Tahukah Anda KTA mandiri merupakan salah satu produk Bank Mandiri yang cukup diminati banyak nasabah karena kemudahannya.

Namun, di balik kemudahan mendapatkan KTA, KTA Mandiri sendiri juga memiliki kekurangan yang harus Anda perhatikan. Artikel ini akan membahas kekurangan dan kelebihan tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

KTA Mandiri

Produk KTA (Kredit Tanpa Agunan) awalnya dikenalkan oleh Standard Chartered PLC, sebuah lembaga perbankan multinasional asal Inggris. Hingga saat ini, KTA diadopsi banyak lembaga perbankan di Indonesia.

KTA atau Personal Loan (PL) menarik minat nasabahnya untuk berbagai macam kebutuhan pinjaman, mulai dari kebutuhan konsumsi sampai pengembangan usaha.

Biasanya fasilitas kredit ini digunakan untuk kebutuhan pendidikan, pernikahan, kesehatan dan lainnya. Salah satu perbankan Indonesia yang menawarkan produk KTA adalah Bank Mandiri.

Untuk mendapatkan KTA dari Bank Mandiri, penghasilan minimal yang dibutuhkan adalah Rp 3.000.000 Anda juga harus mengisi formulir aplikasi dengan lengkap dan benar.

  KTA Bank Mandiri 3

[Baca Juga: Pahami Ini Sebelum Terlilit Hutang Kredit Tanpa Agunan Berbunga Tinggi!]

 

Syarat lain yang juga harus dipenuhi untuk mendapatkan KTA dari Bank Mandiri adalah:

  1. WNI (Warga Negara Indonesia) dan berdomisili di Indonesia
  2. Usia calon nasabah minimal 21 tahun dan maksimal sebelum usia pensiun pada saat kredit lunas
  3. Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  4. Fotokopi KK (Kartu Keluarga) dan Surat Nikah (bagi yang sudah menikah).
  5. Slip gaji bagi karyawan atau pegawai tetap (asli dan fotokopi).
  6. SK Asli untuk Pegawai Negeri Sipil atau Kartu Taspen Asli.
  7. Fotokopi buku tabungan dan print-out rekening selama 3 bulan terakhir.
  8. NPWP atau SPT tahunan PPh21.
  9. Pas foto terbaru serta meterai sebesar Rp 6.000

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Kelebihan KTA Mandiri

KTA Mandiri atau Kredit Tanpa Agunan Bank Mandiri memiliki beberapa kelebihan. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

 

#1 Praktis dan Tidak Membutuhkan Jaminan

Sesuai dengan namanya, KTA tidak membutuhkan jaminan. Hal ini dilakukan oleh bank sebagai salah satu cara untuk mempromosikan produk perbankan kepada nasabah.

Selain itu, modal yang didapatkan melalui KTA, memungkinkan Anda untuk menggunakan dan memanfaatkan barang atau aset untuk keperluan lainnya.

Anda pun dapat mengagunkan aset ke bank lain untuk mendapatkan pinjaman yang lebih besar. Karena tanpa jaminan, prosesnya pun sangat praktis.

Tahapan yang Anda perlukan sangat singkat dan dapat disetujui dengan cepat. Walaupun tidak membutuhkan jaminan dan prosesnya yang praktis, Anda tetap harus mematuhi peraturan.

KTA Bank Mandiri 2

[Baca Juga: Butuh Dana Segera? Ini Dia 5+ Kelebihan KTA Kredit Tanpa Agunan]

 

Anda harus membayar cicilan kredit sesuai dengan waktu yang telah disetujui di awal perjanjian. Jika Anda telat membayar cicilan, maka bank tidak memiliki wewenang untuk menyita aset yang Anda miliki.

Namun konsekuensinya, bank akan melaporkan nama nasabah yang bermasalah ke BI (Bank Indonesia). Dari sini, BI akan melakukan evaluasi dan jika nilai kredit nasabah sangat buruk, maka nasabah akan masuk ke daftar negatif.

 

#2 Fleksibel Dalam Penggunaan Kredit

Keunggulan KTA yang kedua adalah Anda dapat dengan fleksibel menggunakan kredit. Nasabah dapat menggunakan modal untuk tujuan apapun, baik pribadi maupun bisnis.

Hal yang perlu diingat adalah, Anda tetap harus bertanggung jawab dalam menggunakan dana. Alasannya, apabila Anda terkena kredit macet, maka akan sangat sulit untuk Anda mengajukan pinjaman di kemudian hari.

 

#3 Proses Pengajuan Cepat dan Mudah

Pada proses pengajuan kredit dengan jaminan, pihak bank harus melakukan survei, mengevaluasi aset jaminan dan kemudian nasabah harus menunggu persetujuan bank.

Karena tidak menggunakan jaminan, KTA memiliki proses yang berbeda sehingga cepat dan mudah. Bahkan, berkat kecanggihan teknologi, Anda sudah dapat mengajukan pinjaman tanpa agunan melalui proses online.

 

#4 Pencairan Dana Cepat

Pencairan dana pada KTA tergolong cepat dan mudah. Biasanya waktu yang diperlukan maksimal adalah 1 minggu. Ini berarti jika Anda membutuhkan dana yang mendadak, Anda dapat mengajukan KTA.

KTA Bank Mandiri 4

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Tenor KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang Terbaik?]

 

Untuk KTA Mandiri, proses yang dibutuhkan hanyalah 1 hari dan biaya kredit yang dibutuhkan sangat ringan. Tentu hal ini membuat banyak orang yang meminati produk KTA tersebut.

 

Kekurangan KTA Mandiri

Namun, selain kelebihan yang disebutkan di atas, KTA juga menyimpan beberapa kekurangan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

 

#1 Suku Bunga Relatif Tinggi

Sebagai konsekuensi dari pengganti agunan atau jaminan, bunga yang dikenakan oleh bank cukup tinggi. Kekurangan ini biasanya telah diantisipasi oleh nasabah karena tanpa menggunakan jaminan.

Suku bunga yang ditawarkan biasanya merupakan suku bunga tetap (flat) dari awal peminjaman hingga pelunasan.


Untuk tingkat suka bunganya sendiri berbeda untuk setiap bank. Pada umumnya berada pada tingkat 2,5%. Pihak Bank Mandiri juga memberikan suku bunga yang kompetitif agar produknya lebih diminati dibandingkan KTA dari perbankan lainnya.

 

#2 Terbatas pada Plafon dan Tenor

Sifat KTA yang tidak memerlukan agunan membuat dana yang dipinjamkan biasanya tidak lebih dari 300 juta rupiah.

Selain jumlah dana kredit tidak besar, tenor atau waktu pelunasannya relatif pendek. Biasanya hanya 1 hingga 5 tahun dan disesuaikan dengan jumlah pinjaman.

 

#3 Pinjaman Didasarkan pada Profesi dan Penghasilan

Pihak bank membutuhkan jaminan lain yaitu kemampuan Anda untuk membayar kembali pokok utang. Oleh karena itu, KTA Mandiri biasanya akan memberikan pinjaman hanya kepada pegawai tetap, profesional dan pengusaha yang memiliki penghasilan tetap.

Jadi untuk Anda yang belum memiliki penghasilan tetap kemungkinan pengajuan KTA Anda akan ditolak oleh bank Mandiri.

 

 

Dengan artikel ini kita tahu bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna, yang tanpa kekurangan. Itu artinya termasuk KTA pada bank dan salah satunya KTA Mandiri. Anda sekarang sudah tahu apa itu kelebihan dan kekurangan dari KTA Mandiri. 

Silakan berbagi artikel ini kepada rekan Anda. Pertanyaan seputar isi artikel maupun mengenai keuangan tulis di kolom komentar, perencana keuangan profesional dari Finansialku akan menjawabnya untuk Anda. Terima kasih

 

Sumber Gambar:

  • KTA Bank Mandiri 1 – https://bit.ly/3arFjoW
  • KTA Bank Mandiri 2 – https://bit.ly/2XRmAk0
  • KTA Bank Mandiri 3 – https://bit.ly/2RWHw5o
  • KTA Bank Mandiri 4 – https://bit.ly/2x0BXf0