Rakyat Indonesia dihebohkan dengan berita kenaikan harga elpiji di awal tahun 2014. Tiba-tiba ada pengumuman kenaikan harga elpiji oleh PT Pertamina. Setelah kenaikan yang cukup tinggi, tiba-tiba terjadi revisi harga. Sebenarnya apakah dampak dari kenaikan gas elpiji? Finansialku akan membahas mengenai kenaikan harga elpiji.

dfeeaa39eafbeb0c4acb107af60ea2e4 Kenaikan Harga Elpiji di Awal Tahun

 

Kenaikan Harga Elpiji 12kg

Pada tanggal 1 Januari 2014, terjadi kenaikan harga elpiji 12 kilogram. Semula harga gas elpiji 12 kilogram di agen penjual sekitar Jakarta adalah Rp 78.000 per tabung, kemudian harga tersebut mengalami kenaikan menjadi Rp 138.000 per tabung. Kenaikan sebesar Rp 60.000 per tabung atau sebesar 76,92% dirasa berat oleh sebagian besar pembeli.

 

Kenaikan harga elpiji 12 kilogram yang begitu tinggi menyebabkan pembeli beralih ke gas elpiji yang ukurannya lebih kecil yaitu 3 kilogram. Keberalihan masyrakat yang awalnya menggunakan gas elpiji 12 kilogram kemudian menjadi 3 kilogram disebabkan karena daya beli masyrakat yang belum cukup kuat mengimbangi kenaikan harga elpiji 12 kilogram. Menurut sumber yang didapat Finansialku, gas elpiji 3 kilogram masih mendapat subsidi dari pemerintah Indonesia. Kenaikan permintaan (demand) gas elpiji 3 kilogram yang melonjak secara tiba-tiba dan ketersediaan pasokannya (supply) tetap menyebabkan gas elpiji 3 kilogram menjadi langka di pasaran.

 

Alasan Pertamina Menaikkan Harga Elpiji 12kg

Pihak Pertamina sempat menjadi pihak yang dicari-cari pemerintah, mengenai kenaikan harga elpiji 12 kg. Pertamina melalui dirutnya Ibu Karen Agustiawan mengatakan Pertamina dengan terpaksa menaikan harga elpiji 12 kg karena Pertamina mengalami kerugian dalam jumlah yang cukup signifikan.

 karen-pertamina-131127b Kenaikan Harga Elpiji di Awal Tahun

Kerugian yang ditanggung Pertamina pada tahun 2013 adalah Rp 7 triliun. Kerugian tersebut salah satunya disebabkan karena biaya produksi gas elpiji 12kg yang megalami kenaikan, kurs US Dollar yang terus meningkat dan disisi lain Pertamina tidak melakukan kenaikan harga yang signifikan. Salah satu upaya yang dilakukan Manajemen Pertamina adalah mengusulkan kenaikan harga elpiji 12 kg ke dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

 

Kerugian Pedagang Setelah Revisi Harga

Pedagang mengaku mengalami kerugian setelah dilakukan revisi harga. Pada awal tahun 2014, harga modal satu tabung elpiji 12 kg mengalami kenaikan dari Rp 70.200 menjadi Rp 117.708. Kenaikan harga tersebut secara otomatis berimbas pada kenaikan harga elpiji 12 kg di pasaran. Kenaikan harga elpiji menyebabkan banyak protes dari masyarakat. Pemerintah menugaskan Pertamina untuk mengkaji ulang kenaikan harga. Singkat cerita pada tanggal 7 Januari 2014 terjadi revisi harga jual elpiji ke pengecer 12 kg menjadi Rp 82.200.

Penurunan harga disambut positif oleh para pembeli eceran. Disisi lain penurunan sebesar Rp 35.508 per tabung atau 30,17% ini sangat meresahkan pedagang. Mereka mengatakan sudah terlanjur membeli dengan harga yang tinggi dan harus menjual dengan harga yang lebih rendah daripada modal mereka.

 

Cara Menyiasati Kenaikan Harga Elpiji 12 kg

Ketika harga suatu barang mengalami kenaikan yang tinggi, orang cenderung mencari barang pengganti (barang substitusi). Salah satu barang pengganti elpiji 12 kg yang dapat dibeli di pasaran adalah elpiji 3 kg. Memang selain elpiji 3 kg masih terdapat beberapa sumber energi lain, tetapi sebagian besar masyarakat tidak mau repot untuk mendapatkan barang substitusi lainnya.

Hal ini menyebabkan orang berbondong-bondong mencari dan membeli elpiji 3kg. Singkat cerita elpiji 3 kg menjadi langka di pasar. Selain mencari barang substitusi, Kita dapat melakukan penghematan penggunaan gas elpiji. Berikut ini Finansialku akan membahas beberapa cara untuk menghemat penggunaan gas elpiji 12 kg.

 

Gunakan gas sesuai dengan kebutuhan

Manfaatkan gas sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai Kita menggunakannya dengan berlebih. Ketika memasak, usahakan panas api sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai api di kompor melewati panci atau wajan. Ketika sedang menggunakan pemanas air, pastikan air sesuai dengan kebutuhan untuk mandi.

 

Manfaatkan teknik penghemat penggunaan gas elpiji saat memasak

Misal usap bagian bawah peralatan hingga kering sebelum menempatkan peralatan tersebut di atas kompor. Hal ini dapat menghemat penggunaan gas untuk pemanasan awal. Manfaatkan pressure cooker untuk menghemat energi dan memasak lebih efisien. Sesuaikan air yang dimasak dengan kebutuhan, jangan sampai Kita menggunakan air dalam jumlah berlebih dan dibiarkan menguap.

 

Cek selang dan regulator secara berkala

Cek secara reguler untuk memastikan tidak terjadi kebocoran di selang atau regulator. Kebocoran dapat menyebabkan gas terbuang sia-sia.

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai kenaikan harga elpiji 12 kg.

 

Sumber:

  • Asril Sabrina, editor: Inggried Dwi Wedhaswary. 2014, 5 January. Presiden SBY: Kenaikan Harga Elpiji Kewenangan Pertamina. Nasional Kompas.com
  • Mas, Sam, Dot. 2014, 7 January. Harga Kenaikan Turun, Pengecer Elpiji Tetap Rugi. Jpnn.com.

 

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku Memilih Asuransi Kesehatan untuk Keluarga Baca
finansialku Mengatur Keuangan Keluarga di Tahun Politik 2014 Baca
finansialku 8 Resolusi Keuangan di Tahun Baru Baca