Wajib tahu, inilah beberapa fakta tentang BLT BPJS Kesehatan sebesar Rp 4 juta per KK. Hoaks atau bukan? Simak jawabannya di artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Apakah BLT BPJS Itu?

BLT BPJS sendiri terdiri dari dua kategori yaitu BLT BPJS Kesehatan dan BLT BPJS Ketenagakerjaan. BLT merupakan singkatan dari bantuan langsung tunai yang diberikan oleh pemerintah melalui kementerian yang menaunginya.

Bantuan ini menjadi sangat dibutuhkan kala pandemi sekarang ini. Pasalnya, banyak karyawan yang dirumahkan dan lapangan kerja diperkecil.

Hal ini tentu berdampak pada keadaan ekonomi beberapa keluarga. Jadi, kabar apa pun di internet yang menyinggung ‘pemberian dana gratis’ dari pemerintah pasti akan menarik minat banyak pihak.

Itu sebabnya banyak oknum yang memanfaatkan kondisi ini dengan tujuan tertentu yang menguntungkan pihaknya. Oknum pembuat berita yang tidak benar atau hoaks ini berkeliaran di media sosial demi memburu traffic kunjungan.

Hal tersebut memang sangat efektif dan menguntungkan bagi oknum, tetapi sangat merugikan bagi pihak yang membacanya secara mentah.

 

Cari Tahu Kebenaran Berita yang Anda Baca, Hoaks atau Bukan?

Berita mengenai bantuan dana sebesar Rp 4 juta kian marak dibicarakan masyarakat. Sayangnya, berita tersebut telah disanggah oleh pihak terkait. Berita mengenai bantuan yang beredar tersebut adalah keliru dan tidak benar.

Berita yang beredar tersebut memaparkan cara sederhana dalam memperoleh bantuan dari pemerintah, padahal jika benar ada bantuan, tahap pencairannya pasti rumit dan lama.

Baik itu cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan dan/atau BPJS Kesehatan sekali pun.

Untuk itu, agar Anda terhindar dari berita-berita bodong yang merugikan, Anda harus mencari kebenaran berita dengan cara-cara berikut ini.

 

#1 Jangan Terpengaruh dengan Judul yang Provokatif

Banyak pembuat berita hoaks yang membuat judul provokatif agar pembaca tertarik membuka artikelnya. Tentunya, Anda bisa membedakan judul artikel hoaks dengan yang tidak.

Judul provokatif ini akan meningkatkan emosi pembacanya dan terakseslah konten hoaks tersebut. Bahkan format penulisan judul yang provokatif juga biasanya tidak sesuai kaidah penulisan artikel.

Jadi, Anda jangan sampai putus asa sehingga percaya begitu saja pada berita-berita hoaks.

Kabar BLT BPJS Kesehatan Sebesar Rp 4 Juta Per KK. Hoaks 01 - Finansialku

[Baca Juga: Penyakit Epilepsi Adalah Penyakit Berbahaya! Apa Benar Di Tanggung BPJS?]

 

#2 Periksa Kebenaran Alamat Situs

Banyak orang yang menyebarkan berita hanya sebatas tangkapan layar sebuah judul tanpa memaparkan isi di dalamnya. Hal tersebut sangat salah karena dapat menimbulkan misinformasi yang fatal.

Apalagi jika judul artikel yang disebar merupakan yang provokatif. Baiknya, dalam membaca berita, Anda cermati keseluruhan isi dan alamat situs yang merilis beritanya.

Perhatikan URL yang digunakan situsnya, apakah telah resmi dan valid atau tidak. Jika nama situs yang merilis berita dengan judul provokatif tersebut terdengar aneh, maka Anda perlu curiga.

Kabar BLT BPJS Kesehatan Sebesar Rp 4 Juta Per KK. Hoaks 02 - Finansialku

[Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan: Antara Digitalisasi vs Efisiensi]

 

#3 Periksa Fakta di Situs Resminya

Saat Anda membaca berita sakral di suatu situs, sebaiknya Anda cari juga kebenarannya di situs lain yang lebih resmi. Hal tersebut agar informasi yang Anda dapatkan tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Fakta yang terpercaya dan dapat dibuktikan kebenarannya dapat Anda temukan di situs yang berwenang merilis berita tersebut.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

12 Ebook Perencanaan Keuangan 30an

 

#4 Rujuk Beritanya di Situs Terkait

Misal berita yang sedang dibaca adalah tentang penyebab BPJS Ketenagakerjaan tidak cair, periksa situs resmi yang terkait dengan ketenagakerjaan.

Atau jika Anda membaca berita terkait BLT BPJS Kesehatan, Anda perlu mengunjungi situs resmi yang membahas kesehatan. Hal tersebut agar informasi yang Anda peroleh benar dan sesuai fakta.

 

#5 Cek Kebenaran Informasi di Kementerian Terkait

Nah, seperti yang telah diketahui, kebenaran informasi hanya datang dari situs resmi dan terpercaya. Jika Anda membaca berita mengenai BLT BPJS Ketenagakerjaan belum cair, maka yang perlu dikunjungi adalah situs kementerian ketenagakerjaan.

Jika Anda membaca berita tentang BLT BPJS Kesehatan, yang harus Anda kunjungi tentu situs Kementerian Kesehatan. Tentang apa pun berita yang Anda baca, pastikan cek kebenarannya di situs kementerian atau lembaga yang terkait.

Kabar BLT BPJS Kesehatan Sebesar Rp 4 Juta Per KK. Hoaks 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Beli Rumah Pakai BPJS, KPR BPJS Ketenagakerjaan]

 

#6 Cek Keaslian Foto Yang Terlampir di Berita

Berita yang hoaks, biasanya melampirkan foto yang palsu atau telah diedit sebelumnya. Untuk mengecek keaslian foto, Anda bisa memanfaatkan fitur yang disediakan oleh Google yaitu Google Images.

Di sana, Anda bisa mengetahui apakah foto yang dilampirkan di berita asli atau merupakan curian dari situs lain.

 

#7 Ikut Serta Dalam Grup Anti Hoaks

Biasanya ada banyak grup di Facebook atau platform lain yang di dalamnya menginformasikan detail berita hoaks. Jika keluarga atau kerabat Anda mendapati berita yang tidak meyakinkan, Anda bisa bertanya di grup tersebut.

Lalu Anda bisa mencegah penerusan berita hoaks tersebut agar tidak menyebar terlalu luas.

Kabar BLT BPJS Kesehatan Sebesar Rp 4 Juta Per KK. Hoaks 04 - Finansialku

[Baca Juga: Untuk Dana Pensiun Nanti Pilih Mana: Reksa Dana, BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK?]

 

BLT Kesehatan Rp 4 Juta Tidak Dibenarkan Oleh Pihak Terkait

Kabar yang beredar mengenai BLT Kesehatan sebesar Rp 4 juta per KK ternyata tidak dibenarkan oleh pihak terkait. Selama ini belum ada informasi apa pun terkait BLT Kesehatan, kalau BLT BPJS Ketenagakerjaan memang sedang diproses.

Segera daftar BLT BPJS Ketenagakerjaan sekarang juga! Cek situsnya dan periksa apakah Anda termasuk yang menerima bantuan. Jika tidak, mungkin ada beberapa kekeliruan penyebab BLT BPJS Ketenagakerjaan tidak cair.

 

Hati-Hati Termakan Berita Hoaks!

Setelah Anda tahu bahwa berita mengenai BLT BPJS Kesehatan tidaklah benar. Anda seharusnya berhati-hati akan berita-berita lain yang tersebar di internet. Pastikan Anda tahu fakta sebenarnya dari pihak yang berwenang merilis informasinya.

Berita terkait BLT BPJS Kesehatan dan BLT BPJS Ketenagakerjaan kunjungannya sedang tinggi-tingginya.

Sebab itulah banyak oknum tidak bertanggung jawab yang merilis berita dengan judul provokatif agar mendapat banyak kunjungan. Jangan sampai Anda menjadi orang yang terprovokasi oleh berita hoaks tersebut!

 

Jadi, sudah tahu kan mana yang hoaks dan asli? Yuk, sebarkan informasi bermanfaat ini pada sesama peserta BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Tim Portal Jember. 08 Oktober 2020. BLT Rp4 Juta Akan Cair Untuk Pemilik BPJS Kesehatan, Benarkah? Ini Penjelasannya. Portaljember.pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/2VQwa4z
  • Encep Faiz. 07 Oktober 2020. Cek Fakta: Peserta BPJS Kesehatan Dikabarkan Akan Dapat BLT Rp4 Juta, Ini Faktanya. Mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/3mWZn9O
  • Admin. 06 Oktober 2020. [Fakta atau Hoaks] Benarkah Keluarga Peserta BPJS Kesehatan Dapat BLT Rp 4 Juta Per Orang? Cekfakta.tempo.co – https://bit.ly/3n0wpWG
  • Fellyanda Suci Agiesta. 28 September 2020. CEK FAKTA: Hoaks Setiap KK yang Terdaftar BPJS Dapat BLT Rp4 Juta. Merdeka.com – https://bit.ly/39TUcnk

 

Sumber Gambar:

  • BLT 1 – https://bit.ly/3go0zAq
  • BLT 2 – https://bit.ly/2JZTn1w
  • BLT 3 – https://bit.ly/3gprR9w
  • BLT 4 – https://bit.ly/36VhIOU