Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, 26 Oktober 2018 menjadi hari pertama dilaksanakannya ujian seleksi CPNS. Sudah punya kisi-kisi ujian CPNS belum?

Ketahui informasi selengkapnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Kisi-kisi Ujian Seleksi CPNS 2018

Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan profesi yang diimpikan bagi sebagian orang di Indonesia. Pasalnya, profesi ini dianggap menjanjikan untuk masa depan dan hari tua. Kenaikan golongan yang terprediksi, uang tunjangan yang mumpuni dan masa pensiun yang terjamin.

Setiap tahunnya pemerintah selalu memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi PNS dan turut andil membangun bangsa sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.

Tepat pada hari ini, ujian seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) telah dimulai. Bagi para CPNS yang dinyatakan telah lolos seleksi administrasi berhak mengikuti ujian seleksi ini.

Mereka yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Nah, apa saja ya kisi-kisinya?

Sudah Tahu Kisi-kisi Ujian CPNS 2018 Cek Informasinya Disini! 02 Tes Pendaftaran - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Daftar CPNS 2018?]

 

Dilansir dari Twitter resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kamis (25/10/2018), ada tiga aspek yang akan diujikan dalam SKD, yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

“Tes Karakteristik Pribadi dalam SKD bertujuan melihat kemampuan #sobatBKN beradaptasi, bekerja secara tim, IT, pelayanan, karakter, integritas, kemampuan menahan sebaran hoax, SARA, dan yang lainnya.”

 

Jika SKD telah dilaksanakan, para pelamar yang telah lolos akan menempuh Tes Intelegensia Umum (TIU) yang diujikan untuk mengukur seberapa cakap CPNS dalam logika, verbal, figural dan analisis, memecahkan masalah dengan inovasi baru.

Kemudian, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dalam SKD akan berisi tentang pemahaman akan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, nasionalisme, hingga bahasa Indonesia.

Selanjutnya, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang berisi tentang sosial budaya, pelayanan publik, kreativitas dan inovasi, profesionalisme, jejaring kerja. Selain itu, dalam TWK juga berisi integritas diri, orientasi kepada orang lain hingga pelayanan publik.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Adapun, dalam SKD terdapat 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP.

Penilaian dalam tes dilakukan dengan formula nilai 5 jika benar dan 0 jika salah dalam TWK dan TIU. Untuk TKP jawaban bernilai 1-5.

Sementara itu, passing grade formasinya berbeda, misalnya formasi umum TKW harus 75, TIU 80, dan TKP 143. Untuk formasi cum laude dan diaspora nilai TIU harus mencapai 85 dengan total penilaian 298, formasi disabilitas nilai TIU dibatasi 70 dengan total nilai 260.

Selain itu, formasi putra/putri Papua dan Papua Barat serta Eks TKH-II memiliki nilai TIU sebesar 60 dengan total nilai 260, formasi dokter spesialis dan instruktur penerbangan memiliki TIU 80 dengan total nilai 298 dan terakhir formasi petugas ukur, rescue, hingga penjaga tahanan memiliki TIU sebesar 70 dengan total nilai 260.

Kendati hari ini sudah mulai dilaksanakan ujian seleksi CPNS, perlu diketahui masih masih ada 146 instansi yang belum merilis hasil seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Hingga perkembangan terakhir, baru 412 instansi yang mengumumkan kelulusan peserta CPNS.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Terdapat 269 Lokasi Ujian Para CPNS

Lokasi ujian CPNS 2018 tersebar di beberapa provinsi.

Lokasi ujian CPNS di Aceh terdapat di 9 titik. Kemudian di Provinsi Sumatera Utara tersebar di 14 titik. Di Sumatera Barat terdapat 5 titik lokasi ujian CPNS dan di Riau terdapat 6 lokasi tes CPNS, kemudian di Kepulauan Riau terdapat 5 lokasi tes.

Untuk Bangka Belitung terdapat 5 titik tes CPNS, diikuti Jambi sebanyak 3 titik dan Sumatera Selatan dengan jumlah yang sama. Di ujung selatan Sumatera, Lampung terdapat 4 lokasi tes CPNS dan di Bengkulu terdapat 2 lokasi tes.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Di DKI Jakarta terdapat 9 titik tes yang tersebar di beberapa kota madya. Di Jawa Barat sendiri ada 7 titik lokasi tes yang terdapat di beberapa kabupaten/kota. Kemudian di Banten terdapat 3 lokasi tes.

Tak ketinggalan di Jawa Tengah terdapat 7 lokasi tes yang tersebar di beberapa kota dan kabupaten dan di Yogyakarta terdapat 3 lokasi tes. Lokasi tes di Jawa Timur sendiri terdapat di 16 titik dengan sebaran dari Surabaya hingga Banyuwangi.

Selengkapnya bisa dilihat di sini.

 

Setelah membaca artikel hingga selesai, silakan beri komentar Anda pada kolom di bawah ini! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Puti Aini Yasmin. 25 Oktober 2018. Nih Kisi-kisi Ujian CPNS Besok! Detik.com – https://goo.gl/E14d4t

 

Sumber Gambar:

  • Kisi-kisi Ujian CPNS 2018 – https://goo.gl/zc76wv
  • Tes CPNS 2018 – https://goo.gl/prHNy4