Kecerdasan keuangan untuk kaum muda, khususnya usia 20 – 40 tahun, apa saja yang perlu dilakukan? Perencana keuangan independen Finansialku akan berbagi mengenai langkah kecil buat orang muda untuk meningkatkan kecerdasan keuangan.

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kecerdasan Keuangan untuk Orang Muda

Finansialku telah mengulasa beberapa kali mengenai kecerdasan keuangan, seperti dalam quote John W. Rogers, Jr. mengenai kecerdasan keuangan (financial literacy).

 

Robert T. Kiyosaki seorang konsultan keuangan di Amerika, menjelaskan dalam bukunya mengenai kecerdasan keuangan Financial IQ terdiri dari lima bagian yaitu:

  1. Menghasilkan uang (making money)
  2. Melindungi uang (protecting money)
  3. Membuat anggaran untuk uang (budget your money)
  4. Mengungkit uang (leveraging your money)
  5. Meningkatkan informasi keuangan (improve your financial information)

 

Finansialku setuju, menjalankan dan menyarankan kepada teman-teman untuk berani bermimpi besar (dare to dream big) dan membuat langkah kecil. Bagaimana cara meningkatkan kecerdasan keuangan? Menurut Edgar Gale Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan keuangan adalah dengan membaca, mendengar, membicarakan dan melakukannya.

Piramida Pembelajaran - Perencana Keuangan Independen Finansialku - Belajar Keuangan Keluarga

 

Finansialku dalam artikel ini akan berbagi 12 tips untuk langkah kecil meningkatkan kecerdasan keuangan.

 

10 Langkah Kecil Praktek Kecerdasan Keuangan

Finansialku mencoba mengeksplorasi beberapa kecerdasan keuangan Financial IQ ala Robert Kiyosaki.

 

Make Money

Ubah Passion Anda menjadi Pendapatan

Pada dasarnya setiap orang memiliki potensinya masing-masing. Biasanya potensinya ada di hobi atau passion. Dengan tambahan usaha ubah passion menjadi sumber pendapatan.

 

Berinvestasi

Anda sendiri tentunya sudah tahu kan kenapa harus berinvestasi? Nah sekarang bingung investasi apa? Oke cara yang paling gampang dan mudah untuk berinvestasi di reksadana adalah coba datangi bank Anda atau perusahaan sekuritas (tentu saja yang terdaftar di OJK), mulai dengan investasi yang paling kecil.

Kenapa harus paling kecil? Tujuan utama adalah untuk belajar dan mendapat pengalaman. Idealnya Anda juga cari informasi dari artikel, buku atau seminar mengenai investasi yang Anda buat.

 

Melindungi Uang

Kurangi Biaya Admin

Kalau teman-teman punya akun di bank, kartu kredit, investasi atau asuransi upayakan untuk mendapatkan the best deal (harga terbaik). Contoh Anda diberi penawaran kartu kredit:

  • Opsi 1: Kartu kredit platinum dengan biaya admin Rp 600.000 setahun dengan limit Rp15.000.000.
  • Opsi 2: Kartu kredit gold dengan biaya admin Rp 300.000 setahun dengan limit Rp 15.000.000.

Opsi mana yang Anda pilih?

Kebanyakan orang tidak mengetahui ada biaya yang bisa kita hemat. Caranya sederhana, tanya customer service dan diskusikan kebutuhan Anda. Selamat mencoba.

 

Hindari Denda, Penalti, Fee Charge dll

Nah ini dia biaya yang kecil-kecil tapi nendang. Hindari biaya-biaya yang dikenakan akibat telat bayar kartu kredit, bunga karena kelebihan penggunaan (over limit), Bunga karena bayar kredit jumlah minimum terus dan lainnya. Pokoknya kalo temen-temen masih punya seperti itu, coba dilunasin.

 

Hindari Utang Konsumtif

Utang konsumtif adalah utang yang sifatnya untuk konsumsi, misal cicilan elektronik, cicilan perjalanan wisata, cicilan membeli ini itu dan lainnya. Nah terus punya kartu kredit buat apa? Kartu kredit memiliki diskon di toko-toko tertentu dan point reward yang bisa kita tukarkan dengan diskon. Nah gunakan kartu kredit untuk mendapatkan keuntungan tersebut. Finansialku akan membahas cara menggunakan kartu kredit dengan benar di artikel berikutnya.

 

Beli Asuransi dengan Benar

Apakah Anda sudah memiliki asuransi? Khususnya asuransi individual ya. Jika sudah coba dicek apakah asuransi yang Anda miliki saat ini sudah sesuai dengan kebutuhan Anda? Jangan sampai asuransi Anda melebihi kebutuhan Anda (sehingga premi lebih mahal) atau asuransi di bawah kebutuhan Anda (karena Cuma mengejar premi murah).

Jangan salah ya, mikir asuransi untuk investasi. Asuransi fungsinya adalah proteksi lho.

 

Membuat Anggaran

Budget, Budget, Budget

Nah untuk urusan ini, coba ingat kata-kata pak Bos budget, budget, budget. Dalam keuangan keluarga pun juga sebaiknya seperti itu, punya budget atau anggaran. Ingat budget tujuannya biar seimbang (balance).

 

Punya Dana Darurat

Sudah punya dana cadangan? Tujuannya sederhana jika ada pengeluaran yang mendadak, jangan mikir utang dulu. Gunakan dana cadangan (dana darurat) untuk membiayai kebutuhan yang mendadak.

 

Mengungkit Uang

OPM (Other People Money)

Terkait dengan kartu kredit, gunakan uang bank untuk membiayai pengeluaran Anda di awal. JANGAN GUNAKAN KARTU KREDIT UNTUK UTANG!!!. Tapi gunakan kartu kredit untuk membayar lebih awal pengeluaran Anda.

Misal teman-teman kantor ngajak makan siang di rumah makan ABC, kebetulan kartu kredit Anda punya program diskon, gunakan kartu kredit untuk mendapatkan diskon. Gunakan uang bank untuk membayar makan siang Anda saat ini, nanti diakhir bulan BAYAR LUNAS semuanya.

 

Tingkatakan Pengetahuan

Lakukan Self Development

Finansialku menyarankan teman-teman untuk menganggarkan 5% pendapatan untuk melakukan pengembangan diri (self development). Apa itu self development? Segala sesuatu yang dapat meningkatan kemampuan Anda, misal les bahasa asing, les komputer, beli buku, beli cd audio, ikut seminar keuangan, bayar personal trainer dan lainnya.

Tidak harus melulu mengenai keuangan, tetapi prioritaskan terlebih dahulu. Misal Anda tahun ini melakukan pengemabangan diri kea rah investasi, agar tahun depan Anda punya penghasilan lebih (gaji + hasil investasi) untuk melakukan pengemabangan diri lainnya. 

 

Kesimpulan

Kecerdasan keuangan itu tidak hanya cuma dibaca tetapi harus dibicarakan dan dilakukan. Nah berikut ini 10 langkah kecil dari Finansialku untuk teman-teman khususnya yang berusia 20-40 tahun untuk meningkatkan kecerdasan keuangan:

  1. Ubah Passion Anda menjadi Pendapatan
  2. Berinvestasi
  3. Kurangi Biaya Admin
  4. Hindari Denda, Penalti, Fee Charge dll
  5. Hindari Utang Konsumtif
  6. Beli Asuransi dengan Benar
  7. Budget, Budget, Budget
  8. Punya Dana Darurat
  9. OPM (Other People Money)
  10. Lakukan Self Development

  

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Febuari 2015

Baca E Magazine Sekarang!