggap mampu membantu pemulihan pasien dengan gejala berat tersebut. Selain itu juga, dexamethasone bisa mengurangi tingkat kematian akibat Covid-19 hingga 1/3 pada kasus-kasus serius.

Kabar Baik!! Dexamethasone Dapat Pulihkan Pasien Covid-19 02

[Baca Juga: Hai! Sudah Tahu 5 Tips Sehat Sederhana Saat New Normal Ini?]

 

Dalam satu kesempatan uji coba, tim peneliti dari Oxford University memberi dexamethasone kepada 2.000 pasien COVID-19, sementara 4.000 pasien lain tidak diberi obat ini. 

Hasilnya, satu kematian bisa dicegah di antara 25 pasien Covid-19 yang menerima obat dan menggunakan oksigen.

“Hasilnya menunjukkan bahwa jika pasien yang memiliki Covid-19 dan menggunakan ventilator atau oksigen, lalu diberi deksametason, itu akan menyelamatkan nyawa, dan biaya-pun sangat rendah,” kata Martin Landray, seorang Profesor Oxford mengutip dari CNBC Indonesia.

Menurut para peneliti, jika obat ini dipakai untuk merawat pasien corona di Inggris sejak awal, lebih dari 5.000 jiwa bisa diselamatkan.

“Ini adalah satu-satunya obat yang sejauh ini terbukti mengurangi angka kematian dan menguranginya secara signifikan,” kata peneliti utama riset ini Peter Horby masih mengutip CNBC Indonesia.

Sebetulnya, obat dexamethasone mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau. Meski begitu, untuk yang tidak memerlukan dukungan alat pernapasan, tidak ditemukan manfaat dari pengobatan obat ini.

Untuk itu, Horby menegaskan manfaat obat ini adalah “untuk bertahan hidup pada pasien yang memerlukan perawatan oksigen”.

“Jadi dexamethasone sekarang harus menjadi standar perawatan pasien,” tegasnya.

Virus corona atau Covid-19 yang bermula dari Wuhan, China ini telah menjangkiti 8 juta lebih orang di dunia. Sebanyak 400 ribu lebih orang meninggal karena virus ini.

Hingga saat ini, negara yang memiliki kasus Covid-19 terbanyak adalah Amerika Serikat, negara tersebut mencatat total keseluruhan positif mencapai angka 2.206.831.

Sementara itu, Indonesia kini berada di peringkat 31 dunia dan 1 se-Asia Tenggara. Indonesia mencatat adanya kasus baru sebanyak 1.106, sehingga total keseluruhan untuk saat ini mencapai angka 40 ribu lebih.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Dukung Mereka yang Berjuang Meredakan Virus Corona

Sobat Finansialku, belum ada kata terlambat bagi kita untuk membantu saudara-saudara kita yang tengah berperang dengan virus corona.

Mari kita tunjukkan dukungan kita dengan menyisihkan sebagian uang kita bagi mereka yang tengah berjuang menemukan jalan keluar dari pandemi ini.

Sobat Finansialku bisa mendonasikan sebagian harta untuk membantu meringankan beban mereka bersama Finansialku, dengan menekan tombol di bawah ini.

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi 02

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Berapa jumlahnya, kami sangat berterima kasih atas kebaikan dan kepedulian Sobat Finansialku. Semoga, donasi ini akan memberikan senyuman dan semangat bagi mereka!

 

Tetap jaga kesehatan ya, Sobat Finansialku, kami tak bosan untuk mengingatkan agar rutin mencuci tangan dan gunakan masker jika bepergian, serta upayakan untuk jaga jarak.

Sebarkan informasi ini kepada kawan dan sanak-saudara lewat platform yang ada di bawah ini. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Sefti Oktarianisa. 17 Juni 2020. Kabar Baik, ‘Obat Pasar’ Dexamethasone Ampuh Sembuhkan Corona. CNBC Indonesia – https://bit.ly/2BedLHO
  • Agritama Prasetyanto. 17 Juni 2020. Obat Dexamethasone Ampuh Sembuhkan Pasien Corona. Kumparan.com – https://bit.ly/3htCBE2
  • Sarah Nurul Fatia. 17 Juni 2020. Update Virus Corona di Dunia Rabu 17 Juni 2020, Indonesia Berada di Peringkat 31 Dunia. Pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/3fqso9A

 

Sumber Gambar:

  • Deksametason 01 – https://bit.ly/2AMcFD0
  • Deksametason 02 – https://bit.ly/3hBrfxW