8 Kesalahan Merencanakan Dana Pensiun

Selain kesalahan-kesalahan yang disebutkan di artikel sebelumnya, berikut adalah kesalahan berikutnya yang bisa Anda hindari.

 

#3 Tidak Berinvestasi

Pernahkah Anda berpikir bagaimana sebuah investasi bisa berkembang menjadi sangat besar?

Pada dasarnya, bunga (interest) merupakan imbal jasa atas sebuah pinjaman yang bisa didapatkan atau harus dibayarkan dengan perhitungan persentase tertentu.

Hindari 8 Kesalahan Merencanakan Dana Pensiun Ini! 04

[Baca Juga: 8 Bisnis yang Menguntungkan untuk Pensiunan yang Dapat Menambah Pemasukan]

 

Secara garis besar terdapat dua jenis bunga yang biasa berlaku dalam dunia perbankan, yaitu bunga tunggal (simple interest) dan bunga majemuk (compound interest) yang dikenal juga dengan sebutan bunga majemuk.

  • Bunga tunggal (simple interest) mengacu pada perhitungan bunga berdasarkan pinjaman pokok saja, sedangkan
  • Bunga majemuk (compound interest) mengacu pada bunga atas pokok dan bunganya yang terakumulasi dari waktu ke waktu

Dari sini dapat diartikan bahwa konsep dari bunga majemuk (compound interest) akan menghasilkan lebih banyak bunga pada tiap periodenya karena pertumbuhannya bukan lagi linear tapi eksponensial.

Jadi, dengan berinvestasi pertumbuhan uang akan eksponensial dan tentu lebih cepat daripada sekedar menabung.

 

#4 Terlambat Merencanakan Dana Pensiun

Terlambat melakukan perencanaan dana pensiun juga adalah kesalahan umum yang dilakukan. Biasanya perusahaan memiliki inisiatif baik untuk mengikutkan karyawan-karyawannya ke dalam program persiapan pensiun.

Program tersebut dilakukan 1-5 tahun sebelum karyawan tersebut memasuki masa pensiun.

Namun waktu 1-5 tahun untuk mempersiapkan dana pensiun tentu terlalu singkat, jadi penting bagi Anda untuk menyadari pentingnya persiapan masa pensiun sejak dini.

 

#5 Tidak Melakukan Review atau Memperbarui Rencana

Kesalahan merencanakan dana pensiun selanjutnya yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah tidak melakukan review atau mengecek kembali rencana keuangan yang sudah dibuat.

Padahal dalam praktiknya, kondisi perencanaan dana pensiun seseorang bisa berubah.

Mungkin saja Anda tiba-tiba mendapatkan promosi jabatan yang cepat, sehingga penghasilan bertambah, mungkin saja Anda dikaruniai anak lagi, sehingga pengeluaran bertambah.

Nah, oleh sebab itu penting untuk selalu melakukan review dari rencana keuangan.

Dengan melakukan review berkala Anda bisa mengecek apakah realisasi dana pensiun Anda masih sesuai dengan target dan bisa mengubahnya segera jika ada kesalahan.

 

#6 Tidak Memperkirakan Pengeluaran Tak Terduga

Salah satu kesalahan dalam merencanakan biaya pensiun adalah lupa menganggarkan pengeluaran besar, seperti biaya untuk berlibur, biaya untuk menikahkan anak dan lain sebagainya.

Memang betul ini tidak menjadi kewajiban Anda, dan ini bukan kebutuhan primer. Namun banyak kasus dimana orang menjadi berutang di masa pensiunnya karena kejadian semacam ini.

Hindari 8 Kesalahan Merencanakan Dana Pensiun Ini! 03

[Baca Juga:Jaminan Pensiun Program BPJS Ketenagakerjaan: Apakah Benar Mendapat Gaji Bulanan saat Sudah Pensiun?]

 

Ada yang rela berutang demi menikahkan anaknya karena anak tersebut tidak memiliki biaya.

Selain mengorbankan dana pensiunnya, orang tua ini bahkan harus berutang. Bahaya sekali bukan? Jadi perhitungkan biaya tak terduga semacam ini saat Anda merencanakan dana pensiun ya!

 

#7 Gagal Merencanakan Dana Pensiun

Banyak orang yang bergantung pada perencana keuangan dalam mempersiapkan masa pensiunnya. Tahukah Anda kenapa?

Sebuah pepatah mengatakan:

 “Those who fail to plan, plan to fail.”

 

Artinya, Anda yang gagal membuat rencana sama saja dengan merencanakan kegagalan.

Tidak mudah untuk merencanakan masa pensiun yang sejahtera seperti yang Anda bayangkan pada poin kedua tadi, jadi tidak ada salahnya menggunakan jasa perencana keuangan.

Mereka akan membuat rencana berdasarkan pendapatan Anda saat ini, tujuan Anda, dan alternatif instrumen investasi yang memungkinkan.

Mereka pula yang akan membantu Anda mencari cara untuk mengalokasikan uang secara maksimal demi mencapai tujuan pensiun Anda.

Apabila Anda membutuhkan bantuan profesional, Finansialku siap membantu Anda.

Para perencana keuangan di Finansialku adalah pemegang lisensi CFP® aktif dan bekerja sesuai dengan kode etik profesi perencana keuangan yang telah ditetapkan oleh Financial Planning Standards Board Indonesia.

Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah mengatur keuangan dan mencapai masa pensiun bahagia dengan menggunakan jasa Finansialku. Anda bisa mulai dari sekarang dengan menghubungi whatsapp 0819-1151 6119 atau hubungi di sini.

 

#8 Tidak Paham Akan Opsi Jaminan Pensiunnya

Jika membahas masa pensiun, sebenarnya ada banyak opsi yang akan meringankan beban Anda. Opsi inilah yang akan ikut menyokong kebutuhan dana pensiun Anda kelak.

Jadi, di luar investasi sendiri alias pribadi, terdapat 2 opsi jaminan masa pensiun, yaitu sebagai berikut:

Umumnya tiap perusahaan memiliki kebijakan jaminan masa pensiun yang berbeda-beda. Jika Anda beruntung, Anda bisa memperoleh perusahaan yang benar-benar mempedulikan kesejahteraan karyawannya.

Sebagai contoh, biasanya perusahaan yang baik akan memberikan donasi pensiun (biasanya sekitar 10% dari gaji karyawan) dan kemudian menyimpannya dalam bentuk investasi (bisa dalam deposito atau reksadana).

Nominal itu akan makin meningkat mengingat adanya peningkatan gaji dan akan terus dibiarkan tumbuh selama Anda masih bekerja di perusahaan.

Jika pengelolaan investasinya bagus, maka donasi pensiun itu bisa tumbuh berlipat. Namun tak jarang ada perusahaan yang benar-benar mengabaikan hal ini. Dalam perusahaan ini, ketika Anda pensiun setelah bekerja puluhan tahun lamanya, maka Anda hanya mendapatkan sekedar ucapan terima kasih.

Jika beruntung paling memperoleh uang sebesar 2 kali gaji terakhir. Jadi, segera tanyakan pada perusahaan apa program pensiun yang diberikan, dan apa saja cakupan layanan yang bisa didapatkan. Jika kurang memadai, lanjutkan ke poin kedua.

Anda juga bisa menyokong masa pensiun dengan program pensiun wajib dari pemerintah Indonesia yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Mengutip dari bpjsketenagakerjaan.go.id, beberapa program yang tersedia adalah:

  • Jaminan Hari Tua (JHT)
  • Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
  • Jaminan Kematian (JKM)
  • Jaminan Pensiun

 

Program-program ini bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan/atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

Nah, yang paling umum digunakan dalam perencanaan masa pensiun adalah JHT, dimana Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan diwajibkan bagi seluruh tenaga kerja/pekerja/karyawan.

Ada undang-undang yang mengatur bahwa setiap karyawan harus terdaftar sebagai peserta JHT BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran ditanggung bersama antara pemberi upah (perusahaan) dan penerima upah (karyawan).

Besarnya bisa mencapai 5,7% dari gaji, yang jika dirinci sekitar 3,7% dibayarkan perusahaan dan 2% dibayarkan karyawan.

Misalnya, jika gaji Anda Rp5.000.000, seharusnya perusahaan menggaji Anda sekitar Rp5.285.000. Sebab Rp285.000 disetorkan untuk Jaminan Hari Tua (JHT).

 

Kesalahan Merencanakan Dana Pensiun Menentukan Masa Depan Anda!

Mayoritas orang hanya mencita-citakan masa pensiun bahagia tanpa menghindari kesalahan merencanakan dana pensiun. Ujung-ujungnya mereka merasakan penyesalan yang teramat dalam karena masa pensiunannya tidak seindah yang dibayangkan.

Tetapi Anda bisa belajar dari kesalahan ini dan mempersiapkan masa pensiun bahagia.

Kenali jenis pensiun yang mungkin Anda jalani dan perhitungkan dengan seksama berapa jumlah yang perlu disiapkan serta berapa lama waktu untuk menyiapkannya.

Dengan demikian, Anda bisa menghadapi masa pensiun dengan tenang dan sejahtera. Mari sama-sama belajar menjadi semut alih-alih belalang!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai kesalahan merencanakan dana pensiun lainnya? Tinggalkan komentar Anda pada kolom di bawah ini.

Jangan lupa share artikel ini pada rekan-rekan Anda supaya bisa turut membangun Indonesia dengan pengetahuan keuangan seperti ini.

 

<< Sebelumnya

 

 

Sumber Referensi:

  • Kalen Bruce. Oct 2, 2017. 5 Simple Yet Effective Ways to Plan for Retirement. Moneyminiblog.com – http://bit.ly/2XWYOkN
  • Scott Spann. 15 Oktober 2016. Tips to Prepare for Retirement Success (How Improving your Financial Wellness Today Will Lead to Retirement Success). Thebalance.com – http://bit.ly/34s3YHW

 

Sumber Gambar:

  • Kesalahan Merencanakan Dana Pensiun 01 – http://bit.ly/37Hwk2W
  • Kesalahan Merencanakan Dana Pensiun 02 – http://bit.ly/2qL6GcL
  • Kesalahan Merencanakan Dana Pensiun 03 – http://bit.ly/2siqxAx
  • Kesalahan Merencanakan Dana Pensiun 04 – http://bit.ly/2QTVEwu