Kekuatan kelas menengah Indonesia terbukti mendongkrak ekonomi Indonesia. Indonesia menunjukkan adanya peningkatan daya beli masyarakat yang signifikan. Finansialku akan mengulas lebih dalam mengenai kekuatan kelas menengah Indonesia.

 

Kekuatan Kelas Menengah Indonesia - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Seberapa Besar Kekuatan Kelas Menengah Indonesia?

Salah satu ciri kelas menengah Indonesia adalah kelas menengah memiliki pendapatan yang berlebih atau disposable income. Sebelumnya kita bahas dulu mengenai discretionary income (DPI). DPI sederhananya adalah pendapatan seseorang dikurangi pajak dikurangi kebutuhan-kebutuhan utama untuk hidup. Nah sisanya disebut dengan discretionary income.

Kira-kira discretionary income ini digunakan untuk apa ya?

Tentunya setiap orang memiliki tipenya masing-masing. Finansialku mencoba menggolongkan menjadi 3 jenis yaitu: pertama orang yang tipenya berbelanja, kedua orang yang suka hidup bersosialita dan orang yang memikirkan masa depan.

online-shopping-aman-Kekuatan Kelas Menengah Indonesia-Finansialku

Doyan Belanja

Kekuatan Kelas Menengah Indonesia-Finansialku

Sosialitas

Merencanakan Keuangan Keluarga Kekuatan Kelas Menengah Indonesia-Finansialku

Memikirkan Masa Depan

 

Doyan Belanja

Kelas menengah Indonesia yang doyan belanja cenderung akan menggunakan discretionary incomenya untuk memenuhi kesenangannya untuk berbelanja. Hobinya jelas browsing di toko online, socila media dan suka jalan ke mall. Discretionary income akan digunakan untuk keperluan fashion, lifestyle dan lain sebagainya. Menurut Anda apakah bijak menggunakan discretionary income untuk berbelanja?

Bijak atau tidak sebenarnya disesuaikan dengan kondisi keuangan seseorang, yang jelas jika Anda sampai berutang untuk belanja, maka Anda sudah tidak sehat secara keuangan.

 

Bersosialitas

Kelas menengah Indonesia yang doyan hidup bersosialita cenderung menggunakan discretionary incomenya untuk memenuhi kesenangannya untuk berkumpul bersama teman, hangout, clubbing dan lain sebaginya. Kekuatan kelas menengah Indonesia tipe sosialitas lebih cenderung menghabiskan uang untuk konsumtif. Discreationary income mereka habis digunakan untuk bersenang-senang, berkumpu bersama teman.

 

Memikirkan Masa Depan

Percaya atau tidak ada cukup banyak orang kelas menengah Indonesia yang mulai memikirkan masa depan. Discretionary income mereka digunakan untuk berinvestasi di produk-produk keuangan, asuransi dan lain sebagainya. Hal ini ditandai dengan peningkatan jumlah dana yang dideposito hampir di seluruh bank, meningkatkan dana kelolaan manajer investasi (reksadana) dan lain sebagainya. Orang-orang yang tergolong dalam orang yang memikirkan masa depan cenderung memiliki mimpi atau tujuan keuangan yang telah jelas – #IndonesianDream.

Masing-masing tipe orang turut menyumbang pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Discretionary income kelas menengah Indonesia memiliki kekuatan untuk menggerakan roda ekonomi Indonesia.

 

Kesimpulan

Kekuatan kelas menengah Indonesia timbul terjadi karena kelas menengah Indonesia memiliki discretionary income atau pendapatan yang berlebih. Penggunaan uang tersebut terbagi menjadi beberapa fungsi, tergantung dengan karakteristik orang. Ada orang yang senang belanja, bersosialita maupun orang yang memikirkan masa depan keuangannya.

 

Tinggalkan komentar Anda mengenai kekuatan kelas menengah di Indonesia di bawah Ini. Finansialku akan sangat senang jika dapat berdiskusi dengan Anda. Jangan lupa like Finansialku di Facebook, follow Finansialku di twitter dan bergabung dengan Finasnialku di Google Plus. Terima kasih.

 

Hubungi Finansialku

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Download Sekarang