Kebiasaan merawat keuangan pribadi harus dipraktikkan mulai dari sekarang. Keuangan pribadi yang terurus akan membantu kesuksesan Anda baik pada karier maupun hidup pribadi.

Pada artikel ini, Finansialku akan memberikan 10 kebiasaan merawat keuangan pribadi yang dapat membantu kesuksesan Anda nantinya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

10 Kebiasaan Merawat Keuangan Pribadi

Di bawah ini adalah 10 kebiasaan merawat keuangan pribadi yang dapat membantu kesuksesan Anda. Salah satu kunci agar kebiasaan ini dapat membantu secara efektif adalah melalui konsistensi dan keteladanan Anda.

Tapi sebelum lanjut, Anda bisa download aplikasi Finansialku terlebih dahulu agar Anda bisa menerapkan kebiasaan di bawah ini.

 

#1 Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Salah satu pondasi paling awal yang harus dilakukan untuk merawat keuangan pribadi adalah mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan. Pengeluaran yang dicatat dapat memberikan Anda gambaran berapa jumlah kebutuhan Anda setiap bulannya.

Pemasukan yang tercatat dapat menunjukkan berapa jumlah maksimal dana yang dapat Anda belanjakan atau tabung setiap bulannya. Dengan pengeluaran dan pemasukan yang tercatat, Anda kan lebih mudah mengatur keuangan.

10 Kebiasaan Merawat Keuangan Pribadi yang Bikin Sukses 01 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk, Belajar Atur Keuangan Pribadi Pakai Aplikasi Finansialku!]

 

#2 Menyusun Anggaran Bulanan

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah mengetahui rincian pemasukan dan pengeluaran adalah menyusun anggaran bulanan. Anggaran bulanan dapat dibagi menjadi beberapa pos pengeluaran.

Misalnya kebutuhan sehari-hari, investasi, tabungan, pembayaran utang atau cicilan, konsumsi, transportasi dan lainnya.

Dengan membagi pengeluaran Anda, Anda dapat dengan mudah mengetahui pos mana yang memiliki anggaran berlebihan dan mana yang dapat Anda kurangi.

 

#3 Mendahulukan Kebutuhan Daripada Keinginan

Seringkali keuangan Anda berantakan karena kebutuhan dan keinginan yang dicampur. Kebutuhan adalah ketika Anda membutuhkan transportasi untuk memudahkan perjalanan Anda ke tempat kerja.

Keinginan adalah ketika Anda ingin membeli mobil keluaran terbaru.

Memiliki keinginan tidak ada salahnya, namun sering kali keinginan yang berlebih akan membuat belanja Anda melebihi pemasukan. Pengeluaran yang melebihi pemasukan akan berdampak negatif pada seluruh kondisi keuangan Anda.

 

#4 Menabung dan Berinvestasi

Merawat keuangan bukanlah hanya mengenai saat ini, namun juga masa depan. Anda perlu mengatur keuangan masa depan dengan melakukan investasi atau menabung mulai saat ini.

Investasi dapat dilakukan dengan berbagai bentuk dan bergantung pada profil risiko masing-masing. Selain itu, investasi juga harus disesuaikan dengan tujuan keuangan Anda nantinya.

10 Kebiasaan Merawat Keuangan Pribadi yang Bikin Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Yang Baik dan Mudah]

 

#5 Hadiahi Diri Sendiri

Hidup haruslah seimbang, jika Anda telah bersusah payah mengatur dan merawat keuangan, tidak ada salahnya menyisihkan sedikit untuk ‘memanjakan’ diri sendiri.

Anda dapat membeli barang idaman atau mentraktir diri Anda dengan makanan mahal yang selama ini Anda hindari agar dapat berhemat. Menghadiahi diri Anda akan membuat Anda lebih termotivasi dan bersemangat.

Tentunya, frekuensi yang dipilih jangan terlalu sering, Anda dapat menetapkan 1 bulan 2 kali atau 1 minggu 1 kali tergantung pada seberapa banyak yang mampu Anda sisihkan.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

14 Ebook Mengelola Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

#6 Menyiapkan Dana Darurat

Selain menabung, salah satu pos dana yang tidak kalah penting adalah pos dana darurat. Sesuai dengan namanya, pos dana darurat berguna ketika kondisi darurat terjadi dan tidak diganggu gugat untuk kebutuhan lainnya.

Pos dana darurat ini dapat digantikan dengan asuransi. Namun jika Anda telah memiliki asuransi, tidak ada salahnya memiliki dana darurat.

Nantinya dana tersebut dapat digunakan untuk hal lain, misalnya pendanaan pensiun atau biaya tidak terduga lainnya.

 

#7 Jangan Melupakan Asuransi

Ya, asuransi merupakan salah satu aspek dalam perawatan keuangan yang tidak boleh Anda lewati. Asuransi bertindak sebagai perlindungan untuk kondisi keuangan Anda terutama pada saat darurat.

Asuransi juga biasanya disediakan dalam bentuk perlindungan beserta investasi. Dengan cara ini, pengguna asuransi tidak hanya mendapatkan manfaat pertanggungan, namun juga hasil investasi yang dapat ditarik di masa depan sesuai dengan polis yang berlaku.

10 Kebiasaan Merawat Keuangan Pribadi yang Bikin Sukses 03 - Finansialku

[Baca Juga: Anggaran Bisnis Punya, Anggaran Keuangan Pribadi Punya Gak?]

 

#8 Tidak Menambah Utang

Pengeluaran melebihi pemasukan akan memudahkan seseorang untuk berutang. Utang adalah cara pembiayaan yang dapat dilakukan dengan mudah, namun efeknya ke keuangan sangatlah negatif.

Mulai dari bunga pinjaman yang terus menerus meningkat seiring dengan utang yang belum dibayar, hingga keuangan yang harus terkuras untuk membayar utang.

Jangan mengira utang hanyalah dalam bentuk KTA, namun penggunaan kartu kredit juga dapat dimasukkan dalam utang. Oleh karena itu, Anda juga harus berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit.

 

#9 Menyusun Rencana Keuangan

Rencana keuangan tidak hanya dibutuhkan dalam sebuah perusahaan, namun juga dibutuhkan dalam mengatur keuangan pribadi.

Rencana keuangan unuk keuangan pribadi dapat berupa cara pembiayaan utang, penyusunan portfolio investasi atau penetapan tujuan keuangan.

Setelah Anda menyusun rencana keuangan, Anda harus mengecek progress dan rencana Anda secara berkala. Dengan melihat kemajuan Anda, pastinya Anda akan lebih termotivasi dan dapat melihat hasil dari kerja payah Anda.

 

#10 Menambah Sumber Penghasilan

Walaupun Anda telah memiliki penghasilan tetap, tidak ada salahnya mencari penghasilan tambahan. Anda dapat melakukan pekerjaan lepas waktu atau pekerjaan tambahan untuk menambah pemasukan.

Dengan pemasukan yang bertambah, Anda dapat mengatur kebutuhan dan melakukan investasi lebih. Tentu pekerjaan tambahant tersebut jangan sampai mengganggu pekerjaan utama Anda.

10 Kebiasaan Merawat Keuangan Pribadi yang Bikin Sukses 04 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Alasan Keuangan Pribadi Harus Baik Sebelum Jadi Entrepreneur]

 

Itulah 10 kebiasaan merawat keuangan pribadi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan keuangan. Untuk mewujudkan kebiasaan di atas, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk membantu Anda mengatur keuangan pribadi.

Aplikasi Finansialku adalah aplikasi perencanaan keuangan pertama di Indonesia yang sudah tercatat dan diawasi oleh OJK.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mencatat keuangan, konsultasi keuangan, mengecek kesehatan keuangan, hingga membeli produk investasi. Yuk, download aplikasinya dan raih kesuksesan keuangan Anda sekarang.

playstore icon
appstore icon

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda dapat merawat keuangan pribadi dengan lebih baik. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

 

Sumber Referensi:

  • Miriam Caldwell. 26 September 2020. 20 Ways to Take Control of Your Finances. Thebalance.com – https://bit.ly/3lmgDEh
  • Jackie Porter. 15 September 2020. 3 Financial Self-Care Habits You Can Start Today. Blog.mint.com – https://bit.ly/2F8RZYi

 

Sumber Gambar:

  • Keuangan 1 – https://bit.ly/3430OfD
  • Keuangan 2 – https://bit.ly/31dZlBI
  • Keuangan 3 – https://bit.ly/3k8D9QH
  • Keuangan 4 – https://bit.ly/2GX0TJq