Jika Anda berkecimpung di dunia ekspor dan impor, pasti sudah tidak asing lagi dengan kurs bea cukai bukan?

Nilainya yang berubah-ubah di setiap minggu, menjadi momen yang harus Anda pantau supaya tidak salah perhitungan dalam setiap transaksi yang dilakukan.

Bagi yang masih merasa bingung, berikut ini sejumlah informasi nilai kurs bea cukai di tahun 2019 ini.

Penasaran? Simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Sekilas Mengenai Bea Cukai

Dunia ekspor dan impor memang erat kaitannya dengan bea cukai atau istilah kepabeanan dalam lembaga yang mengaturnya. Tahukah Anda apa sebenarnya bea cukai itu?

Bea cukai adalah lembaga dengan dua istilah yang memiliki pengertian berbeda.

Bea memiliki arti tindakan pungutuan dari pemerintah terhadap barang ekspor atau impor.

Petugas Bea Cukai - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Bea Cukai Adalah]

 

Sementara cukai adalah pungutan negara kepada suatu barang yang memiliki sifat atau karakteristik yang sudah ditetapkan dalam Undang-Undang Cukai.

So, ketika bea cukai ini digabungkan artinya adalah suatu tindakan pungutan pemerintah terhadap barang ekspor dan impor serta suatu barang yang memiliki karakteristik khusus.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Tugas dan Fungsi Ditjen Bea Cukai

Mengingat peran lembaga ini sangat berkaitan dengan ekspor dan impor, maka tugas Ditjen Bea dan Cukai memiliki tugas untuk menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengawasan, penegakan hukum, pelayanan dan optimalisasi penerimaan peraturan perundang-undangan.

Selain tugas tersebut, Ditjen Bea dan Cukai juga mempunyai beberapa fungsi antara lain:

 

#1 Pertumbuhan Industri

Fungsi Ditjen Bea dan Cukai dalam hal ini berperan untuk meningkatkan pertumbuhan industri melalui pemberian fasilitas di bidang kepabeanan dan cukai yang tepat sasaran.

 

#2 Iklim Usaha dan Investasi

Guna memperlancar logistik ekspor dan impor maka Ditjen Bea dan Cukai harus mewujudkan iklim usaha dan investasi yang kondusif.

Salah satunya dengan penyederhanaan prosedur kepabeanan dan cukai serta berupaya menerapkan sistem manajemen risiko yang handal.

Definisi Bea Cukai Adalah 03 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Dampak Bagi Emiten CPO Akibat Perkembangan Bea Cukai CPO ke India]

 

#3 Memberikan Perlindungan

Perlindungan yang harus dijamin oleh Ditjen Bea dan Cukai yakni kepada masyarakat, industri dalam negeri dan kepentingan nasional.

Upaya yang dilakukan dengan cara pengawasan dan/atau pencegahan masuknya barang impor serta keluarnya barang ekspor yang berdampak negatif dan berbahaya yang dilarang dan/atau dibatasi oleh regulasi

 

#4 Pengawasan

Pengawasan Ditjen Bea dan Cukai dilakukan pada aktivitas impor, ekspor, dan kegiatan di bidang kepabeanan dan cukai lainnya secara efektif dan efisien.

Penerapan sistem manajemen risiko yang handal, intelijen, penyidikan yang kuat, penindakan tegas, audit kepabeanan dan cukai yang tepat, menjadi bentuk pengawasan dalam hal ini.

Pengawasan juga diberikan dengan membatasi dan/atau mengendalikan produksi, peredaran, dan konsumsi barang tertentu yang mempunyai sifat dan karakteristik dapat membahayakan kesehatan, lingkungan, ketertiban, dan keamanan masyarakat.

Ditjen Bea dan Cukai dapat melakukannya berdasarkan instrumen cukai yang memperhatikan aspek keadilan, keseimbangan, dan mengoptimalkan penerimaan negara dalam bentuk bea masuk, bea keluar dan cukai guna menunjang pembangunan nasional.

 

Mengenal Kurs Bea Cukai

Setelah Anda mengetahui sedikit banyak tentang bea cukai, hal penting lainnya yang harus dipahami adalah kurs bea cukai.

Kurs merupakan nilai yang digunakan dalam rangka kegiatan pembayaran pajak atas transaksi bisnis yang dilakukan dengan menggunakan mata uang asing, agar tetap dapat melaksanakan kewajiban perpajakan dengan menggunakan mata uang Rupiah.

Nilai kurs ini akan terus berubah dalam jangka waktu mingguan yang di update dari pemerintah.

So, setiap pegantian minggu Anda wajib memantau nilai kurs yang terbaru sebagai dasar pembayaran pajak terkait impor yang dilakukan, sehingga Anda bisa meminimalisasi kesalahan perhitungan pada setiap transaksi.

Definisi Bea Cukai Adalah 05 - Finansialku

[Baca Juga: Bingung Ini Dia 5 Bisnis Properti Modal Minim yang Lagi Ngetrend!]

 

Prinsip Penerapan Pajak Impor

Melansir laman Klikpajak.id (5/11/2019), pajak impor khususnya yang berkaitan dengan kurs bea cukai mengacu pada prinsip official assessment.

Hal ini tentu berbeda dengan kebanyakan kewajiban perpajakan di Indonesia yang cenderung menggunakan prinsip self assessment yaitu setiap wajib pajak diberikan hak untuk menghitung, membayar, dan melaporkan pajak tanggungannya.

Sementara itu prinsip official assessment pada pajak impor telah memberikan kemudahan kepada para importir.

Contohnya saja, Anda tidak lagi diharuskan menghitung, memberitahukan, atau membayar bea masuk dan pajak secara mandiri.

Lalu, siapa yang melakukan itu semua? Inilah yang disebut dengan official assessment.

Pihak Bea Cukai yang akan melaksanakan pekerjaan tersebut, untuk menghitung dan memungut pajak dari barang yang dikirim.

Selain memudahkan importir, hal ini ditujukan untuk menjaga ketaatan pajak karena secara langsung dilaksanakan oleh pihak Bea Cukai, sehingga ketertiban pembayaran dan pelaporannya bisa lebih terjamin.

 

Barang Kena Cukai

Rasanya pasti Anda sudah memahami apa saja barang-barang yang dikategorikan kena cukai.

But anyway, hanya untuk me-review sekilas saja terdapat 4 karaktersitik barang kena cukai di antaranya:

  1. Barang yang perlu dikendalikan tingkat konsumsinya;
  2. Barang yang perlu diawasi peredarannya;
  3. Pemakaian barang-barang yang bisa menimbulkan efek negatif untuk masyarakat atau lingkungan;
  4. Barang yang ketika digunakan perlu dikenai pembebanan pungutan negara untuk mencapai keadilan dan keseimbangan.

 

Apa Saja Barang Bawaan yang Bisa Kena Bea Cukai di Bandara 03 Rokok dan Alkohol - Finansialku

[Baca Juga: Kantung Plastik Dilarang! Inilah Dampak Pengenaan Cukai Plastik terhadap Prospek dan Kinerja PBID]

 

Beberapa contohnya adalah etil alkohol atau etanol dan minuman yang mengandung zat tersebut.

Selanjutnya produk hasil tembakau, baik berupa rokok, cerutu, rokok daun, tembakau iris serta olahan tembakau lainnya yang tidak menggunakan bahan pengganti atau bahan pembantu dalam proses pembuatannya.

 

Kurs Bea Cukai 2019

Barang-barang yang termasuk ke dalam karakteristik kena cukai, maka wajib dikenakan pajak impor dengan besaran tertentu.

Jika transaksi menggunakan mata uang asing, maka terlebih dahulu dikonversikan ke dalam nilai mata uang Rupiah dengan menggunakan acuan kurs bea cukai 2019.

Berdasarkan laman resmi Beacukai.go.id, cukup banyak mata uang yang masuk dalam daftar tersebut, di antaranya adalah:

  • Dolar Amerika,
  • Dolar Australia,
  • Euro Eropa,
  • Dolar Hongkong,
  • Yen Jepang,
  • Dolar Singapura, dan sebagainya.

 

Melalui laman yang dibagikan, Anda bisa memantau perubahan kurs setiap minggunya yang disesuaikan dengan nilai tukar mata uang asing terhadap Rupiah Indonesia.

Oh iya, jika mata uang asing yang digunakan tidak ada dalam daftar tersebut, apakah ada perlakuan khusus?

Jika transaksi yang dilaksanakan menggunakan mata uang di luar daftar yang tersedia, maka terlebih dahulu dikonversikan ke dalam mata uang Dolar Amerika.

Hal ini dilakukan karena Dolar Amerika dianggap sebagai mata uang yang cenderung stabil nilai tukarnya, dan banyak digunakan di negara di dunia.

Baru setelah nilainya diketahui dalam mata uang Dolar Amerika, dikonversikan ke dalam nilai Rupiah dan dihitung kewajiban pajaknya.

Apa Saja Barang Bawaan yang Bisa Kena Bea Cukai di Bandara 01 - Finansialku

[Baca Juga: Setoran Pajak Minuman Beralkohol Sulit Tercapai Lantaran Cukai Bir Naik]

 

Bagaimana Memantau Kurs Bea Cukai 2019?

Anda dapat dengan mudah memeriksa nilai kurs yang up to date dengan mengakses tautan tersebut dan memasukkan tanggal yang diinginkan pada kolom yang tersedia.

Setelah dimasukkan tanggal yang diinginkan, klik saja ‘Submit’ dengan lambang kaca pembesar dan warna biru.

Tunggu sejenak dan Anda akan mendapatkan informasi lengkap terkait kurs yang berlaku pada hari tersebut untuk setiap mata uang yang digunakan.

Pemahaman pada nilai kurs yang berlaku membuat Anda bisa memperkirakan berapa pajak yang akan dimiliki dari transaksi yang dibuat sehingga perhitungan bisnis Anda akan semakin jelas dan tidak menyalahi aturan.

 

Menjadi WNI Bijak dengan Taat Pajak

Perhitungan bisnis penjualan dan pembelian yang jelas dan taat hukum adalah cerminan pengusaha bertanggung jawab dan taat pajak. Anda tak perlu khawatir jika berkecimpung di dunia ekspor impor barang selama Anda memahami tentang kebijakan atau aturan yang berlaku di bea cukai.

Yuk, jadilah warga negara yang baik dengan taat pajak. Tidak ada alasan lagi Anda telat bayar karena prosesnya yang sulit. Belum lagi alasan mengenai tidak adanya dana untuk membayar kewajiban Anda.

Untuk itu, alangkah lebih baik agar Anda senantiasa melakukan alokasi dana untuk setiap kebutuhan dan kewajiban Anda.

Definisi Bea Cukai Adalah 04 - Finansialku

[Baca Juga: 30 Nasihat Investasi Dari Peter Lynch, Salah Satu Manajer Investasi Tersukses di Amerika]

 

Lakukan alokasi dana ini dengan perencanaan keuangan yang baik dan teratur.

Agar lebih mudah, gunakan saja aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansialmu semakin baik.

Fitur yang bisa Anda manfaatkan sekarang ialah “Anggaran”. Untuk langkah-langkahnya Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini: 

 

Bagaimana? Mudah bukan?

Manfaatkan pula fitur lainnya yang telah disediakan dalam aplikasi Finansialku. Segera download aplikasinya melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Yuk mulai dari sekarang!

 

Bagaimana pendapat Anda Setelah membaca artikel ini? Jika ada hal-hal yang ingin didiskusikan jangan ragu dan tuliskan saja di kolom komentar di bawah ini ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Nilai Kurs Bea Cukai 2019, Update Informasinya!. Klikpajak.id- https://bit.ly/34z1KGj
  • Aufi Ramadhania Pasha. 26 Februari 2019. Bea Cukai: Pengertian, Fungsi dan Kebijakan yang Penting Diketahui. https://bit.ly/2C9gpf9

 

Sumber Gambar:

  • Kurs Bea Cukai – http://bit.ly/2p6L4qx
  • Petugas Bea Cukai – http://bit.ly/36LkQe2