Pemerintah telah menetapkan libur nasional Imlek 2575 Kongzili. Lantas, kapan Imlek 2024?

Berikut informasi selengkapnya terkait jadwal perayaan tahun baru masyarakat Tionghoa dan cuti bersama Imlek tahun 2024.

 

Summary:

  • Tahun baru Imlek di 2024 akan menjadi momen libur panjang di kalender Masehi karena terdapat cuti bersama. 
  • Beberapa tradisi unik saat perayaan Imlek, mulai dari berbagi angpao, memakai pakaian serba merah, hingga pertunjukkan festival budaya Tiongkok.

 

Kapan Imlek 2024?

Imlek adalah hari raya peringatan tahun baru masyarakat Tionghoa berdasarkan kalender tradisional Cina. Julukan Tahun Baru Imlek atau Lunar New Year ini merupakan adaptasi dari dialek Hokkien.

Imlek berarti penanggalan bulan, berasal dari istilah Im yang berarti bulan dan juga lek yang berarti penanggalan. Menjelang perayaan Imlek, anggota keluarga dengan etnis Tionghoa biasanya akan membersihkan rumahnya.

Tujuannya adalah untuk mengusir roh-roh jahat dan membuka ruang bagi keberuntungan baru dan niat baik.

Selain itu, masyarakat Tionghoa umumnya juga akan melakukan beragam tradisi unik untuk memeriahkan perayaan ini. Mulai dari berbagi angpao, memakai pakaian serba merah, hingga pertunjukkan festival budaya Tiongkok.

kapan imlek 2024

Ilustrasi Tahun Baru Imlek. Sumber: Pexels.com

 

Penetapan Tahun Baru Imlek selalu berbeda setiap tahunnya karena kalender Lunar yang menjadi dasar penetapan Imlek berdasarkan pada peredaran bulan. Sehingga penentuan awal tahunnya berbeda dengan penentuan awal tahun penanggalan Masehi yang berdasarkan pada siklus matahari.

Melansir dari China Highlights, ketika bulan bergerak sejajar dengan bumi dan matahari, maka itu adalah hari pertama dari bulan dalam kalender Cina. Bulan purnama muncul di pertengahan bulan.

Intinya, ada 29 atau 30 hari dalam satu bulan kalender Cina. Sementara itu, satu tahun terhitung sebanyak 354 atau 355 hari.

Lalu, kapan Imlek 2024? Perayaan Tahun Baru Imlek 2024 atau Tahun Baru imlek 2575 Kongzili jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024 kalender Masehi.

Penetapan ini mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri Nomor 855 Tahun 2023, Nomor 3 Tahun 2023, dan Nomor 4 Tahun 2023.

Adapun 3 menteri yang telah menandatangani SKB tersebut adalah Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

[Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Keuangan di Tahun Baru Imlek]

 

Apakah Imlek 2024 Libur?

Di Indonesia sendiri, Tahun Baru Imlek baru ada sejak tahun 2000 semasa kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid.

Mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024, perayaan Imlek ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Tak hanya itu, pemerintah juga menambahkan cuti bersama untuk mereka yang akan merayakan Imlek pada 2024, yakni pada 09 Februari 2024.

Dengan penetapan ini, maka libur Imlek menjadi relatif panjang karena ada long weekend. Mulai Jumat, 9 Februari 2024, lalu libur nasional Tahun Baru Imlek pada 10 Februari 2024, dan libur hari Minggu, 11 Februari 2024.

Nah, apakah di momen long weekend ini Anda berencana menghabiskan waktu liburan bersama keluarga? Cek video berikut untuk dapatkan tips liburan hemat dan menyenangkan!

 

 

Imlek 2024 Tahun Naga Kayu

Tahun Baru Imlek 2024 merupakan tahun Naga, tepatnya Naga Kayu. Pergantian tahun ini bermula pada tanggal 10 Februari 2024 hingga 28 Januari 2025.

Dalam budaya Tionghoa, Naga melambangkan kehormatan, ketangguhan, serta keberuntungan. Berdasarkan Astrologi China, tahun kelahiran Naga adalah 1928, 1940, 1952, 1964, 1976, 1988, 2000, 2012, 2024, 2036.

Naga merupakan makhluk mitos budaya Tiongkok yang dianggap kekaisaran, beruntung, dan berkuasa.

Dalam kebudayaan Tiongkok, Naga menjadi makhluk yang membawa keberuntungan dan luar biasa, tak tertandingi dalam bakat dan keunggulan. Naga melambangkan kekuatan, kemuliaan, kehormatan, keberuntungan, dan kesuksesan.

Meski tahun ini merupakan tahun Naga Kayu, shio Naga diprediksi kurang beruntung sama seperti Tikus, Kerbau, Kuda, dan Kambing. Sedangkan, shio yang beruntung adalah Monyet, Ayam, dan Babi, kemudian Harimau, Kelinci, Ular, Monyet, Ayam, dan Anjing.

[Baca Juga: Tradisi, Pantangan, dan Kepercayaan Dalam Perayaan Imlek]

 

Tahun yang Baik untuk Memulai Peluang Baru

Demikian informasi terkait pertanyaan kapan Imlek 2024 yang mungkin banyak ditanyakan oleh Sobat Finansialku.

Sebagai tambahan informasi, tahun 2024 dalam penanggalan Imlek juga diprediksi menjadi tahun yang baik untuk memulai proyek baru atau peluang baru, lho.

Selain itu, tahun Naga Kayu ini juga dapat menciptakan nilai atau keunggulan bagi diri sendiri dan orang lain.

Oleh karena itu, Sobat Finansialku mungkin bisa mencoba peluang baru yang sudah kamu inginkan sejak lama di tahun Naga Kayu ini. Siapa tahu keuntungan sedang berpihak di kamu.

Namun, yang paling penting adalah pastikan kamu sudah mengelola dan merencanakan keuangan sebaik mungkin di tahun 2024. Untuk bisa mengelola keuangan dengan baik, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku berjudul Cara Mengatur Keuangan dengan Mudah.

Kalau masih bingung soal mengatur keuangan, kamu bisa berkonsultasi bersama ahlinya yakni Perencana Keuangan Finansialku.

Langsung saja hubungi Customer Advisory via WhatsApp di nomor 0851 5866 2940 atau klik banner di bawah ini dan buat janji temu sekarang juga!

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN Q3 23

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Apakah Sobat Finansialku sudah merencanakan kegiatan di hari raya Imlek nanti? Coba tuliskan di kolom komentar, ya.

Share juga artikel ini ke berbagai media sosial kamu agar lebih banyak yang mengetahui informasi jadwal perayaan Imlek 2024. Terima kasih.

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin

Sumber Referensi:

  • Aisyah Yuri Oktavania. 21 Desember 2023. Imlek 2024 Jatuh pada 10 Februari & Makna Shio Naga Tahun Ini. Tirto.id – https://shorturl.at/koBGQ
  • Irma Budiarti. 29 Januari 2024. Imlek 2024 Tanggal Berapa? Tahun Naga Kayu. Detik.com – https://shorturl.at/lwL89
  • Restu Wahyuning Asih. 25 Januari 2024. Kapan Tahun Baru Imlek 2024? Simak Tanggal Merah dan Cuti Bersama di Sini. Bisnis.com – https://shorturl.at/dgnMW

 

Sumber Gambar:

  • Cover: iStock