Pendaftaran kartu prakerja gelombang 16 resmi ditutup, masyarakat pertanyakan waktu pembukaan gelombang 17. Ini kata pengelola.

Baca selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Kapan Program Kartu Prakerja Gelombang 17 Dibuka?

Empat hari yang lalu, tepatnya di hari Minggu (28/03), pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 16 resmi ditutup.

Biasanya program Prakerja ini diadakan secara berlanjut, namun belum ada kepastian kapan pembukaan Prakerja Gelombang 17 bakal dimulai.

Head Communications Manajemen Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, gelombang 17 akan dibuka bila ada kepesertaan gelombang 12-16 dicabut.

Pencabutan itu dilakukan karena penerima Kartu Prakerja tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima.

Dari lima gelombang yang telah dibuka tahun 2021 ini, belum ada data peserta yang di-blacklist dari statsus kepesertaannya. Sebab, batas waktu pemblokiran status kepesertaan terdekat baru akan jatuh pada 1 April 2021 untuk penerima Kartu Prakerja gelombang 12.

Menurut Louisa, target kuota 2,7 juta peserta sudah tercapai dalam lima gelombang ini, seperti melansir dari laman Kontan.co.id.

Dengan begitu, pendaftaran Kartu Prakerja untuk semester pertama tahun ini sudah berakhir.

Pihak manajemen pun belum bisa memastikan waktu pembukaan dan jumlah kuota yang tersedia pada gelombang 17. “Masih harus menunggu gelombang 13-16,” kata Louisa.

 

Gelombang Tambahan

Untuk diketahui, manajemen Kartu Prakerja tahun 2020 lalu juga menambah satu gelombang tambahan.

Kuota yang tersedia pada gelombang tambahan tersebut merupakan pemulihan dari kepesertaan Kartu Prakerja gelombang 1-10 yang telah di-blacklist.

Dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020 Pasal 20 ayat 2, disebutkan bahwa pembelian pelatihan untuk pertama kali dilakukan tidak lebih dari 30 hari.

Jangka waktu pemilihan itu dihitung sejak peserta mendapatkan pemberitahuan penetapan sebagai Penerima Kartu Prakerja dan melengkapi data secara daring melali laman resmi Kartu Prakerja.

Sementara ayat 3 menyebutkan bahwa konsekuensi jika penerima Kartu Prakerja tidak melakukan pelatihan dalam jangka waktu itu, maka status kepesertaannya akan dicabut.

Jika status kepesertaan itu dicabut, maka peserta tidak dapat mengikuti kembali Program Kartu Prakerja atau di-blakclist. Selain itu, bantuan pelatihan telah diberikan juga akan dikembalikan ke rekening dana Kartu Prakerja.

 

Pengumuman Penerima Kartu Prakerja Gelombang 16 Sudah Ada

Pihak Prakerja mengumumkan penerima Kartu Prakerja Gelombang 16 sudah ada. Masyarakat yang masuk akan menerima pengumuman melalui SMS.

Pihak Prakerja mengingatkan pembiayaan bantuan disalurkan melalui Nomor Kartu Prakerja bukan dalam kartu fisik. Saluran bantuan juga sedang dikirimkan secara bertahap.

“Bila dananya belum tersedia, silahkan cek kembali akun Prakerja Sobat secara berkali ya,” tulis pihak Prakerja.

Bagi peserta Prakerja, dalam unggahan tersebut juga terdapat catat mengikuti pelatihan:

  1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia.
  2. Peserta juga harus membandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pihar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia.
  3. Selain itu peserta harus menonton video mengenai Kartu Prakerja pada dashboard. Ini dilakukan sebelum membeli pelatihan pertama.
  4. Lalu pilih pelatihan sesuai dengan kebutuhan.
  5. Untuk membeli dan membayar pelatihan dengan Nomor Kartu Prakerja.
  6. Pembelian harus dilakukan dengan batas waktu 30 hari sejak SMS pengumuman diterima. Jika tidak melakukan transaksi maka kepersertaan Prakerja akan dicabut.

 

banneraudiobook_millennials_ini_loh_pentingnya_merencanakan_dan_mengatur

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi pendapat lewat kolom komentar di bawah ini.

Bagikan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia, kepada kawan atau sanak-saudara mu, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

 

Sumber Referensi:

  • Ahmad Naufal Dzulfaroh. 01 April 2021. Kapan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 17 dibuka? Ini informasinya. Kontan.co.id – https://bit.ly/3fr4iPo
  • Novina Putri Bestari. 31 Maret 2021. Prakerja Gelombang 17 Kapan Dibuka? Ini Jawabannya!. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3doYtPN

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/2PR88qo