Tiket masuk Labuan Bajo Gratis sejak pertama kali dibuka awal Juli lalu. Eits, Tapi ada syarat dan ketentuannya, lho!

Apa saja? Ketahui selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Tiket Masuk Labuan Bajo Gratis!*

Telah dibuka sejak 1 Juli lalu, wisata Labuan Bajo digratiskan untuk para wisatawan yang berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Hal ini dikonfirmasikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Agustinus Rinus.

“Gratis untuk destinasi di luar Taman Nasional Komodo (TNK) seperti Gua Rangko, Cunca Wulan, dan lain-lain sampai tanggal 31 Juli 2020.” Katanya, dikutip laman travel.detik.com, Kamis (09/07).

Keputusan program yang dilaksanakan hingga akhir Juli ini ditujukan untuk menarik minat kunjungan wisatawan.

 

Program ini turut diamini oleh Marius Ardu Jelamu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT.

“Saya kira benar untuk tarik wisatawan, kecuali untuk TN Komodo.” Katanya, dikutip laman serupa.

Ini artinya, hingga akhir Juli nanti, Sobat Finansialku yang ingin berwisata, tidak akan dikenai biaya tiket masuk Labuan Bajo.

Sayangnya, promosi ini cuma bisa dinikmati oleh warga lokal NTT saja.

Bagi Sobat Finansialku yang merupakan wisatawan lokal, bisa mengunjungi Labuan Bajo secara gratis dengan memenuhi beberapa persyaratan.

Liburan ke Labuan Bajo 05 - Finansialku

[Baca Juga: Impian Terwujud! Gini Lho Liburan ke Labuan Bajo Murah Meriah]

 

Syarat pertama adalah melakukan reservasi secara online yang bisa dilakukan dengan mengunjungi situs booking.labuanbajoflores.id.

Setelah mengunjungi situs tersebut, Sobat Finansialku bisa memilih kategori ‘Wisata’ dan mengklik tombol ‘Pesan Sekarang’.

Nantinya, calon wisatawan akan dibawa untuk mengisi formulir pendaftaran berisi nama, nomor yang bisa dihubungi, NIK atau paspor, email, jenis kelamin, dan negara asal.

Tapi sebelum itu, pastikan kalau Sobat Finansialku sudah mempersiapkan dokumen persyaratan untuk keperluan validitas, karena nantinya, setelah mengisi formulir, Sobat Finansialku diharuskan mengunggah dokumen-dokumen terkait.

 

Dokumen tersebut di antaranya adalah surat keterangan dari e-HAC, bukti asuransi, Surat Kesehatan, surat identitas seperti KTP atau paspor.

Apabila berhasil mengisi formulir dan mengunggah dokumen yang disyaratkan, Sobat Finansialku akan diminta untuk mengisi data kunjungan selama di Labuan Bajo.

Seperti data kunjungan ke Kawasan Taman Nasional Komodo, Wisata Darat (non-Taman Nasional Komodo), atau Wisata Laut (non-Taman Nasional Komodo).

Juga menentukan lokasi dan jam kunjungan untuk Sobat Finansialku yang ingin mengunjungi Loh Liah, Loh Buaya, dan Pulau Padar.

Kemudian di akhir, Sobat Finansialku akan dikirimkan hasil validasi ke email yang dicantumkan dan digunakan saat pemesanan online.

 

Kalau lolos, Sobat Finansialku tinggal mendatangi lokasi dengan membawa dokumen kelengkapan yang akan divalidasi saat tiba di Bandara Komodo.

Selain persyaratan di atas, melalui Surat Keputusan Bupati Manggarai Barat Nomor 128/KEP/HK/2020 tentang Protokol Kesehatan Tatanan Normal Baru Covid-19 di Sektor Pariwisata Manggarai barat, semua tempat wisata yang dibuka, jumlah tampungnya akan dibatasi.

“Kami menerapkan 50 persen kapasitas dari kapasitas normal. Tapi kami atur durasi waktunya. Seandainya masuk ke satu destinasi, misal Batu cermin, durasi waktu kita atur misal 3 jam untuk 50 tamu.” Kata Agustinus, dikutip laman travel.kompas.com, Rabu (08/07).

 

Biaya Perjalanan ke Labuan Bajo

Apakah Sobat Finansialku yang bertempat tinggal di daerah NTT mulai punya keinginan untuk melakukan backpacker Labuan Bajo?

Lalu, sudah berapa persen dana yang berhasil dikumpulkan untuk rencana ini?

Belum ada?

Waduh!

INI YANG KAMU BUTUHKAN!

DOWNLOAD GRATIS!!!! E-book Perencanaan Keuangan Usia 20-an dan 30-an!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Ebook Sekarang

 

Kalau begitu, segera rencanakan sekarang juga, agar tujuan keuangan satu ini bisa terealisasikan dengan lancar!

Karena, kalau tidak melakukan perencanaan dan hanya mengandalkan sejumlah uang yang ada di rekening, artinya Sobat Finansialku baru saja menghancurkan arus keuangan sendiri, lho!

Lalu, apa yang bisa terjadi apabila arus keuangan berantakan? Paling parah, adalah kerugian.

Sobat Finansialku tentu tidak mau, ‘kan, mengalami kerugian cuma karena ingin liburan melepas penat selama ini?

Maka dari itu, mari kita rencanakan dana untuk liburan ke Labuan Bajo sekarang menggunakan aplikasi Finansialku yang bisa diunduh di Google Play Store atau Apple Apps Store.

playstore icon
appstore icon

 

Setelah itu, Sobat Finansialku bisa memanfaatkan menu ‘Rencana Keuangan’ dari aplikasi Finansialku untuk mulai melakukan perencanaan keuangan.

Agar semakin paham, Sobat Finansialku bisa melihat contoh perhitungan di bawah ini, dengan catatan:

  • Lama berlibur: 3 Hari
  • Biaya Transportasi PP dari Bandara El Tari – Labuan Bajo (Kelas Ekonomi): Rp 1.121.800
  • Biaya Penginapan: Rp 450.00 (Rp 150.000/malam)
  • Anggaran Konsumsi: Rp 150.000 (Rp 50.000 per malam)

Rencanakan Dana Ke Pulau Komodo dengan Aplikasi Finansialku

Rencanakan Dana Ke Pulau Komodo dengan Aplikasi Finansialku 2

Rencanakan Dana Ke Pulau Komodo dengan Aplikasi Finansialku

 

Mengingat promosi ini hanya berlaku satu bulan, maka mau tidak mau, perencanaan keuangan secara mendadak.

Tapi untuk rencana liburan lainnya, Sobat Finansialku tentu bisa menggunakan cara yang sama, lho!

Melihat cara yang mudah di atas, tentu Sobat Finansialku tidak mau lagi untuk melakukan perhitungan secara manual, atau bahkan pergi tanpa melakukan perencanaan apapun, ‘kan?

Jangan sampai melakukan keduanya kalau Sobat Finansialku sudah tahu bayang-bayang ancamannya, lho!

Untuk menggunakan fitur tersebut secara tidak terbatas, Sobat Finansialku hanya perlu berlangganan Rp 350 ribu untuk satu tahun penuh!

Ini belum termasuk promosi khusus dari Finansialku, yaitu potongan Rp 50 ribu dengan memasukkan kode CUAN50 saat upgrade premium, untuk Sobat Finansialku yang beruntung.

Jadi, lebih baik manfaatkan promosinya sekarang, sebelum terlambat dan menyesal di kemudian hari, ya!

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku mengenai tiket masuk Labuan Bajo gratis ini? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada rekan dan keluarga Sobat Finansialku melalui pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Muhammad Yanuar. 09 Juli 2020. Gratis Masuk Wisata Labuan Bajo, Turis Wajib Ikuti Protokol Kesehatan. Tripzilla.id – https://bit.ly/2WhlUTB
  • Nabilla Ramadhian. 08 Juli 2020. Gratis, Masuk ke Tempat Wisata di Labuan Bajo, Simak Caranya. Travel.kompas.com – https://bit.ly/3ejnJpe
  • Johanes Randy Prakoso. 09 Juli 2020. Gaet Wisatawan, Tiket Masuk ke Destinasi Labuan Bajo Digratiskan. Travel.detik.com – https://bit.ly/2ALbQKU