Pada kondisi apa saja seseorang tidak dianjurkan memakai kartu kredit? Mengapa demikian? Kali ini Finansialku akan membahas 6 kondisi keuangan yang tidak dianjurkan memakai kartu kredit.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Penggunaan Kartu Kredit

Kartu kredit memiliki banyak manfaat. Penggunaan secara bijak akan membantu seseorang dalam mencukupi kebutuhannya. Selain itu, jika seseorang memanfaatkannya secara baik, maka pengelolaan keuangan dan kesejahteraannya pun lebih tertunjang. Bahkan, ada banyak reward yang ditawarkan penyedia layanan jika Anda jeli dalam menggunakannya.

Sebaliknya, jika seseorang kurang baik dalam memanfaatkannya, maka akan banyak risiko yang harus ditanggung. Selain tagihan membengkak, ada serangkaian bunga dan utang yang tidak bisa dibilang sedikit. Oleh karena itu, perlu atau tidaknya seseorang memakai kartu kredit sangat bergantung pada kemampuan mengelola keuangannya.

 

Kondisi Keuangan Pemakai Kartu Kredit

Seperti halnya pemanfaatan teknologi keuangan lainnya, kartu kredit juga memungkinkan penggunanya mengalami berbagai kondisi. Banyak kondisi keuangan yang lebih stabil jika seseorang memiliki self control yang cukup. Sedangkan untuk orang yang sifatnya konsumtif, maka kondisi keuangan pasca menggunakannya pun akan bermasalah.

Agar lebih berhati-hati dalam memakai kartu kredit, Anda dapat mempekerjakan seorang konsultan keuangan. Selain itu, jika perlu Anda bisa mengadaptasi buku keuangan atau jurnal pribadi seseorang yang sudah mahir mengatur keuangan. Jika keduanya sulit dilakukan karena kesibukan, Anda juga bisa mengikuti kuliah dan tutorial tentang manajerial yang banyak disediakan website keuangan.

Jangan Gunakan Kartu Kredit, Jika Anda Berada dalam 6 Kondisi Keuangan Ini 02 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Hal yang Harus Anda Hindari Jika Memiliki Lebih dari 2 Kartu Kredit]

 

6 Kondisi Keuangan yang Dilarang Menggunakan Kartu Kredit

Terdapat 6 kondisi yang memungkinkan seseorang mengalami banyak risiko buruk akibat penggunaan kartu kredit. 6 kondisi tersebut bisa menimpa siapa saja baik secara sementara maupun permanen. Jika 6 kondisi di bawah ini menimpa Anda, jangan sampai menggunakannya hingga Anda berada dalam self control yang lebih baik.

 

Kondisi 1: Sangat Boros

Jika Anda termasuk orang yang sangat boros, sebaiknya jangan menggunakan kartu kredit. Hal ini akan sangat merugikan Anda. Pasalnya, saat berbelanja tanpa batasan, sementara limit kartu masih jauh Anda akan terus berbelanja tanpa henti. Hal ini akan menyebabkan tagihan juga semakin meningkat. Sebaiknya tata ulang skala prioritas Anda sebelum berbelanja. Lakukan pembelanjaan barang yang merupakan kebutuhan primer saja agar hal lainnya tidak ikut terbeli.

Kesalahan Terbesar Penggunaan Kartu Kredit bagi Pemula dan Penanganannya 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Kesalahan Terbesar Penggunaan Kartu Kredit bagi Pemula dan Penanganannya]

 

Kondisi 2: Suka “Lapar Mata”

Terutama saat melakukan belanja baik secara langsung atau online, Anda tidak boleh menggunakan kartu kredit jika mudah tergiur oleh promo barang-barang di luar kebutuhan primer. Apabila Anda menggunakannya dalam kondisi mudah “lapar mata”, maka kemungkinan untuk membeli barang yang bahkan sangat tidak perlu akan semakin besar. Selain tidak berguna atau sangat minim dalam pemanfaatannya, barang tersier akan memakan banyak tempat di rumah sehingga pada akhirnya harus dibuang meskipun baru dipakai sekali atau dua kali.

Kredit Macet Ngelunasin Kartu Kredit atau KPR Dulu 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Ngelunasin Kartu Kredit atau KPR Dulu?]

 

Kondisi 3: Rencana Keuangan Selalu Meleset

Kapan terakhir kali Anda merencanakan keuangan lalu meleset? Jika jawabannya adalah selalu, maka Anda bukanlah tipe pemegang kartu kredit yang bijak. Anda perlu melatih kemampuan manajerial yang lebih dulu dalam merencanakan keuangan sebelum memegang kartu kredit dengan semua konsekuensinya. Buatlah rincian keuangan yang lebih ketat dan detail.

Ayo Gunakan Imajinasi Anda untuk Menjadi Kaya 1 - Finansialku

[Baca Juga: Ayo Gunakan Imajinasi Anda untuk Menjadi Kaya]

 

Kondisi 4: Tidak Memiliki “Alarm”

Yang dimaksud “alarm” dalam hal ini adalah suatu hal atau orang yang bisa mengingatkan kapan Anda harus berhenti berbelanja. Jika Anda tidak memiliki keluarga, konsultan keuangan, atau perangkat yang bisa mengingatkan bahwa belanja sudah mulai melampaui batas, maka Anda harus berhenti memakai kartu kredit.

Para Mahasiswa, Miliki 24 Prinsip Menjadi Orang Sukses di Usia Muda 01 - Finansialku

[Baca Juga: 16 Skill yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Orang Sukses di Abad 21]

 

Kondisi 5: Tidak Menyadari Kartu Kredit Sering “Lenyap”

Beberapa anggota keluarga mungkin pernah meminjam kartu kredit Anda baik secara langsung maupun “diam-diam”. Jika hal ini terjadi, jangan sampai kartu kredit Anda memiliki limit besar dan bisa dengan mudah dimanfaatkan. Jika Anda termasuk orang yang tidak peka terhadap hilangnya kartu kredit sementara, maka segera non aktifkan kartu kredit sebelum terjadi tagihan di luar kemampuan bayar.

Inilah 5 Cara Rahasia Menjaga Keamanan Kartu Kredit Anda 2 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 5 Cara Rahasia Menjaga Keamanan Kartu Kredit Anda]

 

Kondisi 6 : Kurang Mengontrol Setiap Transaksi

Pada setiap transaksi, Anda harus jeli dan teliti dalam mengontrolnya. Jangan sampai terjadi transaksi tanpa sepengetahuan Anda. Tidak hanya itu, sebaiknya setiap transaksi juga ditulis rapi dan dilampiri bukti. Jika Anda tidak mampu melakukan itu, risiko penipuan dan pemanfaatan kartu kredit Anda secara tidak benar akan semakin besar.

6-cara-meningkatkan-kreatifitas-untuk-memperbaiki-keuangan-dan-karir-finansialku

[Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kreativitas untuk Memperbaiki Keuangan dan Karier]

 

Pikirkan Kembali Penggunaan Kartu Kredit

Jika Anda merupakan salah satu orang dengan kondisi yang sudah dijelaskan di bagian sebelumnya, penting untuk Anda memikirkan kembali perlukan memiliki dan menggunakan kartu kredit? Jangan sampai kehadiran kartu kredit di dekat Anda akan menimbulkan masalah baru bagi keuangan Anda.

 

Sedang dalam kondisi yang manakah Anda saat ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ungkapkan penjelasan Anda sebagai salah satu langkah menghindari masalah kartu kredit dan informasikan keterangan di atas pada teman yang juga berada dalam salah satu kondisi tersebut, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • LaToya Irby. 25 Juni 2016. 7 Times You Shouldn’t Use Your Credit Card. Thebalance.com – https://goo.gl/as3DSc
  • Money Smart. Protecting Yourself Against Credit Card Fraud (Part 1). Moneysmart.sg – https://goo.gl/1t88CX
  • Money Smart. Protecting Yourself Against Credit Card Fraud (Part 2). Moneysmart.sg – https://goo.gl/xJoxi9

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit – https://goo.gl/iyxmVl dan https://goo.gl/jBvUGt

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana