Apakah kamu tahu bahwa dengan mengumpulkan dana darurat, kamu bisa meningkatkan kinerja investasi kamu daripada kamu tidak memiliki dana darurat?

So, apakah kamu masih enggan mengumpulkan dana darurat?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Dana Darurat

Sobat Finansialku, apakah kamu sudah mengetahui betapa vitalnya peran dana darurat ini dalam keuanganmu? Apakah kamu masih merasa dana darurat ini tidak penting? Let me refresh your mind with the importance of emergency fund.

Piramida-Perencanaan-Keuangan-Finansialku

Piramida Perencanaan Keuangan Finansialku, Prioritaskan Keamanan Keuangan

 

Jika kamu melihat piramida keuangan, maka kamu akan sadar bahwa untuk memiliki bangunan segitiga yang kokoh harus memiliki fondasi yang baik bukan? bayangkan jika fondasinya saja tidak kuat, apakah kamu bisa membangun piramida yang kokoh?

Tentu saja tidak! Maka dari itu, kamu harus mulai memikirkan pentingnya memiliki dana darurat. Dana darurat ini besarnya bisa mulai dari 6-12 kali pengeluaran bulanan.

Bagaimana caranya kamu tahu pengeluaran bulananmu? Kamu bisa mengetahui dari anggaran bulanan.

Kalau kamu bingung bagaimana membuat anggaran keuangan bulanan kamu, kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk membuatnya. (Download via Google Play Store atau Apple App Store)

playstore icon
appstore icon

 

Tips Meningkatkan Kinerja Investasi Dengan Dana Darurat 02 Aplikasi - Finansialku

Tampilan menu Anggaran Aplikasi Finansialku

 

Gambar di atas adalah contoh dari anggaran keuangan. Bisa kamu lihat bahwa pengeluaran bulanan kamu sebesar Jumlah Total, yaitu Rp6.780.000 per bulannya.

Nah, dari sini, kamu bisa menghitung dana darurat yang kamu butuhkan. Dengan Aplikasi Finansialku, kamu bisa akses menu Rencana Keuangan, lalu klik tanda tambah di kanan atas dan kemudian klik Dana Darurat.

Tips Meningkatkan Kinerja Investasi Dengan Dana Darurat 03 Aplikasi - Finansialku

Tampilan menu Rencana Keuangan Dana Darurat

 

Dengan pengeluaran sebesar Rp6.780.000 dan status pernikahan masih lajang, maka kamu membutuhkan dana darurat sebesar Rp40.680.000 yang harus kamu simpan untuk kejadian darurat.

Tips Meningkatkan Kinerja Investasi Dengan Dana Darurat 04 Aplikasi - Finansialku

Tampilan hasil perhitungan Dana Darurat pada Aplikasi Finansialku

 

Apa Itu Kejadian Darurat?

Sebenarnya, kamu sendirilah yang harus mendefinisikan kejadian darurat.

Jadi, intinya kejadian darurat adalah kejadian yang tidak bisa kamu rencanakan sama sekali.

Contoh kejadian darurat:

  1. Resign
  2. PHK
  3. Renovasi rumah
  4. Terjadinya bencana alam
  5. Gadget rusak
  6. Dan kejadian yang tidak bisa direncanakan lainnya

 

Lalu, bagaimana ketika sakit? Apakah termasuk kejadian yang tidak bisa direncanakan dan boleh menggunakan dana darurat?

Sakit memang merupakan kejadian yang tidak bisa direncanakan, tapi kamu harus tahu bahwa kamu perlu memiliki asuransi kesehatan.

Asuransi ini bisa digunakan ketika kamu sakit. Maka dari itu, sakit pun kamu sudah rencanakan dengan asuransi sehingga arus kas keuangan kamu tetap aman.

Jangan Sampai Terlambat, Inilah 5 Manfaat Asuransi Jiwa 01

[Baca Juga: Siapkan Dana! Segini Jumlah Dana Darurat yang Kamu Perlukan]

 

Penting sobat Finansialku tahu bahwa dana darurat jangan digunakan untuk hal berikut ini:

  1. Liburan
  2. Bayar tagihan bulanan
  3. Bayar kebutuhan bulanan

 

Jangan sampai kamu menyalahgunakan dana darurat kamu ya 😊

 

Bagaimana Tips Meningkatkan Investasi dengan Dana Darurat?

Apakah benar dana darurat bisa meningkatkan investasi? Ternyata BISA!

Langsung saja ketahui tips dana darurat dalam meningkatkan investasimu.

 

#1 Dana Darurat Mengamankan Investasi

Pada dasarnya, dana darurat ini memiliki konsep untuk mengamankan keuangan kamu. Dana darurat hanya digunakan jika terjadi keadaan yang tidak bisa kamu rencanakan dan saat itu kamu membutuhkan uang tunai segera, maka kamu bisa mengambil langsung dari dana darurat.

Kamu tidak perlu berutang untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Kamu juga pasti sudah menghabiskan waktu yang cukup banyak untuk membenahi arus kas keuangan kamu, betul? Jangan Hanya karena kamu tidak menyiapkan dana, ketika kejadian yang tidak bisa direncanakan ini, arus kas keuangan kamu akan menjadi berantakan.

Oleh sebab itu, dengan memiliki dana darurat ini kamu bisa mengamankan keuangan kamu.

 

#2 Dana Darurat Memberikan Diversifikasi Dalam Investasi

Tahukah Sobat Finansialku bahwa dengan kamu memiliki dana darurat, kamu sudah mendiversifikasikan investasi kamu. Perlu kamu ketahui, bahwa dana darurat ini harus disimpan pada instrumen investasi yang:

  1. Aman
  2. Likuiditas tinggi
  3. Mudah dicairkan

 

Kamu boleh menyimpan dana darurat kamu yang tidak terpakai di beberapa instrumen investasi supaya uang kamu tetap aman dari inflasi.

Ya, kamu bisa menyimpannya pada beberapa instrumen investasi berikut ini.

[Baca Juga: Apakah Barang Koleksi Termasuk Instrumen Investasi?]

 

Pertama, kamu bisa menyimpannya dengan emas. Seperti yang sobat Finansialku ketahui bahwa emas ini mudah sekali dijual dan harganya pun bisa mengamankan uang dari inflasi.

Ada baiknya kamu berinvestasi di emas batangan, bukan emas perhiasan.

Nah, Sobat Finansialku bisa menggali ilmu tentang investasi emas pada ebook ini. Download saja ebook-nya secara GRATIS!!!

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Kedua, kamu juga bisa menyimpan uang di deposito, ambil tenor jangka waktu terpendek saja.

Deposito ini memiliki suku bunga yang lebih besar daripada suku bunga inflasi tahunan sehingga menyimpan dana darurat di deposito juga masih aman.

 

Ketiga, kamu bisa berinvestasi di reksa dana juga lho. Kaget gak? Ternyata, kamu bisa simpan dana darurat kamu di reksa dana pasar uang. Karena jenis reksa dana ini memiliki risiko paling rendah diantara reksa dana lainnya.

Tidak hanya itu saja, reksa dana pasar uang ini kebanyakan diinvestasikan pada instrumen investasi deposit berjangka, sehingga setiap hari pasti ada kenaikan, meskipun hanya 0,01 persen per harinya. Tapi lumayan kan kalau diakumulasi selama beberapa hari?

Nah, Sobat Finansialku bisa memulai investasi reksa danamu pada Aplikasi Finansialku. Kamu cukup download Aplikasi Finansialku.

playstore icon
appstore icon

 

Kemudian, kamu tinggal klik gambar yang ada tulisan Tanamduit atau Bareksa.

Tips Meningkatkan Kinerja Investasi Dengan Dana Darurat 05 Aplikasi - Finansialku

Tampilan menu Produk Keuangan Aplikasi Finansialku

 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka akun investasi reksa dana kamu terlebih dahulu. Jadi, tunggu apa lagi? Sudah pasti akan membantu sobat Finansialku.

 

#3 Saat Investasi Sedang Negatif dan Kamu Butuh Uang Segera, Dana Darurat Menyelamatkanmu

Saya yakin, kamu lebih tergoda dengan investasi yang memiliki return yang besar, bukan? Tetapi, apakah kamu sadar jika investasi tersebut akan menghadang kerugian sewaktu-waktu?

Lalu, bagaimana kamu akan meminimalisasi risiko tersebut, jika kamu masih tidak memiliki dana darurat? Bayangkan, jika semua uang yang kamu miliki, kamu masukkan semua ke instrumen investasi yang menguntungkan itu (namun tinggi risiko).

Tiba-tiba, datanglah musibah banjir dan kamu tidak bisa pulang ke rumah, karena rumah kamu kebanjiran. Akhirnya, kamu harus menginap di hotel dengan jangka waktu yang cukup lama. Belum lagi, mengganti perabotan yang terkena dampak banjir.

Lalu, kamu juga sedang tidak memegang uang banyak. Pas dilihat, ternyata investasi yang kamu lakukan sedang minus, jadi uang kamu yang diinvestasikan tidak ada keuntungannya.

Huftt…. (sering terjadi lho kejadian seperti ini)

Asalnya ingin cuan, malah berakhir buntung. Akhirnya, investasi kamu juga tidak efektif, karena kamu ambil semuanya. Tujuan keuangan kamu tidak tercapai dan cash flow kamu, ya berantakan lagi.

Jadi, masih enggan membuat dana darurat? Siapkan dana daruratmu, coba cek video ini supaya kamu bisa mempersiapkan dana darurat sekarang!

 

#4 Dana Darurat Memberikan Rasa Aman

Sadar atau tidak, dengan memiliki dana darurat ini, kamu diberikan nilai lebih yang tidak bisa diukur hanya dengan uang. Karena keuntungan tersebut tidak bisa dibeli dengan uang.

Bayangkan, jika sobat Finansialku memiliki dana darurat, tentu kamu akan memiliki rasa aman di hatimu. Kamu tidak takut pada apa yang akan dunia berikan. Kamu tetap bisa bekerja fokus dengan bersemangat karena dalam keadaan terburuk pun, kamu sudah ada yang akan membantu.

TTS: Jumlah Dana Darurat & Penempatan Dana Darurat yang Aman 01

[Baca Juga: Begini Cara Hitung Dana Darurat Untuk Para Freelancer]

 

Kamu pun pasti tidak akan lagi mengalami yang namanya insomnia atau gangguan tidur lainnya. Tidurmu pun lebih berkualitas dan kamu menjadi lebih tenang.

Apalagi ketika kamu berinvestasi, dengan memiliki dana darurat, kamu pun akan memiliki kemudahan dalam menentukan langkah selanjutnya.

 

Dana Darurat, Rahasia Kamu Sukses Dalam Berinvestasi

Sadar atau tidak, dengan hadirnya dana darurat di keuangan sobat Finansialku, membuat kamu menjadi orang yang sukses dalam berinvestasi. Pengambilan langkah apapun dalam keuangan kamu tidak akan salah langkah lagi.

Maka, ada baiknya kamu mulai memiliki dana darurat kamu dibandingkan kamu mendahulukan tujuan keuangan kamu yang lainnya.

Kalau kamu ingin belajar banyak soal perencanaan keuangan, kamu bisa membaca ebook mengenai perencanaan keuangan untuk usia 20 an di bawah ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui bagaimana cara meningkatkan kinerja investasi dengan dana darurat.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tentang bagaimana cara meningkatkan kinerja investasi dengan dana darurat. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Riris. 5 Desember 2019. Cara Meningkatkan Kinerja Investasi Dengan Dana Darurat. Ajaib.com https://bit.ly/3b0rX4i

 

Sumber Gambar:

  • Kinerja Investasi – https://bit.ly/2Vy0AcU