Petarung Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun dari dunia seni bela diri campuran, berikut sejumlah fakta dibaliknya!

Ketahui selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Khabib Nurmagomedov Pensiun

Para pecinta Ultimate Fighting Championship (UFC) baru saja kehilangan salah satu pejuang Oktagon, Khabib Nurmagomedov, yang memutuskan pensiun dari dunia seni bela diri campuran (MMA).

Petarung asal Rusia dengan julukan The Eagle itu memutuskan untuk pensiun dari dunia tarung bebas usai mengalahkan Justin Gaathje dan mempertahankan sabuk juaranya.

Pencapaian tersebut sekaligus menjadi penutup karier yang manis bagi Khabib. Dirinya telah memastikan bahwa pertarungan kontra Justin Gaethje adalah penampilannya yang terakhir di pentas UFC.

“Ini adalah pertarungan terakhir saya,” kata Khabib seusai menghadapi Justin Gaethje, sebagaimana dikutip dari Kompas, Senin (26/10).

Khabib Nurmagomedov Pensiun, Ini Fakta Menarik Dibaliknya! 02

[Baca Juga: Kisah Sukses Muhammad Ali, Petinju Legendaris Kelas Dunia]

 

Bisa jadi keputusan Khabib pensiun merupakan pilihan yang tepat baginya. Selain tengah berada di puncak karirnya, secara finansial Khabib juga sudah sangat mumpuni.

Melansir dari detikcom, kekayaan bersih Khabib di tahun ini diperkirakan mencapai US$ 30 juta atau setara Rp 438 miliar.

 

Fakta Menarik dari Pesiunnya Khabib Nurmagomedov

Pensiunnya Khabib pun memunculkan sejumlah fakta menarik, seperti rekor yang telah ia ukir selama berkarier hingga permintaan terakhir kepada UFC.

Melansir dari sejumlah sumber, berikut beberapa fakta menarik seputar pensiunnya Khabib Nurmagomedov:

 

#1 Sepak Terjang Jadi Petarung

Karir Khabib sebagai atlet petarung bebas memang cukup mentereng. Dia dua kali juara Combat Sambo World Champion dan juara yang terkalahkan di UFC Lightweight Champion. Khabib juga memegang rekor tak terkalahkan di MMA.

Khabib melakukan debutnya di MMA pada tahun 2008. Dalam sebulan ia mendapatkan empat kali kemenangan, tiga di antaranya dilakukan dalam sehari.

Bulan berikutnya, ia memenangkan kejuaraan turnamen Piala Atrium perdana di Moscow. Dalam tiga tahun berikutnya, Khabib memenangkan 12 pertandingan, termasuk kemenangannya di debut M-1 Global pada tahun 2009.

Namun pada September 2014 dan 2015, ia harus membatalkan beberapa pertandingan karena cedera dan kesehatan yang buruk.

Pada 2016, Khabib kembali bertanding dan berhasil menang melawan pendatang baru Darrell Horcher di UFC.

Khabib Nurmagomedov Pensiun, Ini Fakta Menarik Dibaliknya! 03

[Baca Juga: Kisah Sukses Manny Pacquiao, Petinju Asal Filipina]

 

Selang setahu ia dijadwalkan untuk melawan Tony Ferguson untuk Kejuaraan Kelas Ringan Interim, namun, ia jatuh sakit karena beberapa komplikasi yang muncul dari proses penurunan berat badan dan ronde harus dibatalkan.

Nurmagomedov dan Edson Barboza berhadapan satu sama lain di UFC 219 pada 30 Desember 2017. Nurmagomedov mendominasi lawannya di ketiga ronde pertarungan dan kemudian menang dengan keputusan bulat.

Pada 6 Oktober 2018, Nurmagomedov mempertahankan gelar ringan UFC melawan Conor McGregor di UFC 229 dengan mengalahkan McGregor di babak keempat melalui kuncian.

Pertandingan keduanya saat itu begitu menarik perhatian dunia.

 

#2 Sosok Ayah dan Janji Ibu Jadi Alasan Khabib Pensiun

Keputusan pensiun yang diambil Khabib tak lepas dari kepergian sang ayah sekaligus sosok pelatih, Abdulmanap, pada 3 Juli 2020. Dia mengaku tak bisa terus bertarung tanpa kehadiran sang ayah.

Khabib juga sudah berjanji kepada sang ibu bahwa duel UFC 254 kontra Gaethje akan menjadi pertarungan terakhir dalam kariernya. “Hari ini adalah pertarungan terakhir saya. Tidak mungkin lagi saya bertarung tanpa ayah saya,” ujar Khabib.

“Ketika UFC memberi tahu saya soal pertarungan dengan Gaethje, saya bicara dengan ibu, tiga hari setelah ayah berpulang,” ucapnya.

“Ibu tidak ingin saya bertarung tanpa ayah, tetapi saya berjanji kepada ibu bahwa ini adalah yang terakhir. Ketika sudah berjanji, saya harus menepatinya,” kata Khabib, sebagaimana melansir dari Kompas.

 

#3 Permintaan Terakhir Khabib

Setelah mengumumkan pensiun, Khabib mengutarakan permintaan terakhirnya kepada UFC. Dia ingin dinobatkan sebagai petarung terbaik pound-per-pound di dunia karena dirinya merasa layak.

“Permintaan terakhir saya untuk UFC adalah kalian harus menjadikan saya petarung nomor 1 pound-for-pound di dunia karena saya layak mendapatkannya,” ucap Khabib.

“Saya juara sejati di kelas ringan tanpa terkalahkan. Terima kasih untuk semuanya,” tutur dia.

 

Menurutmu pertandingan hebat yang mana dari Khabib Nurmagomedov? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

GRATISSS, Yuk Download Sekarang!

ASURANSI KESEHATAN Bisa Menyelamatkan Hidup

1 Ebook Studi Kasus Asuransi

 

Sumber Referensi:

  • Benekdiktus Agya Pradita. 26 Oktober 2020. Fakta Menarik Pensiunnya Khabib, dari Deretan Rekor hingga Permintaan Terakhir. Kompas.com – https://bit.ly/35vumlW
  • Danang Sugianto. 25 Oktober 2020. Khabib Nurmagomedov Punya Harta Rp 438 M, Cukup Buat Bekal Pensiun?¬†https://bit.ly/3kvOb2u
  • Danang Sugianto. 26 Oktober 2020. Mengintip Isi Kocek Khabib Nurmagomedov yang Pensiun Dini. Detik.com – https://bit.ly/37FsU31

 

Sumber Gambar:

  • Khabib 01 – https://bit.ly/2HAoXBK
  • Khabib 02 – https://bit.ly/3dYcKTB
  • Khabib 03 – https://bit.ly/3ozPv7h