Guys, ternyata mencapai kebebasan finansial mahasiswa itu mungkin, lho. Buat kamu yang masih kuliah, yuk simak artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Cara Untuk Mencapai Kebebasan Keuangan Sebagai Mahasiswa

Mahasiswa selalu identik dengan ‘misqueen’ atau memiliki keuangan yang tidak stabil. Selain pengeluaran untuk kuliah, kebanyakan mahasiswa pun harus membayar tempat tinggal sendiri dan jauh dari orang tua.

Namun, tidak sedikit nasihat dan tips yang dapat membantu kamu menangani permasalahan keuangan ketika di perguruan tinggi.

Kebebasan keuangan untuk mahasiswa pun menjadi hal yang mungkin. Di bawah ini adalah tips dan trik yang dapat kamu lakukan untuk mencapai kebebasan finansial mahasiswa.

 

#1 Tentukan Arti Kebebasan Keuangan

Setiap orang pasti memiliki definisi kebebasan keuangan yang berbeda. Ada yang mengartikan kebebasan keuangan sebagai bebas dari utang. Ada pula yang menganggap mampu membeli apa saja sebagai kebebasan keuangan.

Apapun arti kebebasan keuangan buat kamu, sebaiknya kamu memiliki tujuan yang jelas. Tujuan ini yang nantinya akan memotivasi kamu dan membantu kamu untuk bergerak maju.

Capai Kebebasan Finansial Mahasiswa, Kamu PASTI Bisa! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pengelolaan Keuangan dan Konsep Kebebasan Keuangan (Financial Freedom)]

 

#2 Bangun Lebih Pagi

Tips kebebasan finansial mahasiswa selanjutnya adalah bangun lebih pagi.

Walaupun terdengar sederhana, namun ternyata bangun lebih pagi dapat mendatangkan banyak manfaat mulai dari lebih sehat hingga membantu kamu mencapai kebebasan keuangan.

Bangun lebih pagi berarti kamu memiliki lebih banyak waktu untuk menjadi produktif. Kamu dapat menyiapkan sarapan dan bekal sendiri untuk menghemat pengeluaran.

Bahkan kamu pun dapat mengalokasikan waktu untuk belajar agar di waktu siang atau sore hari, kamu dapat mencari penghasilan tambahan.

Goal sederhana tersebut dapat membantu kamu mencapai goal yang lebih besar yaitu kebebasan keuangan.

Kenali Dulu Hukum Uang Pensiun Dalam Ajaran Islam, Jangan Salah! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Langkah Pertama Untuk Mencapai Kebebasan Keuangan?]

 

#3 Manfaatkan Kupon dan Diskon

Salah satu kelebihan menjadi mahasiswa adalah diskon di mana-mana. Kamu harus memanfaatkan privilege kamu sebagai mahasiswa dan melakukan penghematan selagi kamu bisa.

Apalagi di era teknologi sendiri, telah banyak platform yang khusus menyediakan potongan baik untuk belanja, hiburan atau makan.

Platform tersebut bisa kamu gunakan untuk menghemat. Belanjalah dengan cermat dengan belanja lebih murah.

 

#4 Hati-Hati Dengan Pengeluaran Konsumsi

Menjadi anak kuliah tidak lepas dari nongkrong atau ngafe. Tanpa disadari, kedua pengeluaran ini dapat melebihi biaya kuliah bulanan.

Bayangkan jika dalam sehari, kamu makan di luar 2x dengan biaya Rp 50 ribu setiap makan, maka kamu akan menghabiskan Rp 3 juta setiap bulannya.

Biaya tersebut belum termasuk jajanan, camilan, kopi atau lainnya. Tapi bukan berarti kamu harus makan makanan instant setiap harinya untuk menghemat biaya, ya. Carilah makanan yang sehat, bergizi namun ramah di kantong.

Kamu dapat mencari catering murah atau memasak makanan sendiri. Bahkan mencari bahan makanan ke pasar tradisional dapat menghemat pengeluaran yang cukup banyak, lho.

Capai Kebebasan Finansial Mahasiswa, Kamu PASTI Bisa! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Cara Menggunakan Bonus Dalam Mencapai Kebebasan Keuangan]

 

#5 Berhenti Langganan

Tips kebebasan finansial mahasiswa berikutnya, stop berlangganan. Pergaulan terkadang membuat gaya hidup menjadi mahal.

Bayangkan jika kamu memiliki langganan musik, gym, nonton, café dan sebagainya. Bahkan untuk berlangganan bulanan saja dapat menghabiskan Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta setiap bulannya.

Lakukan penghematan semaksimal mungkin. Apakah ada cara gratis di mana kamu dapat tetap melakukan hobi dan tetap dapat melakukan hal yang kamu senangi?

Jika tidak, apakah ada cara berlangganan yang lebih murah, misalnya dengan membagi langgan bersama teman atau keluarga? Adakah diskon untuk berlangganan?

Cara sederhana seperti ini dapat membantu kamu melakukan penghematan yang cukup banyak.

 

#6 Cari Penghasilan Tambahan

Jadwal kuliah yang lebih fleksibel memungkinkan mahasiswa untuk melakukan pekerjaan sampingan. Penghasilan tambahan ini dapat membantu kamu membayar kebutuhan, melakukan investasi dan menambah tabungan.

Penghasilan tambahan dapat dicari melalui pekerjaan lepas waktu atau paruh waktu. Jika kamu memiliki keahlian tertentu, kamu bisa menawarkan keahlianmu untuk yang membutuhkan.

Misalnya kamu gemar fotografi atau memasak, Anda dapat menjual masakan untuk teman kuliah atau menawarkan jasa fotografi.

Jika kamu lebih nyaman untuk bekerja paruh waktu, maka kamu bisa mencari pekerjaan yang tidak hanya memberikan penghasilan namun juga mengasah kemampuan dan pengetahuanmu.

 

#7 Volunteer dan Mencari Beasiswa

Salah satu pengeluaran terbesar selama kuliah adalah biaya pendidikan itu sendiri. Untuk mengurangi beban keuangan tersebut, kamu dapat berusaha mencari beasiswa.

Selain itu, mencari pekerjaan volunteer dapat membantu kamu lebih dekat dengan kebebasan keuangan. Tentu jika kamu mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan membantu resume kamu dengan posisi dan keahlian yang tepat.

Walaupun pekerjaan sukarela, tidak menutup kemungkinan kamu akan dapat bertemu dengan orang-orang hebat dan yang dapat membantu karier Anda nantinya.

 

#8 Investasi di Diri Sendiri

Memberikan performa baik di bangku kuliah menjadi hal yang sangat relevan untuk kebebasan keuangan kamu. Kebebasan keuangan dapat dicapai jika seseorang memiliki literasi keuangan.

Literasi keuangan dapat kamu asah ketika berada di bangku kuliah. Tidak hanya melalui pendidikan formal, kamu pun dapat memanfaatkan pendidikan informal melalui seminar online seperti TED Talks, membaca buku atau melalui mentor.

Tentu memanfaatkan pendidikan yang kamu dapatkan bisa berdampak positif bagi karier kamu sekarang maupun nanti.

Kamu akan mendapatkan kesempatan yang lebih terbuka. Kamu juga akan mendapatkan start yang lebih baik dibandingkan lainnya.

Bagaimana Cara Meraih Kebebasan Finansial Dengan Reksa Dana 02 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tahap Mencapai Kebebasan Keuangan Ala Merry Riana]

 

Itulah tips dan trik untuk mencapai kebebasan finansial mahasiswa. Walaupun masih berstatus mahasiswa, tidak ada salahnya untuk mengatur keuangan kamu dari sekarang, lho.

Untuk membantu mewujudkan tips dan trik di atas, kamu perlu mengatur keuangan kamu sebaik mungkin. Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku yang merupakan aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa merencanakan keuangan, mencatat keuangan, konsultasi dan fitur lainnya, lho. Yuk, download sekarang dan capai kebebasan keuangan kamu sendiri.

playstore icon
appstore icon

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda lebih semangat dan termotivasi untuk mencapai kebebasan keuangan dari dini. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Ebook Perencanaan Keuangan Untuk MAHASISWA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Brent Wiggins. 6 Agustus 2019. 10 Ways to Earn Financial Freedom as a College Student. Walletwiseguy.com – https://bit.ly/2PrWnTQ
  • Karr Katigbak. 20 Oktober 2018. A Student’s Guide To Financial Freedom. Edukasyon.ph – https://bit.ly/2BXDuVt

 

Sumber Gambar:

  • Finansial 1 – https://bit.ly/30E1hmN
  • Finansial 2 – https://bit.ly/3iAcGun
  • Finansial 3 – https://bit.ly/30GenjC