Cryptocurrency atau mata uang kripto merupakan satu komoditas investasi baru yang sedang ramai dan cukup diminati oleh masyarakat dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Mata uang ini dianggap memiliki potensi keuntungan yang besar di masa yang akan datang. Uang kripto juga dianggap praktis dan cepat dalam transaksinya.

Meski begitu, lembaga otoritas negara serta beberapa perbankan tak menganggap mata uang kripto sebagai instrumen investasi atau mata uang yang sah.

Namun, keputusan Bappebti menjadi angin segar dan kabar gembira bagi investor mata uang kripto.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Mata Uang Kripto Resmi Menjadi Subjek Perdagangan Berjangka

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti telah menetapkan uang kripto sebagai subjek komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa perdagangan berjangka.

Kebijakan ini seolah menjadi angin segar bagi masyarakat yang tertarik untuk investor maupun trader mata uang kripto. Pasalnya, sebelum ini mata uang kripto belum memiliki status dan regulasi yang jelas di Indonesia.

Inilah Alasan Berhenti Investasi Bitcoin yang Saya Pertimbangkan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mari Pelajari Komoditas Ekspor Indonesia yang Ada Dalam Investasi]

 

Penetapan tersebut dilakukan melalui surat Keputusan Kepala Bappebti. Seperti yang dilansir oleh Kontan.co.id, Kepala Biro Pengawasan dan Pengembangan Pasar Bappebti Dharma Yoga menyatakan:

“Saat ini Kepala Bappebti sudah menandatangani keputusan untuk menjadikan uang kripto sebagai komoditi yang layak diperdagangkan di bursa. Cuma saya belum tahu nomor Surat Keputusannya.”

 

Penetapan tersebut tidak datang secara tiba-tiba. Yoga menjelaskan bahwa pihak Bappebti sebelumnya telah melakukan kajian selama empat bulan dan melibatkan beberapa pihak.

Hasil kajian tersebut akhirnya menyatakan bahwa mata uang kripto layak untuk dimasukkan ke dalam kelompok komoditi yang diperjualbelikan.

Namun, penetapan ini barulah tahapan awal. Masih banyak kebijakan yang harus ditetapkan agar masyarakat bisa bertransaksi cryptocurrency dengan lebih nyaman.

 

Bappebti Masih Mempunyai Banyak Pekerjaan Rumah

Bappebti masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Yoga mengungkapkan bahwa Bappebti nantinya juga akan membuat regulasi, penetapan perusahaan exchanger hingga soal wallet dan mining.

Nantinya pihak Bappebti akan melibatkan Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Direktorat Jenderal Pajak untuk menggodok pembahasan tersebut.

Kabar Gembira Bagi Investor Uang Kripto Finansialku 2

[Baca Juga: Ekonomi Global yang Tak Stabil Ancam 7 Negara Terkena Krisis, Bagaimana dengan Indonesia?]

 

Bappebti juga berencana melibatkan komunitas-komunitas kripto yang sudah eksis. Keterlibatan mereka berupa pengiriman proposal yang berisi spesifikasi kontrak, tata cara, produk hingga mekanisme perdagangan.

Spesifikasi produk yang dimaksud adalah jenis-jenis kripto yang diperdagangkan serta fraksi harga atau tick size dari setiap mata uang kripto.

Sementara mekanisme perdagangan berupa jam transaksi hingga bagaimana prosedur penyelesaian masalah bila terdapat persoalan antara nasabah dengan pengelola.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Melalui bantuan pihak luar, Bappebti berharap mendapatkan banyak masukan sehingga peraturan yang dibuat bisa sesuai dengan keadaan pasar yang sudah ada saat ini.

Salah satu rencana yang saat ini tengah digagas oleh Bappebti adalah terkait metode penyimpanan dana nasabah. Yoga menjelaskan bahwa nantinya dana nasabah tidak akan disimpan oleh perusahaan exchanger.

Penyimpanan dana tersebut akan disimpan oleh pihak ketiga yaitu kliring berjangka yang ada di Bappebti. Hal ini sebagai upaya menjaga keamanan dana nasabah dari kemungkinan peretasan atau penggelapan dana.

“Jadi, nanti setiap rekening yang masuk ke dalam transaksi ini, exchanger akan dibukakan account oleh kliring. Nanti semua dana nasabah masuk ke kliring, dipegang oleh pihak ketiga yang independen, exchanger hanya jadi market place-nya saja atau engine trading-nya nanti.”

 

Pihak OJK Masih Memunggungi Uang Kripto

Langkah besar yang diambil Bappebti dalam mengizinkan perdagangan uang kripto nyatanya tidak sepenuhnya mendapatkan dukungan. Pihak OJK yang sejak awal melarang peredaran mata uang kripto ke lembaga jasa keuangan di Indonesia masih belum bergeming.

Meski selalu dilibatkan dalam kajian, OJK mengaku tidak ikut campur dalam setiap pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak Bappebti.

Seperti yang dilansir oleh CNNIndonesia.com, Tongam L Tobing selaku Direktur Kebijakan dan Dukungan Penyidikan OJK (saat ini menjadi ketua Satgas Waspada Investasi) memaparkan:

“Kajian menjadi komoditas untuk di wilayah pemerintah, Kementerian Perdagangan (Kemendag) atau Bappebti. Ada kewenangan masing-masing.”

 

Tongam menyatakan bahwa OJK tetap akan berdiri pada keputusan melarang lembaga jasa keuangan untuk memperdagangkan uang kripto.

Lebih lanjut, OJK juga tidak akan membuat aturan khusus terkait larangan perdagangan uang kripto.

“Bitcoin bukan produk jasa keuangan, sehingga tidak perlu ada aturan khusus, OJK sudah jelas melarang.”

 

Tongam beserta OJK juga tidak akan menutup para pemain uang kripto yang ada di Indonesia. Misalnya Bitcoin Indonesia. Hal ini dikarenakan pihaknya tidak punya wewenang, yang punya wewenang adalah Kementerian Perdagangan.

“Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Bitcoin Indonesia didapat untuk bisnis perdagangan jasa, ini wewenang Kementerian Perdagangan.”

 

Apakah Anda merasa terbantu dengan adanya artikel ini? Jangan ragu untuk membagikan pada teman Anda. Agar semua orang bisa mendapatkan manfaat dan merasakan keuntungannya.

 

Sumber Referensi:

  • Petrus Dabu. 03 Juni 2018. Bappebti Resmi Tetapkan Uang Kripto Sebagai Subjek Perdagangan Berjangka. Kontan.co.id – https://goo.gl/8iDfbE
  • Dinda Audrienne. 05 Maret 2018. OJK ‘Ogah’ Campur Tangan Kajian Bitcoin Bappebti. Cnnindonesia.com – https://goo.gl/Rs6dVt

 

Sumber Gambar:

  • Cryptocurrency – https://goo.gl/iPHQBG
  • Cryptocurrency 2 – https://goo.gl/fKkDTM
Summary
Kabar Gembira Bagi Para Pemain Pasar Uang Kripto di Indonesia
Article Name
Kabar Gembira Bagi Para Pemain Pasar Uang Kripto di Indonesia
Description
Cryptocurrency atau mata uang kripto merupakan satu komoditas investasi baru yang sedang ramai dan cukup diminati oleh masyarakat dunia, tak terkecuali di Indonesia.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo