Apakah keuanganmu sehat? Apakah kamu kesulitan dalam mengatur keuangan? Bagaimana cara mudah membuat rencana keuangan mahasiswa?

Gaya hidup yang semakin tinggi dan perilaku yang semakin konsumtif di zaman serba modern ini dapat mengganggu kesehatan finansial mahasiswa. Lalu bagaimana agar mahasiswa bisa mengontrol kesehatan finansial? Yuk cari tahu caranya dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

Jangan lupa ikut mengisi polling pada akhir artikel ini ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menjadi kaya itu bukan tentang seberapa besar kamu punya uang, tapi seberapa cerdas kamu menjaga uang

-Robert Kiyosaki-

 

Pentingnya Membuat Rencana Keuangan

“Saya kan masih kuliah, belum butuh rencana keuangan”

Pasti kalimat-kalimat seperti itu sering dirasakan oleh sebagian besar mahasiswa. Namun, sejatinya membuat rencana keuangan tidaklah harus menunggu kaya atau menunggu berpenghasilan.

Tidak sedikit para mahasiswa sudah mulai hidup mandiri dengan mencari penghasilan tambahan. Namun, bagaimana jika hal itu masih belum mencukupi biaya hidup yang semakin tinggi? Atau bagaimana jika belum punya penghasilan tambahan? Mengatur pengeluaran dengan sebaik-baiknya dengan membuat rencana keuangan adalah cara yang tepat.

Kontrol Kesehatan Finansial Mahasiswa Lewat Aplikasi Kekinian 01 - Finansialku

Aplikasi finansialku adalah aplikasi berbasis website yang dapat membantu mengontrol kesehatan finansial individu. Fiturnya sangat beragam, mahasiswa dapat menggunakan aplikasi finansialku untuk mengelola, merencanakan keuangan, mencatat pengeluaran dan pemasukan, membuat anggaran, dan membuat laporan keuangan. Aplikasi ini bisa diakses pada smartphone, tablet, ataupun PC.

Kamu dapat dengan mudah mengontrol keuangannya dimanapun dan kapanpun. Bagaimana? Apakah kamu sudah download aplikasi finansialku? Aplikasi ini bisa didownload di Google Play Store!

Kontrol Kesehatan Finansial Mahasiswa Lewat Aplikasi Kekinian 02 - Finansialku

[Baca juga: Jasa Konsultasi Perencanaan Keuangan]

 

#Atur Keuangan dengan Bijak

Kontrol Kesehatan Finansial Mahasiswa Lewat Aplikasi Kekinian 03 - Finansialku

[Baca juga: Waktu yang Tepat Untuk Cek Kesehatan Keuangan]

 

Lalu bagaimana cara mengatur pengeluaran dengan bijak? Kebutuhan dan keinginan adalah sesuatu yang berbeda, nilai kebutuhan tentunya lebih penting dibandingkan keinginan. Hal yang dapat dilakukan adalah membuat anggaran berdasarkan prioritas.

 

  1. Alokasi aset

Jadikan menabung dan berinvestasi sebagai prioritas utama karena menabung dan berinvestasi adalah cara mencapai tujuan keuangan. Bayarlah diri kamu terlebih dahulu, bukan dengan menyisihkan atau menyisakan tapi dengan memprioritaskan.

  1. Membayar Hutang dan Cicilan

Jangan lupa untuk membayar hutang, tagihan, dan cicilan karena mau tidak mau hutang dan cicilan ini harus tetap dibayarkan. Jangan biarkan menumpuk hingga akhir bulan, semakin lama jumlahnya akan semakin banyak.

  1. Biaya bertahan hidup

Sisihkan dan buat presentase pengeluaran yang digunakan paling tidak untuk keperluan bertahan hidup. Hal ini dianggarkan pada kebutuhan kebutuhan yang sifatnya primer seperti makan pokok, biaya kost, laundry, transportasi, dan kebutuhan dapur.

  1. Lifestyle

Setelah, menabung atau berinvestasi, membayar hutang, serta membuat presentase budgeting, barulah sisa uang kemudian bisa dihabiskan. Namun untuk memenuhi perilaku konsumtif diperlukan sikap disiplin dan pengendalian diri agar terhindar dari perilaku hedonisme.

Kamu juga bisa menambah pengetahuan seputar keuangan dengan artikel dan ebook dari finansialku dan tentunya gratis! Ebook dapat kamu unduh disini.

 

Menjaga Kesehatan Finansial

Tidak bisa dipungkiri, seiring berkembangnya zaman, gaya hidup yang semakin konsumtif sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Ttentu ini sangat berpengaruh pada kesehatan finansialnya.

Berikut tips agar terhindar dari perliaku hedonisme :

Kontrol Kesehatan Finansial Mahasiswa Lewat Aplikasi Kekinian 04 - Finansialku

[Baca juga: Bagaimana Cara Merencanakan Keuangan yang Smart]

 

  1. Buat Wishlist

Alasan mengapa seseorang merasa uang yang dimilikinya selalu kurang adalah karena tidak menentukan tujuan yang jelas atau tujuannya terus berubah. Oleh karena itu, menentukan dengan jelas apa yang ingin dimiliki dan apa yang ingin di lakukan d apat mengurangi perilaku boros.

  1. Menunda kesenangan

Manusia sejatinya memiliki sifat yang tidak pernah puas. Bahkan tidak jarang akhirnya seseorang lebih memilih untuk berutang daripada menurunkan gaya hidupnya yang sudah hedonisme. Oleh karena itu, perlu untuk sedikit menunda kesenangan dan menunggu sampai mempunyai daya beli yang cukup.

  1. Mempunyai minimum balance

Minumum balance merupakan saldo terkecil yang seseorang tetapkan pada rekening tabungannya. Besar kecilnya minimum balance tiap individu dapat berbeda-beda tergantung pendapatan dan komitmen masing-masing.

  1. Menyisihkan dana darurat

Mempunyai dana darurat juga menjadi salah satu cara untuk mengantisipasi overbudget. Kita tidak pernah tau kapan harus melakukan pembayaran mendadak. Dana darurat juga dapat membantu kita agar terhindar dari hutang.

  1. Hindari membeli barang impulsif

Manusia mudah tertarik membeli barang yang hanya diinginkannya saja. Artinya membeli atau memiliki sesuatu yang hanya diinginkan saja bukan yang benar-benar dibutuhkan.

  1. Membuat lebih dari 1 rekening

Memisahkan rekening untuk keperluan sehari-hari dan untuk menabung menjadi salah satu cara untuk terhindar dari sifat hedonisme. Seringkali uang tabungan terbelanjakan karena berada dalam 1 rekening. Begitu juga dengan memisahkan rekening pribadi dan rekening untuk keperluan bisnis.

 

Sebelum dilanjutkan, subscribe dulu yuk youtube channel Finansialku disini, agar bisa mendapatkan update video terbaru.

 

#Cara Mengecek Kesehatan Finansial

Untuk mengetahui kesehatan finansial, kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan salah satu fitur pada aplikasi finansialku yaitu Financial Health Check Up. Berikut langkah mudah mencatat pengeluaran dengan aplikasi finansialku :

Kontrol Kesehatan Finansial Mahasiswa Lewat Aplikasi Kekinian 05 - Finansialku

[Baca juga: Cara Mengecek Kesehatan Uang]

 

  1. Download aplikasi finansialku secara gratis di Google Play Store. (kamu juga bisa klik disini)
  2. Sign Up dengan menggunakan email aktif.
  3. Klik menu pada garis tiga di pojok kiri atas dan pilih fitur Financial Health Check Up.
  4. Lengkapi data pendapatan dan pengeluaran sesuai akun.

Kontrol Kesehatan Finansial Mahasiswa Lewat Aplikasi Kekinian 06 - Finansialku

  1. Klik lanjutkan pada tombol berwarna biru.
  2. Terlampir laporan mengenai kesehatan finansial berupa rasio tabungan dan rasio pendapatan pasif dengan 2 indikator ; ideal dan tidak ideal.

Kontrol Kesehatan Finansial Mahasiswa Lewat Aplikasi Kekinian 07 - Finansialku

  1. Jika ingin melakukan pengecekan keuangan lebih lanjut. Klik tombol lanjut berwarna biru.
  2. Lengkapi data aset yang dimiliki sesuai dengan jenisnya, seperti : rumah, kendaraan. Lengkapi juga data investasi dan data kewajiban. Jika tidak ada, bisa dikosongkan.

Kontrol Kesehatan Finansial Mahasiswa Lewat Aplikasi Kekinian 08 - Finansialku

  1. Klik lanjutkan pada tombol berwarna biru.
  2. Terlampir laporan mengenai kesehatan finansial dengan 6 rasio beserta keterangannya dan 2 indikator ; ideal dan tidak ideal.

Kontrol Kesehatan Finansial Mahasiswa Lewat Aplikasi Kekinian 09 - FinansialkuKontrol Kesehatan Finansial Mahasiswa Lewat Aplikasi Kekinian 10 - Finansialku

  1. Klik kirim hasil ke email jika ingin menyimpan hasilnya pada email. Pastikan email yang didaftarkan adalah email yang aktif ya!

 

Bagaimana? Mudah kan? Yuk cek kesehatan finansialmu sekarang!

Kontrol Kesehatan Finansial Mahasiswa Lewat Aplikasi Kekinian 11 - Finansialku

 

Masih mau menunda membuat rencana keuangan? Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi finansialku sekarang! Jika kesulitan melakukan registrasi silahkan  cek panduan penggunaan Aplikasi Finansialku.

 

Semoga dengan adanya artikel ini dapat menumbuhkan kesadaran para mahasiswa untuk merencanakan keuangan dan mengontrol kesehatan finansial sejak saat dini. Bagikan artikel ini agar bisa bermanfaat bagi orang banyak!

 

Sumber Gambar:

  • Finansialku.com

 

Apakah Anda menyukai artikel di atas? Yuk isi Polling di bawah!

 

Artikel ini dibuat oleh: Berliana Putri Amanda

Finansialku Creative Blog Competition

#Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True