Apakah Anda pernah mendengar kisah sukses seorang entrepreneur bernama Brian Chesky? Mungkin belum banyak orang yang mengenal nama Brian Chesky, tetapi mungkin Anda pernah mendengar istilah Airbnb.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Sukses Brian Chesky

Brian Chesky adalah seorang entrepreneur internet di Amerika. Brian Chesky adalah salah satu pendiri website penyedia layanan penginapan Airbnb. Brian Joseph Chesky, lahir pada 29 Agustus 1981 di Niskayuna, New York. Orang tuanya bernama Deborah dan Robert H. Checsky. Keduanya bekerja sebagai pegawai pemerintah. Sejak muda, Brian tertarik dengan seni, seperti menggambar, desain, mendesain ulang sepatu dan mainan. Setelah beranjak dewasa Brian menjadi tertarik di arsitektur dan desain landscape.

Kisah Sukses Brian Chesky pendiri AirBnB.com - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Mark Zuckerberg pendiri Facebook]

 

Pada tahun 1999, Brian masuk ke Sekolah desain Rhode Island (RISD). Beliau mengambil jurusan desain industri dan mendapatkan gelarnya Sarjana Seni Murni (Bachelors of Fine Arts) pada tahun 2004. Pada saat kuliah di RISD, Brian berkenalan dengan Joe Gebbia. Joe juga menjadi salah satu pendiri dari Airbnb.

[Baca Juga: Internet telah Mengubah Model Bisnis Tradisional menjadi Digital]

 

Setamat kuliah, Brian Chesky bekerja sebagai seorang desainer industri di 3DID, Inc. Los Angeles. Setelah pindah ke San Fransisco, Brian Chesky tinggal bersama Joe Gebbia dalam sebuah apartemen. Pada October 2007, terjadi sebuah event besar yang diadakan oleh Asosiasi Desain Industri (Industrial Designers Society of America) di San Francisco. Kebetulan pada saat itu semua kamar hotel telah habis dipesan (full booked). Brian dan Joe memutuskan untuk menyewa apartemen. Singkat cerita mereka terpikir sebuah ide bisnis yaitu menyewakan kasur angina (airbed) dan memberikan layanan sarapan (breakfast). Nah dari situ berawal ide: Airbnb – Airbed and Breakfast.

 

Perjalanan AirBNB

Pada bulan Februari 2008, Nathan Blecharczyk bergabung menjadi salah satu pendiri Airbnb. Pada tahap awal perusahaan, para pendiri fokus, menyediakan tempat penginapan untuk acara-acara populer. Airbnb secara resmi merilis websitenya AirbedAndBReakfast.com pada 11 Agustus 2008.

[Baca Juga : 3 Kunci Sukses Bisnis Online]

 

Salah satu strategi untuk membantu mendanai proyek tersebut adalah menjual sereal edisi special: “Obama O’s” dan “Cap’n McCains”. Sereal tersebut laku sebanyak 800 kotak, dengan harga $40 per kotaknya. Kurang lebih keuntungan penjualan sereal tersebut adalah $30.000. Strategi pendanaan ini, menarik perhatian manajemen Y Combinator’s (perusahaan incubator bisnis).

 

Pada bulan Januari 2009, Y Combinator mengundang Chesky, Gebbia dan Blecharczyk untuk bergabung dalam pelatihan tiga bulan. Setelah website mereka selesai, para pendiri Airbnb terbang ke New York untuk menemui pengguna dan mempromosikan website mereka. Mereka kembali ke San Fransisco dengan mengantongi model bisnis yang menguntungkan.

[Baca Juga: Apa itu Inkubator dan Akselerator Bisnis?]

 

Pada bulan March 2009, nama website AirbedAndBreakfast.com disingkat menjadi Airbnb.com. Perubahan juga terjadi pada layanan, yang awalnya cuma ranjang dan ruangan, mereka juga menyewakan rumah, apartemen, ruangan pribadi, kapal, rumah pohon, igloo dan lain sebagainya.

Perjalanan bisnis berlanjut, mulai dari pendanaan seri A pada November 2010 ($7,2 juta) dari Greylock Partners and Sequoia Capital. Mereka mengumumkan sudah adalah lebih dari 700.000 booking. Airbnb berhasil mencapai 1 juta booking pertama pada Februari 2011. Pada bulan Juni 2012, Airbnb mengumumkan mereka sudah mendapatkan 10 juta booking.

[Baca Juga: Kisah Sukses Ferry Unardi pendiri Traveloka]

 

Pada 25 Mei 2011, seorang actor dan partner dari A-Grade Investments Ashton Kutcher mengumumkan, dia akan berinvestasi di Airbnb dan menjadi brand advisor. Kisah sukses Airbnb terus berlanjut hingga sekarang. Salah satunya mereka menjadi sponsor dalam event-event dunia, salah satunya kejuaraan F1.

 

Pelajaran dari Kisah Sukses Airbnb

Banyak hal yang dapat kita pelajari dari sosok Brian Chesky dan teman-teman dalam mendirikan Airbnb. Ternyata pertumbuhan bisnis yang sangat cepat tersebut, bukan karena sebuah keajaiban. Brian Chesky dan kawan-kawan menunjukkan kerja keras dan belajar dari pengalaman

 

Apakah Anda pernah menggunakan jasa Airbnb?

 

Sumber Gambar:

  • Brian Chesky – https://goo.gl/Ap4qAk

  • Airbnb – https://goo.gl/zhlWhg

  • Brian Chesky – http://goo.gl/EBCRpN

  • Airbnb Founder – http://goo.gl/8isFRH

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang