Jika Anda memilih pekerjaan, lebih pilih yang mana: Suasana kerja yang nyaman atau gaji besar? Kalo masih bingung, berikut ini perbandingannya.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

Memilih Tempat Kerja

Bagi lulusan baru (fresh graduate) mungkin kesulitan memilih tempat kerja. Pilih tempat kerja dengan suasana kerja yang nyaman atau pilih yang menawarkan gaji besar. Untuk karyawan yang sudah berpengalaman, terkadang juga sulit meninggalkan tempat kerja yang sekarang, misal karena suasana kerja yang nyaman. Disisi lain masih perlu tambahan pendapatan untuk masa depan. Jika Anda masih galau memutuskan pilih kerja dimana, berikut ini perbandingannya:

Kalau Kerja Pilih Suasana Nyaman atau Gaji Besar - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Meningkatkan Produktifitas Kerja]

 

Jika Anda Memilih Tempat Kerja dengan Suasan Kerja yang Nyaman

Keuntungan jika Anda memilih tempat kerja dengan suasana kerja yang nyaman:

 

Mengurangi Tekanan

Biasanya perusahaan-perusahaan yang sudah mapan, tidak terlalu menekan karyawannya. Mungkin Anda juga dapat mencari bagian-bagian (divisi) yang mendukung bisnis inti. Jika Anda bekerja di tempat yang nyaman, tentu saja Anda dapat mengurangi stress dan dapat menikmati suasana kerja.

 

Lingkungan seperti Keluarga

Suasana kerja yang nyaman, akan membuat orang-orang di dalamnya lebih terbuka antara satu dengan yang lain. Hal itu berarti terdapat komunikasi yang lebih intensif, sehingga hubungan kekerabatan lebih seperti keluarga. Disini Anda juga dapat membangun hubungan sosial antara satu dengan sesama. 

 

Bisa kerja sampingan

Biasanya perusahaan dengan suasana yang nyaman dan tidak ada tekanan, membuat Anda memiliki lebih banyak waktu. Setidaknya tidak ada pekerjaan kantor yang harus diselesaikan di rumah. Nah oleh sebab itu Anda memiliki banyak waktu di rumah, untuk mengurus pekerjaan sampingan Anda, misal membuka bisnis online atau membuat blog.

[Baca Juga: Cara Menghasilkan Pendapatan dari Blog]

 

Kerugian jika Anda memilih tempat kerja dengan suasana kerja yang nyaman:

 

Terlalu Nyaman, Sehingga Anda Menjadi Takut Tantangan

Seseorang yang sudah masuk ke zona nyaman, biasanya susah keluar dan susah maju. Alasannya sederhana, karena mereka tidak mau menerima tantangan baru. Pola pikir orang-orang yang sudah ada di zona nyaman adalah “Kondisi seperti ini saja sudah enak, jika harus ambil pekerjaan lain belum tentu seenak di sini.”

[Baca Juga: Menjadi Seseorang yang Berani Keluar dari Zona Nyaman]

 

Malas

Orang yang berada dalam posisi nyaman, biasanya bekerja kurang produktif. Kondisi ideal seseorang dalam bekerja adalah berada di luar zona nyaman, tetapi tidak mencapai level stress yang tinggi. Jika skala 0 (nyaman) sampai 10 (sangat stress), kondisi ideal orang bekerja adalah diskala 6 – 7. 

 

Kurang Profesional

Salah satu yang membat suasana kerja nyaman adalah aturan yang fleskibel. Kalau aturan dan pelaksanaannya fleksible, biasanya kurang professional. Sebisa mungkin Anda berusaha tetap profesional dalam bekerja.

 

Jika Anda Memilih Tempat Kerja dengan Gaji Besar

Keuntungan jika Anda memilih tempat kerja dengan gaji besar: 

 

Menjadi Seseorang yang Profesional

Peerusahaan yang menawarkan gaji besar, tentu saja menuntut karyawannya untuk bekerja secara professional. Anda tentu saja dikenai target-target tertentu yang harus dicapai. Oleh sebab itu mau tidak mau, ada kompetisi di antara para karyawan dan memaksa Anda untuk memiliki kemampuan di atas rata-rata.

 

Finansial Harusnya Lebih Oke

Gaji yang lebih besar, seharusnya membuat Anda lebih merasa aman dan nyaman secara keuangan. Setidaknya Anda dapat memenuhi pengeluaran sehari-hari untuk hidup dan memiliki tabungan untuk masa depan. Ada keanehan di Indonesia, biasanya semakin besar pendapatan seseorang, orang tersebut bukannya tambah sejahtera malah tambah susah. Kira-kira mengapa bisa terjadi hal demikian?

[Baca Juga:  Kenaikan Gaji Belum Tentu Solusinya, Tetapi Anda Harus …]

 

Lebih Mudah Mewujudkan Tujuan Keuangan

Dengan gaji yang lebih besar, tentu saja Anda dapat lebih mudah mewujudkan tujuan keuangan. Sebenarnya mudah atau tidaknya tergantung orangnya, bukan tergantung gajinya. Tidak semua orang yang memiliki gaji besar, mampu mengelola dan merencanakan masa depan keuangannya.

[Baca Juga: Karyawan Butuh Konsultasi Perencanaan Keuangan]

 

Kerugian jika Anda memilih tempat kerja dengan gaji besar:

 

Tekanan Besar

Perusahaan dengan gaji besar, tentu saja menuntut Anda untuk memiliki kinerja yang lebih. Tekanan yang besar ini dapat dilihat sebagai kekurangan atau kelebihan, karena seseorang yang terbiasa bekerja di bawah tekanan akan memiliki kemampuan di atas rata-rata. Jika suatu saat Anda keluar dari tempat kerja tersebut, memulai usaha sendiri atau bekerja di tempat lain, Anda akan lebih unggul.

 

Waktu Menjadi Lebih Berharga

Target yang ketat dan tututan perusahaan yang tinggi, biasanya akan meminta waktu Anda lebih banyak. Terkadang Anda harus merelakan waktu-waktu untuk kebutuhan pribadi, waktu bersosialisasi atau bahkah waktu bersama keluarga. 

 

Mudah Stres

Terakhir dan yang paling penting, tidak semua orang cocok atau mampu bekerja di bawah tekanan. Biasanya jika orang sudah tidak mampu, mereka akan mengalami stress berat dan ujung-ujungnya sakit. Jika memang Anda saat ini merasa sangat stress dengan pekerjaan, carilah waktu untuk cuti dan hilangkan kepenatan dengan berlibur.

 

Apakah Anda sudah memutuskan kerja di tempat kerja dengan suasana nyaman atau gaji besar?

 

Sumber Gambar:

  • Office StartUp – http://goo.gl/LZcOvn

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku