Siapa sih yang tidak tahu produk makanan terkenal Sari Roti? Ternyata, di balik kesuksesan Wendy Yap sebagai pendiri usaha raksasa tersebut ada banyak lika liku yang menjadikannya tangguh.

Ingin belajar dari sosok Wendy Yap? Maka baca dulu artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Wendy Yap: Pria Gigih Pendiri Sari Roti

Siapa sih yang tidak kenal dengan merek roti satu ini? Agaknya hampir semua orang di Indonesia akrab dengan merek Sari Roti. Atau malah menjadikan roti ini sebagai panganan wajib di rumah?

Ya, Sari Roti merupakan merek roti yang memiliki banyak penggemar. Rasanya yang lezat dengan tekstur roti yang lembut membuatnya menjadi favorit banyak orang, mungkin Anda salah satunya?

Namun, tahukah Anda perjalanan untuk menjadi merek roti sebesar ini? Adalah Wendy Yap, sosok yang berada dibalik kesuksesan merek roti ini.

Sari Roti sendiri diproduksi dibawah naungan PT Nippon. Menjadi merek roti yang besar seperti ini, siapa sangka jika Sari Roti ini dipimpin oleh salah satu petinggi Salim Group.

 

Inspirasi Resep Sukses Usaha Raksasa Wendy Yap

Wendy Sui Cheng Yap, atau yang akrab dikenal Wendy Yap merupakan putri dari seorang pendiri Bogasari Flour Mills, perusahaan tepung terigu terbesar di tanah air.

Sebagai merek roti yang banyak memiliki penggemar tentu perjalanan yang ditempuh cukup panjang, kisah sukses Wendy Yap berikut ini bisa menjadi inspirasi Anda dalam berbisnis.

Menelusuri Kisah Sukses Wendy Yap Dalam Mendirikan Usaha Raksasa Sari Roti 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Tony Fernandez, Pendiri Air Asia]

 

Resep Sukses 1: Menerima Tantangan

Sebagai gadis yang lahir dari keturunan Tionghoa tradisional, ayah Wendy Yap tetap memberi wewenang kepadanya untuk berbisnis.

Meskipun ia adalah seorang anak perempuan, namun tidak mengurangi kepercayaan ayahnya dalam memimpin dan mengelola bisnis yang dilakoninya nanti.

Karena saat menekuni usaha Sari Roti ini ia belum memiliki pengetahuan bisnis yang mendalam, maka hal ini merupakan sebuah tantangan baginya.

Dan siapa sangka, jika wanita berdarah Tiongkok tersebut dapat memiliki bisnis yang besar hingga seperti saat ini.

 

Resep Sukses 2: Selalu Belajar

Sebelum Wendy Yap menekuni bisnis Sari Roti ini, ia pernah mencoba bisnis makanan yang diberi nama Wendy’s Hamburger. Pengalaman mengelola bisnis makanan tersebut dijadikannya sebagai bahan pembelajaran dalam memimpin bisnis yang lebih besar.

Untuk itu, saat terjun dalam bisnis roti, ia memiliki strategi dan perhitungan yang cukup matang sehingga sosoknya dapat menginspirasi kita untuk selalu mengambil pelajaran dari masa lalu.

 

Resep Sukses 3: Mengutamakan Kualitas

Kualitas roti Sari Roti memang tidak diragukan lagi. Kualitas roti yang baik ini membuat rasa roti Sari Roti banyak disukai oleh masyarakat.

Selain itu, roti tersebut juga dikemas dengan baik rapi sehingga kualitasnya akan tetap terjaga hingga ke tangan konsumen.

Tidak heran jika roti ini banyak disukai oleh orang di berbagai kalangan, mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.

Menelusuri Kisah Sukses Wendy Yap Dalam Mendirikan Usaha Raksasa Sari Roti 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Richard Liu Qiang Dong, Pendiri JD.com]

 

Selain itu, kualitas yang baik dalam pengemasan juga membuat roti yang diproduksi dapat bertahan lama. Hal ini sesuai dengan harapan Wendy Yap yang menginginkan produk rotinya dapat tersedia setiap saat dan menjangkau semua kalangan.

 

Resep Sukses 4: Belajar Dari Negeri Maju

Keinginan untuk membuka bisnis roti ini, tidak semata-mata karena mencari keuntungan.

Meski memang keuntungan dari bisnis yang ditekuni merupakan salah satu faktor penentu bisnis tersebut berjalan baik atau tidak. Namun, dalam hal ini Wendy Yap memikirkan bagaimana roti tersebut dapat dijangkau oleh semua kalangan namun memiliki kualitas yang baik.

Dalam hal kualitas ini, Wendy Yap mempunyai standar yang diterapkan pada setiap produk roti yang dijualnya. Standar dan kualitas tersebut serupa dengan roti-roti dari Jepang.

Seperti yang kita ketahui bahwa produk-produk jepang memang memiliki kualitas yang tinggi. Sehingga dalam proses produksi maupun pengemasannya Sari Roti ini dilakukan dengan ketat dan dari bahan-bahan yang terbaik.

 

Resep Sukses 5: Bersemangat dan Energik

Sari Roti pertama kali diproduksi saat Wendy Yap masih berusia muda. Tidak heran, apabila jiwa muda yang dimilikinya ini membuat Sari Roti menjadi merek roti raksasa saat ini.

Hal itu tidak terlepas dari jiwa muda yang identik dengan semangat, energik dan kaya akan ide. Tentu saja ide-ide yang cemerlang membuat kemajuan dalam bisnis yang dilakoninya tersebut.

Menelusuri Kisah Sukses Wendy Yap Dalam Mendirikan Usaha Raksasa Sari Roti 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Mang Udjo, Pendiri Saung Angklung Udjo]

 

Resep Sukses 6: Memiliki Kekonsistenan

Kisah sukses dari wanita yang menjadi dalang kesuksesan Sari Roti ini banyak dipenuhi dengan tantangan. Maka dari itu, dalam menjalankan bisnis tersebut ia memiliki kekonsistenan untuk menekuni apa yang telah dimulainya.

Hal tersebut terlihat ketika ayahnya yang memberikan gagasan tentang bisnis roti retail. Namun, Wendy Yap tetap pada keinginannya yaitu, memproduksi roti dengan kualitas yang baik dan kemasan yang rapi. Kekonsistenan tersebut membuat produsen roti ini  besar dan terkenal masyarakat.

 

Resep Sukses 7: Punya Inovasi

Sebuah bisnis yang bertahan hingga menjadi produsen roti raksasa seperti ini, tentu inovasi-inovasi selalu dibutuhkan. Hal tersebut membuat Sari Roti tidak pernah kehilangan nama karena eksistensinya.

Inovasi-inovasi tersebut dapat dilihat dari berbagai rasa roti yang disediakannya. Inovasi tersebut juga dilakukan dalam hal pemasaran.

Hal ini dapat dilihat dari distribusi Sari Roti yang dilakukan dengan cara yang canggih dan banyak menjangkau masyarakat luas. Tidak heran jika Sari Roti ini dapat ditemukan di mana-mana mulai dari supermarket hingga toko-toko kecil.

Menelusuri Kisah Sukses Wendy Yap Dalam Mendirikan Usaha Raksasa Sari Roti 05 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Sukses Ternak Kambing yang Terbukti Menguntungkan]

 

Di Era Digital Ini, Wendy Yap Berpesan untuk Selalu Melek Teknologi

Terbuka pada perkembangan teknologi, khususnya pemasaran dan distribusi membuat Sari Roti dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Tidak usah ditanya, soal distribusi produk, Sari Roti ini memang jagonya.

Kunci dari pendistribusian yang luas ini adalah modern channel ke supermarket dan minimarket, serta toko-toko kecil.

Semakin besar channel untuk memasarkan produknya, maka akan semakin membuat laku. Selain itu, branding awareness yang khas juga membuat banyak agen menawarkan diri untuk ikut menjual produk Sari Roti.

Branding awareness mungkin sudah tidak asing lagi didengar di telinga Anda. Saat Anda mendengar “Sari Roti, Roti Sari Roti” mungkin hal yang pertama Anda pikirkan adalah roti kemasan dengan merek “Sari Roti”.

 

Ternyata, kegigihan dan kerja keras juga harus diimbangi dengan keinginan untuk terus belajar hal-hal baru. Apakah Anda punya pengalaman serupa ketika memulai usaha?

Jika ya, tulis di kolom komentar dan bagikan inspirasi di atas pada sesama pebisnis muda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Aulia Akbar. 29 November 2018. Menilik Kisah Wendy Yap, Besarkan Sari Roti Hingga Jadi Raksasa di Indonesia. Moneysmart.id – https://bit.ly/2FBtVdu
  • Admin. 29 November 2018. Perjalanan Panjang Wendy Yap, Besarkan Sari Roti Sampai Jadi ‘Raksasa’ di Indonesia. Kumparan.com – https://bit.ly/2xio4oK
  • Admin. Biografi Wendy Sui Cheng Yap Pemilik Sari Roti. Ngelmu.id – https://bit.ly/301bBlX

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Sukses Wendy Yap, Pemilik Sari Roti 1 – https://bit.ly/2YjqFed
  • Kisah Sukses Wendy Yap, Pemilik Sari Roti 2 – https://bit.ly/2Lr5bbA
  • Kisah Sukses Wendy Yap, Pemilik Sari Roti 3 – https://bit.ly/2Xb5nTz
  • Kisah Sukses Wendy Yap, Pemilik Sari Roti 4 – https://bit.ly/2RFeZQu
  • Kisah Sukses Wendy Yap, Pemilik Sari Roti 5 – https://bit.ly/2JgxLJV

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG