Bagaimana Kisah Sukses Billy Boen pendiri Young on Top? Perencana Keuangan Independen Finansialku tertarik mengangkat salah satu kisah anak muda di Indonesia yang ceritanya sangat menginspirasi. Mari kita simak kisah Billy Boen.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Success Story

 

Biografi Billy Boen Pendiri Young On Top

Berikut ini biografi singkat Billy Boen pendiri Young On Top:

 

Kisah Sukses Billy Boen pendiri Young on Top - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 13 Agustus 1978

Pendidikan :  Utah State University, State University of West Georgia

Website : www.billyboen.com

 

Awal Kehidupan Billy Boen

Billy Boen lahir pada tanggal 13 Agustus 1978 di Jakarta. Billy adalah putra dari Henry Boen. Pendidikan Beliau boleh dibilang cukup tinggi, tahun 1996 Billy kuliah S-1 manajemen di Utah State University (USU), Amerika Serikat. Pendidikannya dilanjutkan ke S-2 Master of Business Administration (MBA) di State University of West Georgia.

Billy Boen memulai karirnya sekitar tahun 2000. Billy bekerja pertama kali di perusahaan yang bergerak dalam bidang peralatan sport PT Berca Sportindo. PT. Berca Sportindo adalah perusahaan distributor tunggal merk “Nike”. Billy bekerja sebagai asisten manajer divisi footware. Billy segera dipromosikan menjadi manajer di divisi yang sama atas prestasinya.. Kurang lebih setelah setahun menjadi manager pada divisi footware, Billy mendapatkan promosi menjadi all division manager yang membawahi divisi footwear, apparel, aksesoris, dan perlengkapan. Puncak karir Billy di perusahaan Berca Sportindo dicapai saat ia ditunjuk sebagai Manajer Penjualan & Pemasaran Nike. Sebagai Manajer penjualan dan pemasaran, Billy memiliki project besar yaitu melancarkan masuknya merk Umbro dan League ke Indonesia.

 

Kisah Sukses Billy Boen pendiri Young on Top - Seminar YOT  - Finansialku

 

Pada tahun 2005, Billy pindah ke perusahaan lain yaitu Oakley Indonesia. Kemampuannya membuat Billy dipercaya untuk menjadi General Manager Oakley Indonesia. Ow ya Billy pada saat itu adalah GM perusahaan Oakley termuda yang ada di dunia.

Tahun 2006 menjadi salah satu tahun penting, karena pada titik ini Billy Boen mulai menjadi entrepreneur. Pada tahun 2006, Billy Boen bersama rekannya  Rudhy Buntaram mendirikan Jakarta International Management (JIM). JIM adalah perusahaan multi usaha yang bergerak dalam banyak bidang fashion dan consultan.

Pada tahun 2008 Billy bergabung dengan Grup MRA (Mugi Rekso Abadi). Di perusahaan tersebut ia menjabat sebagai kepala divisi F&B (food and beverage) yang membawahi beberapa café kenamaan seperti Rock Cafe Jakarta, Hard Rock Cafe Bali dan Haagen-Dazs.

 

Young On Top (YOT)

Billy Boen mulai menulis buku Young On Top pada bulan Desember 2006. BUku ini diluncurkan setelah 2,5 tahun, tepatnya bulan April 2009. Buku YOT menjadi Best Seller selama bertahun-tahun, dan pernah diangkat menjadi tema di Kick Andy Show, 22 Mei 2009.

Pada bulan Oktober 2012, Billy Boen menambahkan beberapa bab di buku YOT. Buku yang kini memiliki ’35 kunci sukses di usia muda’ kembali menjadi Best Seller di seluruh Indonesia.

 

Kisah Sukses Billy Boen pendiri Young on Top - Buku YOT - Finansialku 

Kini Young On Top sudah bukan lagi hanya sebuah buku, karena buku ini sudah menjelma menjadi sebuah brand, perusahaan, dan komunitas yang memiliki visi: to create stronger generations of Indonesia dan motto: Learn & Share.

 

Beberapa divisi di bawah naungan PT. YOT Nusantara:

  • Radio Program: YOT Live (Kis fm Jakarta, November 2009 – Desember 2012), YOT Radio (Sindo Trijaya fm di 19 kota, Januari 2012 – February 2013), Top Words with Billy Boen (Global fm Jakarta Bandung, Oktober 2014 – sekarang)
  • TV Program: YOT Metro Tv, Februari 2012 – Februari 2014
  • YOT Digital Media Networks. Website www.youngontop.com, Twitter @youngontop, Facebook youngontopYOT, Kaskus Community yotkc.kaskus.com, Instagram youngontop, dan majalah digital YOTMagazine
  • YOT Publishing & Agency. Penerbit dan agensi iklan untuk majalah Mutiara Biru milik Blue Bird Group
  • YOT Creative Consulting & Event. Membuat konsep kolaborasi kreatif dengan perusahaan / brand yang memiliki visi dan misi yang sama dengan YOT

 

Berikut rangkaian kegiatan sosial YOT:

  • Rangkaian YOT Campus Roadshow. Billy Boen beserta para Mentor YOT sudah ke puluhan universitas di seluruh Indonesia
  • YOT Campus Ambassador Mentorship Program
  • Komunitas YOT di 46 kota di seluruh Indonesia

 

Pelajaran dari Kisah Sukses Billy Boen Pendiri Young On Top

Finansialku tertarik untuk berbagi, pelajaran-pelajaran yang diberikan Billy Boen dalam bukunya 35 kunci sukses anak muda. Beberapa diantaranya:

 

  1. Melakukan apa yang kita sukai.
  2. Senantiasa bersyukur dan mensyukuri segala yang telah diberikan kepada kita.
  3. Memiliki integritas.
  4. Berpikir dan berjiwa besar.
  5. Open Minded.

 

Kesimpulan

Semoga kisah sukses Billy Boen ini dapat menginspirasi dan pelajaran-pelajaran Beliau dapat kita jalankan. Salam sukses.

 

Image credits:

  • Billy Boen – https://goo.gl/w83jzn
  • YOT – http://goo.gl/LqEYAd
  • Seminar – http://goo.gl/2Uk4o6

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Download Sekarang