Kylie Jenner mengundurkan diri sebagai CEO dari perusahaan kosmetiknya yang sedang naik daun. Mengapa hal ini dilakukan Kylie?

Kali ini Finansialku akan membahas artikel lengkapnya. Agar lebih jelas mari simak penjelasannya berikut ini.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Kylie Jenner Menjual Saham Kylie Cosmetics

Siapa sih yang tidak mengenal bisnis yang didirikan Kylie Jenner? Kabar mengejutkan datang ketika Kylie resmi mundur sebagai CEO dari perusahaan kosmetiknya yang saat ini tengah naik daun, yaitu Kylie Cosmetics.

Bukan cuma itu, Kylie pun diketahui berencana akan menjual separuh sahamnya di perusahaan tersebut.

Melansir dari Wall Street Journal, sebagian dari saham Kylie Cosmetics ini akan diakuisisi oleh Coty Inc, perusahaan kosmetik raksasa yang membawahi 77 brand ternama dari mulai Bourjois, Rimmel, Wela, Covergirl dan lainnya.

Kylie Jenner Mundur Dari CEO dan Jual Saham, Ini Alasannya 02

[Baca Juga: Menjadi Billioner, Ide Bisnis Kylie Jenner Ini Bisa Kamu Tiru]

 

Rencana akuisisi ini sendiri sudah diumumkan sejak November lalu, dan diharapkan bisa selesai sebelum kuartal III-2020.

Perusahaan Coty tertarik membeli separuh saham Kylie Cosmetics dengan nilai US$600 juta atau setara Rp8,4 triliun.

Nilai itu diproyeksi setara untuk mengambil 51% saham perusahaan kosmetik yang dibangun oleh Kylie Jenner. Valuasi total Kylie Cosmetics sendiri diperkirakan mencapai US$1,2 miliar.

Coty, yang dikendalikan oleh perusahaan investasi Eropa JAB Ltd., setuju untuk membeli 51% saham perusahaan tersebut seharga US$600 juta setara Rp8,38 triliun (kurs Rp13.971 per USD).

Dia menilai merek tersebut seharga US$1,2 miliar. The Wall Street Journal melaporkan pada bulan November bahwa Jenner akan tetap menjadi ikon dari merek tersebut.

Sambil menunggu proses akuisisi selesai, Coty dan Kylie pun sepakat untuk menunjuk CEO baru yakni Christoph Honnefolder. Christops sendiri sebelumnya adalah Executive VP di Douglas, pemain ritel kosmetik ternama di Eropa.

Kesepakatan ini, mengutip Business Insider, dilakukan dengan catatan Coty akan membantu Kylie Cosmetics dan Kylie Skin mengembangkan sayap bisnisnya secara global. Tak hanya beredar di pasar Amerika saja.

Pada November 2019, Jenner mengumumkan niatnya untuk menjual saham mayoritas di perusahaan miliknya kepada konglomerat kecantikan, Coty Inc.

Coty mengatakan dalam sebuah pernyataan pada November, merek ini akan membawa sekitar US$200 juta penjualan pada akhir 2019.

Meskipun kini tidak menjabat sebagai CEO, Coty memastikan Kylie Jenner akan tetap memimpin perusahaan di bidang kreatif, produk, dan komunikasi. Sementara dari pihak Coty akan mengurus pengembangan bisnisnya secara keseluruhan.

Berkat rencana bisnis ini, saham Coty melonjak 6%. Pihak Kylie belum mau berkomentar banyak terkait kesepakatan bisnis ini.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Kylie Jenner dan Perusahaan Kosmetiknya

Kylie melahirkan Kylie Cosmetics pada 2015 dan langsung sukses. Pada tahun 2017, Forbes menulis bahwa valuasi brand kosmetik milik Kylie Jenner itu sudah mencapai US$800 juta.

Kylie berhasil mencatatkan rekor sebagai miliuner termuda yang masuk daftar orang terkaya dunia atau Forbes World’s Billionaires 2019.

Bintang dari ‘Keeping Up with the Kardashians’ yang usianya masih menginjak 20 tahun, ia telah memiliki total kekayaan sekitar US$900 juta atau setara dengan Rp12,9 triliun dalam waktu kurang dari 3 tahun.

Kylie Jenner on The Youngest Ever Selfmade Billionaire 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Kylie Jenner, Pengusaha Muda yang Kaya Raya]

 

Bahkan dirinya masuk kedalam daftar wanita terkaya di Amerika dengan usia muda versi majalah Forbes. Kylie menempati peringkat ke 27 dari 60 wanita terkaya versi Forbes yang dirilis pada (11/7/2018).

Bisnis yang dipilih wanita 20 tahun ini adalah bisnis kosmetik terutama lipstick dan lip liner. Produk pertamanya 15 ribu lipstick dengan kisaran harga US$29. Tanpa diduga-duda lipstick-nya itu laris dalam sekejap.

Di tahun pertama Kylie berhasil mendapatkan penghasilan sebesar US$307 juta dari bisnis kosmetiknya ini. Nilai bisnis kosmetik Kylie mencapai US$900 juta atau setara dengan Rp12,7 triliun.

Penghasilan Kylie Jenner ini bahkan disebut mampu mengalahkan pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg yang kali pertama masuk daftar miliuner dunia di usia 23 tahun.

 

Apa pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Lynda Hasibua. 8 Januari 2020. Mundur dari CEo & Jual Saham Rp 8 T, Kylie Jenner Kenapa?. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/37LqhcE
  • Maylisda Frisca Elenor Solagracia. 7 Januari 2020. Perusahaan Kosmetik yang didirikan Kylie Jenner Punya CEO Baru. Okezone.com – https://bit.ly/2uu2IXr

 

Sumber Gambar:

  • Kylie 01 – http://bit.ly/35B51F5
  • Kylie 02 – http://bit.ly/2QCfHz5